Keluarga

Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

MOMSMONEY.ID - Moms paling anti dengan sayuran layu yang sudah tak segar lagi? Tenang, kali ini MomsMoney bagian beberapa tips membuat sayuran hijau yang layu jadi segar kembali.

Sayuran berdaun seperti selada hijau, daun perilla, bayam, hingga kangkung memuat kandungan air sebanyak 96%. Jika kandungan airnya berkurang sedikit saja, maka tekstur sayuran berdaun ini jadi layu, lembek, dan terlihat tak segar.

Sayuran hijau menjadi layu apabila kandungan air di dalamnya berkurang. Namun kenyataannya, sayuran yang layu ini masih tetap aman dimakan bahkan meski jika terdapat bagian kecoklatan pada daun.

Baca Juga: Jarang Minum Air? Ini Daftar 8 Makanan yang Dapat Menghidrasi Tubuh

Bagian kecoklatan pada sayuran hijau merupakan proses alami oksidasi ketika enzim dalam sel yang rusak bertemu dengan oksigen di udara. Tentu ini masih aman untuk dimakan

Untuk menghemat pengeluaran, Moms bisa lakukan 3 cara berikut ini untuk membuat sayuran layu jadi segar kembali. Mau tahu bagaimana caranya? Melansir dari Eating Well dan Eat My Science, berikut artikelnya!

Pangkas bagian tertentu

Sayuran hijau yang sudah layu masih tetap bisa dimakan. Jika moms terganggu dengan warna kecoklatan pada daun akibat proses oksidasi, maka moms bisa memangkasnya agar sayuran tetap terlihat cantik.

Baca Juga: Tips Pintar Pilih Sayur dan Buah yang Masih Segar, Sudah Tahu Belum?

Rendam di air es

Sayuran hijau dapat menjadi layu apabila kandungan air berkurang. Tapi tenang, Moms bisa membuat sayuran hijau ini kembali segar dengan merendamnya di dalam air es.

Perlu diketahui, perendaman sayuran hijau dalam air es akan menyebabkan proses osmosis terjadi.

Sayuran Hijau Segar

Baca Juga: 5 Perbedaan Istilah Yakiniku dan Teriyaki Pada Makanan Jepang

Osmosis sendiri merupakan proses berpindahnya air dari tempat yang encer (banyak air) ke tempat yang pekat (kurang air). Dalam hal ini, air akan mengisi sel-sel sayuran yang kekurangan air.

Lakukan perendaman ini hingga seluruh permukaan sayuran terendam penuh selama 15-30 menit. Jika sayuran hijau tersebut masih memiliki akar, maka proses perendaman dengan air dingin bisa lebih lama mencapai 1 jam.

Setelah proses perendaman air es berlangsung, sayuran hijau jadi segar kembali dan teksturnya jadi krispi ketika diolah. Sangat cocok dijadikan sebagai salad untuk santapan diet Anda.

Baca Juga: Trik Perbaiki Rasa Makanan yang Terlalu Asin, Moms Bisa Tiru Caranya!

Dikeringkan

Setelah selesai melakukan perendaman, sayuran hijau harus dikeringkan menggunakan handuk khusus ataupun tissue bersih.

Tahapan pengeringan ini penting dilakukan karena jika air masih menggenang di permukaan sayuran hijau, maka bakteri akan mudah berkembang biak. Sayuran hijau yang tadinya kembali segar kini malah jadi membusuk.

Baca Juga: 8 Panduan Istilah Umum Makanan Korea yang Harus Anda Ketahui

Tenang saja, sayuran hijau yang telah melalui proses perendaman dengan air es dan dikeringkan dapat awet selama 2 hari.

Itu dia 3 tahapan mudah mengolah sayuran hijau yang telah layu jadi segar kembali. Moms tak perlu mengeluarkan uang berlebih untuk membeli sayuran hijau yang baru ke pasar. Cukup gunakan 3 cara di atas untuk bikin sayuran dapat segar kembali!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News