HOME, Bugar

Ketahui 3 Manfaat Ceramides di dalam Produk Skincare, Mencegah Penuaan Dini

Ketahui 3 Manfaat Ceramides di dalam Produk Skincare, Mencegah Penuaan Dini

MOMSMONEY.ID - Anda pasti sering mendengar kandungan produk skincare berbahan ceramides. Ceramides biasanya banyak ditemukan pada produk  pelembab dan toner.

Nah, agar Anda lebih memahami manfaat ceramides, berikut Momsmoney rangkum dari base.co.id , yaitu: 

1. Meningkatan dan Mengunci Kelemba pan Kulit

Manfaat ceramides pada produk skincare adalah mampu meningkatkan dan mengunci kelembapan kulit. Ternyata fungsi utama dari ceramides bisa mencegah transepidermal water loss (TEWL), atau jumlah air yang menguap dari kulit.

Menurut jurnal dari Journal of drugs in dermatology, ceramides menciptakan sebuah barikade untuk mengunci dan menjaga kelembapan kulit. Skincare yang mengandung bahan ini sangat baik untuk kelembapan kulit Anda. 

Baca Juga: 5 Cara Membuat Hewan Peliharaan Anda Sehat dan Bahagia

2. Mengatasi dan Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Selanjutnya, ceramides juga mampu mengatasi dan mencegah tanda penuaan dini. Bahan ini mampu mengembalikan skin barrier yang rusak, karena dengan skin barrier yang rusak kulit akan kehilangan kelembapan, sehingga mudah muncul tanda-tanda penuaan.

Menurut jurnal dari Cell transplantation, penuaan bisa diakibatkan dari faktor internal seperti faktor fisiologi manusia yang tidak dapat dihindari dan faktor eksternal seperti paparan sinar matahari, asap rokok ataupun polusi udara.

Anda bisa melihat perbedaan penuaan kulit akibat faktor internal dan eksternal. Pada faktor internal, penuaan kulit dapat dilihat dengan penipisan pada lapisan kulit, kulit kering, dan garis-garis halus sekitar mata, dahi dan mulut. Sedangkan penuaan dari faktor eksternal ditandai dengan tekstur kulit yang kasar, rapuh, dan keriput yang terlihat jelas.

Kemudian, ceramides bisa membantu mencegah tanda-tanda penuaan dari faktor internal maupun ekstrernal dengan memperkuat skin barrier kulit  sehingga memperbaiki struktur kulit agar tetap kencang dan terhidrasi.

3. Mencegah Iritasi

Manfaat ceramides lainnya adalah mencegah iritasi. Melansir dari Journal of drugs in dermatology, ceramides menciptakan sebuah barikade untuk mengunci dan menjaga kelembapan kulit sehingga microorganisme asing tidak bisa masuk ke dalam tubuh.

Sehingga, produk pelembab yang berbahan ceramieds bisa memperkuat skin barrier kulit dan meminimalisir iritasi pada kulit. Untuk itu, pelembap dengan kandungan ceramides juga cocok sebagai perawatan untuk kamu yang memiliki kondisi kulit dermatitis atopik.

Selanjutnya: 4 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami yang Harus Anda Ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News