HOME, Bugar

Manfaat dan kandungan nutrisi daun serai untuk kesehatan

Manfaat dan kandungan nutrisi daun serai untuk kesehatan

MOMSMONEY.ID - Manfaat sereh untuk kesehatan erat dikaitkan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Selain membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, sereh juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi, dikutip dari Healthline.

Pada masakan khas Indonesia, sereh termasuk rempah yang sering digunakan. Selain menambah cita rasa pada masakan, serai juga dapat dihidangkan menjadi minuman hangat.

Untuk mendapatkan manfaat sereh, Anda dapat mengonsumsi makanan ataupun minuman yang mengandung sereh. Anda juga bisa menjadikan minyak sereh sebagai aromaterapi yang menenangkan. 

Baca Juga: Bangun Tidur dari Zona Gocap Saham TOPS Langsung ARA, Apa Penyebabnya?

Sereh dipercaya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa di antaranya dirangkum dari Everyday Health dan Mayo Clinic.

 1. Mengatasi gigi berlubang

Konsumsi teh sereh dapat membantu mengatasi infeksi mulut dan gigi berlubang. Sebuah penelitian mengungkap, zat antimikroba pada sereh efektif dalam melawan bakteri berbahaya seperti Streptococcus mutans, yaitu bakteri penyebab kerusakan gigi.

2. Melawan radikal bebas

Sebuah penelitian mengungkap bahwa dalam sereh terkandung beberapa antioksidanyang berperan melawan radikal bebas. Antioksidan yang terdapat pada sereh diantaranya asam klorogenat, isoorientin dan swertiajaponin.

3. Mengontrol tekanan darah

Manfaat sereh untuk kesehatan berikutnya adalah membantu mengontrol tekanan darah. Hal ini karena dalam sereh terkandung mineral bernama kalium.

Baca Juga: KSAL Laksamana TNI Yudo Margono Pimpin upacara peringatan HUT Ke-76 Korps Marinir

4. Meringankan gejala sindrom pramenstruasi

Meski perlu diteliti lebih lanjut, konsumsi teh sereh dipercaya mampu mengatasi kram menstruasi dan juga kembung saat wanita mengalami sindrom pramenstruasi atau premenstruation syndrome (PMS).

5. Mengatasi kecemasan

Tidak hanya dikonsumsi, minyak sereh juga bisa dijadikan aromaterapi untuk mengatasi kecemasan. Namun, butuh diteliti lebih lanjut terkait efektivitasnya.

Meski manfaat sereh untuk kesehatan beragam, Anda harus tetap hati-hati dalam memanfaatkannya. Pada kondisi tertentu seperti sedang hamil dan menyusui, hindari konsumsi sereh atau penggunaan sereh untuk sementara waktu.

Demi keamanan, tanyakan kepada dokter terlebih dahulu terkait penggunaannya.

Selanjutnya: Tidak Hanya untuk Kesehatan, Inilah Manfaat Kunyit Buat Kecantikan Kulit Wajah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News