Keluarga

Kulkas Berbau Tidak Sedap? Coba Atasi dengan 4 Trik Ini!

Kulkas Berbau Tidak Sedap? Coba Atasi dengan 4 Trik Ini!

MOMSMONEY.ID - Bagi pemilik rumah, kulkas yang berbau tentu dapat menjadi problem yang sangat mengganggu. Kulkas yang berbau bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari bahan makanan yang disimpan terlalu lama sehingga membusuk, menyimpan bahan makanan yang berbau tajam, hingga bau berbagai makanan yang bercampur menjadi satu.

Jika dibiarkan, kulkas yang berbau tidak sedap tentu akan mengganggu kenyamanan. Selain itu, bau tersebut bisa menempel pada bahan makanan lainnya, sehingga merusak kualitas makanan yang disimpan di dalam kulkas.

Untungnya, bau tidak sedap tersebut bisa disingkirkan dengan mudah dengan trik-trik tertentu. Melansir penjelasan dari The Spruce dan bhg.com, berikut cara menghilangkan bau tidak sedap di kulkas.

Baca Juga: Kelebihan Keramik Bermotif untuk Interior Rumah, Cari Tahu Yuk!

Bersihkan kulkas secara rutin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu penyebab kulkas rentan berbau tidak sedap adalah keberadaan bau berbagai makanan yang bercampur menjadi satu di tempat tertutup.

Oleh karena itu, cara termudah untuk menyingkirkan bau tidak sedap di kulkas adalah dengan membersihkan kulkas secara rutin. Hal ini bisa membantu “melegakan” kulkas dan melancarkan sirkulasi udara di dalam kulkas.

Caranya, kosongkan kulkas dan buang bahan-bahan makanan yang sudah tidak terpakai atau kadaluarsa, lalu cabut kabel kulkas dan bersihkan setiap bagian kulkas. Biarkan kulkas yang kosong dalam keadaan terbuka selama kurang lebih satu jam, lalu isi kembali kulkas dan colokkan kabelnya seperti biasa.

Baking soda

Baking soda alias soda kue sudah lama dikenal sebagai bahan yang dapat menyerap bau tidak sedap, sehingga dapat digunakan sebagai deodorizer alami.

Caranya, tuang baking soda di atas wadah tertentu (misalnya mangkuk hingga nampan untuk memanggang kue), lalu letakkan di dalam kulkas semalaman. Ganti baking soda bila diperlukan.

Baca Juga: Mengenal Kain Microfiber, Dikenal Ampuh Membersihkan Rumah

Bubuk kopi

Sama seperti baking soda, bubuk kopi juga memiliki sifat yang dapat menetralisir bau tidak sedap.

Untuk menghilangkan bau tidak sedap di kulkas, tuang bubuk kopi di dalam mangkuk kecil, lalu tempatkan mangkuknya di dalam kulkas.

Sebagai catatan, bau kopi yang tajam bisa berpindah dan menempel ke makanan lain, jadi sebaiknya hindari menempatkan kopi di dekat bahan makanan yang terbuka.

Arang aktif

Arang aktif atau activated charcoal adalah bahan yang dapat menyerap bau, sehingga kerap digunakan pada air purifier untuk mengurangi bau tidak sedap. Bahan ini bisa Anda dapatkan secara mudah di pasaran.

Supaya bau tidak sedap di kulkas menghilang, tempatkan arang aktif di suatu wadah (seperti mangkuk atau kantung kain), lalu letakkan di dalam kulkas dan biarkan semalaman.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap di kulkas. Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News