HOME, Santai

Yuk, Kenali Penyebab dan Perawatan Bibir Gelap

Yuk, Kenali Penyebab dan Perawatan Bibir Gelap

MOMSMONEY.ID - Memiliki bibir yang gelap tentunya bisa menjadi sebuah permasalahan dalam penampilan. Bibir yang gelap biasanya membuat perempuan merasa kehilangan kepercayaan dirinya untuk tampil tanpa make up.

Padahal memiliki bibir yang gelap merupakan sebuah hal yang normal. Warna bibir seseorang tentunya berbeda satu dengan lainnya sama dengan warna kulit seseorang. 

Namun jika warna kulit bibir mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap maka bisa saja hal tersebut diakibatkan karena hyperpigmentation.

Baca Juga: Ini Harga Sepeda Gunung Thrill Ricochet T120 1.0 per November 2021

Seperti yang dilansir dari laman Health Line, hyperpigmentation bisa terjadi karena pengaruh gaya hidup yang disebabkan karena terlalu banyaknya produksi melanin. 

Selain itu pengaruh lain seperti terlalu lama terkena paparan sinar matahari, dehidrasi, merokok, terlalu banyak konsumsi kafein, dan suka menggigit bibir juga bisa menjadi penyebab terjadinya hyperpigmentation di bibir.

Di samping itu kondisi kesehatan juga bisa menjadi penyebab menghitamnya bibir. Kondisi seperti kemoterapi, anemia, kekurangan vitamin, dan terlalu banyak penggunaan fluoride juga bisa menyebabkan bibir menggelap.

Melansir dari laman Medical News Today, perawatan untuk mencerahkan bibir yang gelap sudah banyak dikembangkan untuk menunjang teknologi kecantikan.

Baca Juga: Kurs Jual Beli Dolar AS Di BRI, Selasa 16 November

Seperti penggunaan krim pencerah, treatment laser, dan chemical peeling bisa dijadikan pilihan untuk mencerahkan bibir yang gelap.

Namun perawatan rumahan yang lebih murah dan alami juga bisa dijadikan alternative pilihan. Seperti menggunakan lemon dan madu sebagai scrub bibir atau menggunakan cocounut oil sebagai pelembab alami yang juga memiliki fungsi untuk mencerahkan bibir gelap.

Di samping itu, perawatan seperti menggunakan lip balm dan rutin melakukan eksfoliasi pada bibir juga penting dilakukan agar kulit mati di area bibir bisa terangkat. 

Serta jangan lupa untuk sebisa mungkin memilih lip balm dan menggunakan lip balm yang memiliki kandungan sunscreen agar bisa menjaga bibir dari paparan sinar matahari. Yang menjadi salah satu penyebab bibir menjadi gelap.

Selanjutnya: Tips Investasi Buat Mahasiswa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News