Keluarga

5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

MOMSMONEY.ID - Pernah bikin kentang goreng tapi hasilnya lembek dan tak serenyah buatan restoran? Coba ikuti tips berikut ini, yuk!

Kentang goreng adalah camilan paling sempurna untuk di segala situasi. Rasanya yang gurih dan lezat bikin siapapun jatuh cinta. Namun terkadang, kita kecewa karena hasil kentang yang kita goreng di rumah tak serenyah buatan restoran.

Kali ini MomsMoney hadirkan 5 tips rahasia untuk bikin kentang goreng ala rumahan jadi serenyah kentang goreng ala restoran. Mau tahu caranya? Dilansir dari laman Food NDTV dan MamaSuka, simak artikelnya berikut ini!

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Ukuran ideal kentang

Kentang punya ukuran yang ideal supaya hasilnya jadi renyah. Ukuran ideal ini selalu dipakai hampir di seluruh restoran dan kafe terkenal.

Ukuran ideal kentang agar hasilnya jadi super renyah adalah dengan ketebalan ¼ inci atau sekitar ½ cm dengan panjang sekitar 7,5 cm. Pastikan seluruh kentang dipotong sejajar agar matangnya merata.

Rebus sebelum goreng

Kentang goreng

Ada trik tersembunyi yang harus Anda lakukan sebelum menggoreng kentang untuk mendapatkan hasil kentang goreng super renyah.

Pastikan kentang mentah yang sudah dipotong direndam ke dalam air dingin yang dicampur dengan cuka & garam selama 7-8 menit.

Setelah itu angkat dan tiriskan di atas kitchen towel hingga kentang tak terlalu basah. Cara ini juga bisa membuat minyak tak meletup saat menggoreng kentang.

Baca Juga: Tips Pintar Pilih Sayur dan Buah yang Masih Segar, Sudah Tahu Belum?

Metode goreng dua kali

Jika Anda tak punya mesin deep fryer seperti yang tersedia di restoran-restoran besar, Anda bisa melakukan cara sederhana yang mudah diikuti dan dapat menghasilkan kentang goreng super renyah.

Caranya adalah dengan metode menggoreng sebanyak dua kali. Pertama-tama, goreng kentang hingga matang dan tiriskan. Jika kentang sudah mulai mengering, goreng kembali hingga kentang kering. Cara ini akan membuat kentang jadi super renyah.

Jangan lupa pastikan menggoreng kentang sedikit-sedikit agar matangnya merata.

Baca Juga: 3 Tips Membuat Kulit Ikan Jadi Lebih Renyah saat Digoreng Tanpa Bikin Gosong

Goreng setengah matang lalu bekukan

Mungkin cukup aneh dilakukan, namun nyatanya cara yang satu ini efektif bikin kentang jadi super renyah dan krispi.

Cara ini bisa dilakukan dengan menggoreng kentang setengah matang, angkat dan tiriskan. Setelah kentang sudah benar-benar dingin, simpan dalam wadah kedap udara dan bekukan di lemari pendingin hingga mengeras.

Jika ingin mengonsumsinya, cukup goreng kembali kentang tadi ke dalam minyak panas. Kentangmu jadi super renyah!

Baca Juga: 4 Cara Agar Minyak Tidak Meletup Saat Menggoreng Ikan

Lapisi dengan tepung

Kentang yang telah digoreng dapat jadi lembek jika dibiarkan di dalam suhu normal. Agar kentang tetap renyah, Anda bisa melapisinya dengan tepung krispi secara tipis sebelum menggorengnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News