HOME, Bugar

Kenali Pentingnya Kebutuhan Vitamin D untuk Kesehatan Ibu Hamil

Kenali Pentingnya Kebutuhan Vitamin D untuk Kesehatan Ibu Hamil

MOMSMONEY.ID - Vitamin D merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Hal ini dikarenakan manfaat vitamin D untuk ibu hamil tidaklah sedikit. 

Vitamin D bisa mendukung pertumbuhan janin hingga menurunkan risiko terjadinya komplikasi selama mengandung, dikutip dari Healthline.

Vitamin D juga dapat diperoleh dari telur, susu, keju, hati sapi, dan sereal yang sudah diperkaya vitamin D. Untuk beberapa kondisi, kebutuhan vitamin D juga dapat dipenuhi dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin D.

Namun, Anda dianjurkan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya. Kenali beberapa manfaat lain vitamin D untuk ibu hamil dan janin sebelum mengonsumsinya, dirangkum dari Pregnant Education dan Mayo Clinic.

Baca Juga: 5 Dampak Aborsi untuk Kesehatan Reproduksi

1. Meningkatkan sistem imun

Asupan vitamin D berperan penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh agar selalu prima. Dengan begitu, ibu hamil akan lebih kuat ketika menghadapi virus dan bakteri. 

Minimnya asupan vitamin D dalam tubuh bisa menurunkan kemampuan sistem imun, sehingga membuat tubuh rentan terhadap infeksi yang menyerang saluran pernapasan. Misalnya, flu dan pneumonia. 

2. Mencegah kelahiran denganberat badan rendah 

Asupan vitamin D yang cukup dapat menurunkan risiko berat badan bayi lahir rendah(BBLR). BBLR ini memiliki hubungan dengan gangguan henti napas pada bayi, risiko penyakit diabetes tipe 2, penyakit ginjal, dan penyakit jantung saat anak memasuki usia dewasa.

3. Menurunkan risiko preeklamsia

Menurut beberapa studi, preeklamsia lebih berisiko terjadi pada ibu hamil yang kekurangan asupan vitamin D. Oleh sebab itu, ibu hamil disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D harian, agar terhindar dari masalah kesehatan ini.

Baca Juga: Konsumsi 5 Makanan Sehat Ini untuk Menyuburkan Kandungan dan Mempermudah Kehamilan

4. Menurunkan risiko diabetes gestasional

Diabetes gestasional merupakan kondisi ketika kadar gula darah di dalam tubuh ibu hamil meningkat terlalu tinggi.

Diabetes gestasional adalah salah satu komplikasi kehamilan yang dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan pada ibu hamil dan janin, seperti kelahiran prematur, bayi lahir dengan berat badan berlebih, hingga preeklampsia.

Beberapa studi mengungkapkan bahwa asupan vitamin D yang tercukupi selama hamil dapat mengurangi risiko komplikasi yang dapat terjadi akibat diabetes gestasional.

5. Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi

Vitamin D bermanfaat untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat di dalam tubuh. Kalsium dan fosfat merupakan mineral penting yang diperlukan oleh janin untuk membentuk jaringan tulang dan gigi.

Kekurangan vitamin D saat hamil dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit rakitispada janin.

Demikian manfaat vitamin D untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Mulai sekarang, perhatikanlah asupan vitamin D Anda demi kehamilan yang sehat dan lancar.

Selanjutnya: Penyebab Diabetes Gestasional pada Kehamilan yang Perlu Diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News