HOME, AturUang

Tips Investasi Buat Mahasiswa

Tips Investasi Buat Mahasiswa

MOMSMONEY.ID - Kata siapa investasi hanya untuk kalangan menengah atas yang memiliki pendapatan besar? Untuk kalangan pelajar, mahasiswa hingga ibu rumah tangga pun bisa berinvestasi dengan berbagai produk investasi.

CMO Moduit, Stefanus Adi Utomo menyebutkan pada dasarnya semua kalangan masyarakat bisa berinvestasi meski modalnya tak besar. Sebut saja untuk kalangan pelajar atau mahasiswa yang ingin menjajal berinvestasi sejak dini. Sembari menambah pengetahuan, Stefanus bilang manfaat keuntungan dari investasi, juga bisa didapat dengan berinvestasi.

Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin berinvestasi? Stefanus bilang ada dua hal yang harus dicermati. Pertama, pahami dahulu karakter diri Anda. Dan yang kedua pahami juga produk investasinya.

Baca Juga: Pekan Ini IHSG Dimulai Loyo

"Penting bagi kita untuk tahu bagaimana kondisi keuangan kita, profil risiko kita, tujuan investasi kita sebelum memulai berinvestasi. Hal ini penting karena investasi yang terbaik buat setiap orang tentu berbeda-beda, tergantung latar belakang masing-masing investor," ujar Stefanus, Senin (15/11).

Setelah Anda memahami karakter pribadi, dan tahu jenis produk investasi apa yang cocok untuk Anda, setelah itu Anda wajib mempelajari terlebih dahulu produk dimana Anda akan berinvestasi.

Mulailah dari bagaimana cara kerja produknya, siapa yang mengelola, bagaimana potensi return dan resikonya, dan tentu juga penting untuk mengecek legalitas dari produk tersebut. Hal ini sangat penting untuk menghindari Anda berinvestasi di investasi bodong.

Baca Juga: Tips Untuk Mencegah Bau Apek di Rumah Saat Musim Hujan, Mudah Dilakukan!

"Di Moduit, kami melakukan kurasi terhadap mitra manajer investasi dan juga produk-produk reksadana yang tersedia di platform kami. Sehingga para pengguna sudah mendapatkan screening awal dari produk reksadana yang akan dipilih," imbuh Stefanus lagi.

Nah, untuk kalangan pelajar ataupun mahasiswa, Stefanus menyarankan untuk menjajal investasi di produk reksadana.

"Beberapa produk reksadana bisa dibeli dengan nominal mulai dari Rp 10.000. Dan ini sangat terjangkau walau untuk kantong mahasiswa," jelasnya.

Di samping itu pula, bagi Stefanus alasan memilih reksadana sebagai produk investasi untuk pemula karena produk tersebut sudah dikelola oleh manajer investasi yang berlisensi dan professional di bidangnya.

Tidak hanya untuk kalangan pelajar, berinvestasi juga bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga yang notabene tidak memiliki penghasilan tetap. 

"Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa mengelola uang belanja dengan bijak, dan terlebih dahulu mengalokasikan atau menyisihkan sejumlah dana dari uang belanja tersebut untuk diinvestasikan, sebelum dibelanjakan," tutupnya.

Selanjutnya: Bikin Camilan Gurih, Stick Singkong Krispi di Rumah, Yuk! Ini Resepnya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News