Keluarga

Ketahui 5 Cara Memilih Udang Segar, Lihat Warna Hingga Kulitnya

Ketahui 5 Cara Memilih Udang Segar, Lihat Warna Hingga Kulitnya

MOMSMONEY.ID - Sebelum membeli udang, ada baiknya Anda belajar beberapa cara memilih udang segar. Sebab, dibalik cita rasa masakan udang yang lezat, dibutuhkan udang segar dan berkualitas baik.

Jika Moms penggemar berat masakan udang, maka Moms harus tahu bagaimana cara memilih udang segar agar tak salah beli.

Dilansir dari buku “Simple Cooking” (2019) karya Heni Maria, terbitan Wahyumedia, simak dan ketahui beberapa cara memilih udang segar berikut ini!

Bau udang tidak busuk

Cara memilih udang segar yang pertama pastikan udang memiliki bau yang segar atau “bau laut”.

Bau udang segar hampir mirip dengan bau ikan segar. Bau ini bukanlah bau busuk yang menyengat. Bau busuk menandakan udang sudah tak layak konsumsi.

Baca Juga: Ikuti 4 Trik Rahasia yang Bikin Masakan Udang Jadi Terasa Lebih Juicy

Warna udang

Cara memilih udang segar bisa dilakukan dengan melihat warna pada tubuh udang. Udang segar cenderung memiliki warna kehitaman cerah atau putih kecoklatan, atau bahkan bisa juga cenderung berwarna transparan.

Apabila Anda melihat udang berubah warna menjadi kekuningan, kemerahan, atau biru, maka itu menandakan udang sudah tak lagi segar.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengentalkan Kuah dan Saus yang Terlalu Encer

Kulit udang keras

Mengetahui tekstur kulit udang bisa jadi salah satu cara dalam memilih udang segar. Udang segar memiliki kulit yang keras.

Jadi, jika udang yang Anda temui di pasar punya kulit yang teksturnya sudah lembek, lemas, atau bentuknya sudah tak utuh, jangan membelinya. Ini menandakan udang sudah tak segar dan akan segera membusuk.

Baca Juga: 3 Cara Tepat Menyimpan Ikan Segar dalam Freezer Agar Bertahan Lama

Lihat kepala udang

Cara Memilih Udang Segar: Jangan memilih udang tanpa kepala

Kepala udang adalah salah satu hal yang paling vital dalam menentukan udang segar atau tidaknya.

Kepala udang yang masih utuh juga bisa menjadi salah satu cara memilih udang segar. Pastikan untuk memilih udang dengan kepala yang masih melekat kuat pada tubuh.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Karena apabila kepala udang sudah tak utuh lagi, maka proses pembusukan akan segera terjadi. Anda wajib mengolah udang tanpa kepala dalam waktu singkat sebelum udang membusuk.

Maka dari itu, jika belum mau memasak udang, pastikan tak memotong kepalanya.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Udang tidak berlendir

Cara memilih udang segar adalah dengan memastikan kulit udang mengkilat dan tak berlendir. Jangan pilih udang yang berlendir karena itu menandakan udang sudah mengalami proses pembusukan.

Yuk, gunakan beberapa cara di atas dalam memilih udang segar. Moms bisa menerapkan cara-cara tersebut saat akan membeli udang di pasar agar tak salah beli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News