Keluarga

6 Cara Mudah Mengentalkan Kuah dan Saus yang Terlalu Encer

6 Cara Mudah Mengentalkan Kuah dan Saus yang Terlalu Encer

MOMSMONEY.ID - Moms pernah bikin kuah makanan ataupun saus namun ternyata terlalu encer? Intip beberapa bahan yang bisa digunakan untuk mengentalkannya, yuk!

Salah satu cara paling sering dilakukan untuk mengentalkan saus dan kuah adalah dengan merebusnya terus menerus hingga kuahnya mengental sendiri. Namun cara ini bukanlah solusi terbaik karena memakan waktu dan banyak gas.

Untuk dapat mengentalkan saus beserta kuah makanan secara cepat, MomsMoney telah merangkum beberapa bahan yang bisa jadi opsi terbaik untuk mengentalkan. Melansir dari The Pioneer Woman dan Baking Kneads, berikut artikelnya!

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Tepung maizena

Tumis Jamur Baso

Menggunakan tepung maizena adalah cara paling praktis untuk dapat mengentalkan berbagai jenis saus dan kuah pada makanan.

Masukkan sedikit demi sedikit tepung maizena lalu aduk terus hingga 5 menit. Jangan langsung memasukkan banyak tepung maizena ke dalam saus atau kuah makanan karena dikhawatirkan malah akan menggumpal.

Baca Juga: 4 Jenis Minuman Penangkal Rasa Pedas yang Super Efektif

Jenis tepung lainnya

Jika anda sedang tak memiliki tepung maizena di dapurmu, Anda masih tetap bisa mengentalkan saus yang terlalu encer serta kuah makanan dengan menggunakan jenis tepung lainnya.

Jenis-jenis tepung ini di antaranya ada tepung beras, tepung terigu, ataupun tepung kentang. Meski berbeda, namun semua jenis tepung ini memiliki fungsi yang sama seperti tepung maizena.

Baca Juga: Tak Lagi Hambar dan Pahit, Ini 6 Tips Bikin Sayuran Jadi Masakan Lezat dan Disukai

Gula Merah

Menambahkan gula merah juga bisa jadi salah satu cara terbaik untuk mengentalkan kuah dan saus yang terlalu encer.

Yang harus Anda lakukan adalah mendidihkan saus/kuah bersama sedikit gula merah hingga mengental.  Lebih banyak gula merah yang ditambahkan, lebih kental hasil saus/kuah yang dihasilkan.

Namun Anda harus berhati-hati memilih gula merah sebagai pengental. Jangan sampai saus yang bercita rasa pedas dan asin ditambahkan dengan gula merah, karena hanya akan merusak cita rasa saja.

Kuning telur

Kuning telur bisa jadi alternatif pengental saus yang ajaib!

Caranya, cukup ambil sebagian saus dan campurkan ke dalam mangkuk berisi kuning telur. Kocok kembali campuran tadi ke dalam saus yang tersisa di atas wajan menggunakan api kecil. Metode ini disebut juga Tempering. Metode ini mencegah kuning telur jadi mengeras saat diaduk bersama saus di atas api kecil.

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Pengeluaran saat Staycation Bersama Keluarga

Potato flakes

Pangsit Goreng Saus Asam Manis

Potato flakes atau kentang serpih juga jadi salah satu opsi terbaik untuk mengentalkan berbagai jenis saus dan kuah. Ini karena potato flakes mengandung pati halus yang berfungsi sebagai pengental.

Salah satu jenis saus yang cocok dikentalkan menggunakan potato flakes adalah saus krim.

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Mentega

Tahukah Anda bahwa mentega juga bisa jadi salah satu opsi untuk bisa mengentalkan saus dan kuah makanan?

Mentega memberikan efek untuk mengentalkan serta memberi kilapan pada saus. Cukup aduk sedikit mentega dengan saus dalam panci kecil dan tunggulah hingga mengental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News