Keluarga

Ikuti 4 Trik Rahasia yang Bikin Masakan Udang Jadi Terasa Lebih Juicy

Ikuti 4 Trik Rahasia yang Bikin Masakan Udang Jadi Terasa Lebih Juicy

MOMSMONEY.ID - Udang adalah salah satu jenis makanan laut yang paling digemari masyarakat dunia. Udang sendiri bisa dikreasikan menjadi aneka masakan, mulai dari udang goreng, udang asam manis, hingga sate udang.

Namun ada kalanya memasak udang terlalu matang sehingga rasanya jadi hambar. Agar hal ini tak terjadi, MomsMoney berikan beberapa trik spesial bikin masakan udang yang matang namun tetap terasa juicy atau terasa sari-sarinya.

Langsung saja trik-triknya berikut ini, yuk! Melansir dari Cooking Light, Bon Appetit, berikut artikelnya!

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Buang kotorannya

Agar menghasilkan udang dengan rasa yang juicy dan lebih nikmat di lidah, pertama-tama Anda harus membuang kotoran udang terlebih dahulu. Ini penting dilakukan karena kotoran udang membuat udang yang telah matang jadi pahit ketika dikonsumsi.

Supaya lebih mudah, gunakan bantuan tusuk gigi untuk mencungkil kotoran udang secara cepat.

Udang Saus Kecap

Baca Juga: 5 Tips Rahasia Bikin Kentang Goreng Buatanmu Jadi Super Renyah ala Restoran

Gunakan teknik brining

Teknik brining bisa bikin masakan udang yang Anda buat jadi lebih juicy. Teknik brining sendiri merupakan teknik perendaman udang dalam air garam.

Teknik brining memiliki tujuan untuk menjaga makanan laut jadi tetap lembab saat dimasak dan dibumbui.

Caranya mudah, cukup larutkan 1 sdm garam ke dalam 1 liter air untuk ½ kilogram udang. Rendam udang dalam air garam ini selama 30 menit agar rasanya jadi juicy.

Baca Juga: Tips Pintar Pilih Sayur dan Buah yang Masih Segar, Sudah Tahu Belum?

Keringkan udang

Setelah melakukan perendaman dalam air garam, penting untuk melakukan pengeringan terhadap udang. Proses ini dilakukan hingga udang benar-benar kering.

Setelah itu, Moms cukup tambahkan bumbu lain seperti merica atau bubuk cabai ketika udang sedang dimasak. Tak perlu lagi menambahkan garam karena rendaman air garam tadi sudah cukup meresap ke dalam daging udang.

Baca Juga: Tips Rahasia Bikin Tepung Panir Awet Menempel dan Tidak Rontok Saat Digoreng

Masak secara cepat

Agar hasilnya juicy, udang perlu dimasak dalam waktu yang cepat dengan beberapa bumbu tertentu.

Anda bisa memasak udang pada pan panas dan biarkan udang menyatu bersama mentega selama 1-2 menit saja. Biarkan dalam pan dan jangan membolak-baliknya. Proses ini akan membuat udang matang dengan sendirinya sehingga tidak lengket pada pan. Setelah itu, barulah boleh membalikkan udang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News