Cermati Efek Samping 10 Vaksin di Indonesia yang Mungkin Muncul

Sumber: Kompas.com
Selasa, 16 November 2021 | 09:45 WIB
Cermati Efek Samping 10 Vaksin di Indonesia yang Mungkin Muncul

ILUSTRASI. Cermati 10 Efek Samping yang Mungkin Muncul, dari Vaksin Covid-19 di Indonesia/pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/07/10/2021.

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Moms, hampir dua tahun pandemi Covid-19 berlangsung, beragam vaksin telah diupayakan dan disuntikkan agar kehidupan manusia di bumi ini kembali normal. Belakangan, booster vaksin juga sudah disebarkan ke masyarakat. 

Namun begitu, banyak orang yang masih bertanya-tanya soal efek samping yang mungkin muncul dari masing-masing jenis vaksin. 

Dikutip dari Kompas.com. berikut adalah 10 macam vaksin Covid-19 lain yang telah mendapat izin penggunaan dari Badan POM: 

1. Vaksin Covid-19 Sinovac 

Platform: Virus dimatikan
Jumlah dosis: 2 x (0,5 ml/dosis)
Jeda pemberian dosis: 28 hari

Vaksin Sinovac adalah vaksin Covid-19 pertama di Indonesia yang mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM. EUA diterbitkan oleh BPOM pada hari Senin, 11 Januari 2021. 

Izin penggunaan darurat terhadap Sinovac diberikan setelah BPOM mengkaji hasil uji klinis tahap III vaksin yang dilakukan di Bandung. BPOM juga mengkaji hasil uji klinis vaksin Sinovac yang dilakukan di Turki dan Brasil. 

Baca Juga: Perankan Vampire Modis, Ini Dia Drama Terbaru Kang Ha Na, Bite Sisters

Dari hasil analisis terhadap uji klinis fase III di Bandung menunjukkan efikasi vaksin Covid-19 Sinovac sebesar 65,3 persen. Vaksin yang dikembangkan oleh Sinovac Research and Development Co.,Ltd ini diberikan dua dosis. 

Jumlah setiap dosisnya  0,5 ml, dengan interval minimal pemberian antar dosis adalah selama 28 hari. Efek samping vaksin Sinovac menurut BPOM antara lain: nyeri, iritasi, pembengkakan, nyeri otot, dan demam. 

Adapun efek samping vaksin Sinovac dengan derajat berat seperti sakit kepala, gangguan di kulit atau diare yang dilaporkan hanya sekitar 0,1 sampai dengan 1 persen.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru