3 Cara Tepat Menyimpan Ikan Segar dalam Freezer Agar Bertahan Lama

Reporter: Raissa Yulianti
Jumat, 30 September 2022 | 12:10 WIB
3 Cara Tepat Menyimpan Ikan Segar dalam Freezer Agar Bertahan Lama


MOMSMONEY.ID - Ikan yang Anda beli mudah busuk? Freezer tempat Anda menyimpan ikan jadi ikut berbau? Tenang, MomsMoney punya cara untuk mengatasinya!

Menyimpan ikan segar memang perlu trik tersendiri. Ini selain agar ikan dapat awet lama, juga agar kulkas Anda tak berbau amis.

Mau tahu cara mengatasinya? Intip tigaa cara tepat menyimpan ikan segar dalam freezer berikut ini yang dilansir dari The Spruce Eats dan Respect Food, selengkapnya!

Baca Juga: 5 Cara Ketahui Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak, Ayam Jadi Matang Sempurna

Cuci bersih

Sebelum menyimpannya di dalam freezer, ada baiknya Anda mencuci ikan terlebih dahulu. Ini untuk menjaga kehigienisan ikan itu sendiri maupun makanan lain dalam freezer.

Jangan lupa setelah mencucinya, pastikan Anda mengeringkannya menggunakan paper towel hingga kering. Air yang menggenang pada ikan membuat bakteri dapat berkembang biak sehingga ikan jadi cepat membusuk.

Baca Juga: Kulkas Berbau Tidak Sedap? Coba Atasi dengan 4 Trik Ini!

Gunakan wadah kedap udara

Menggunakan kulkas

Ikan segar punya bau yang khas dan biasa menguar hingga seluruh isi kulkas ikut berbau. Agar menghindari bau dan ikan bisa bertahan lama, maka bungkuslah ikan dalam aluminium foil atau wadah kedap udara untuk mencegahnya mencemari makanan lain.

Baca Juga: Mau Simpan Tepung? Ini Lama Waktu Terbaik Menyimpan Tepung Berdasarkan Jenisnya

Biarkan dalam tempat dingin

Ikan segar perlu ditempatkan pada suhu yang sangat dingin agar tidak membusuk dan dapat bertahan lama. Kontrol suhu freezer-mu menjadi yang paling dingin.

Anda juga bisa menyimpan ikan segar diluar freezer dengan catatan Anda harus melapisi ikan dengan es serut atau es batu hingga benar-benar tertutup.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Tapi jangan salah, es yang digunakan adalah es yang Anda buat sendiri, bukan es yang menempel pada dinding-dinding kulkas. Ganti es secara berkala jika es sudah mulai mencair.

Namun jika Anda tak memakannya dalam beberapa hari, para ahli menyarankan Anda untuk membekukan ikan segar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER