Keluarga

Terbukti Ilmiah, Ini 5 Cara Menghilangkan Sakit Perut Akibat Konsumsi Makanan Pedas

Terbukti Ilmiah, Ini 5 Cara Menghilangkan Sakit Perut Akibat Konsumsi Makanan Pedas

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa cara menghilangkan sakit perut akibat konsumsi makanan pedas yang sangat efektif dan sudah terbukti ilmiah.

Sering konsumsi makanan pedas membuat perut jadi lebih sensitif. Akibatnya, Anda jadi lebih mudah sakit perut akibat refluks asam yang naik.

Beberapa jenis minuman pereda pedas mungkin cukup untuk hilangkan sensasi terbakar di mulut, namun itu semua tak cukup efektif untuk menghilangkan sakit perut akibat konsumsi makanan pedas.

Nah berikut ini, Momsmoney telah hadirkan beberapa cara menghilangkan sakit perut akibat konsumsi makanan pedas yang telah terbukti dalam beberapa penelitian. Dilansir dari laman Health Wire, Live Strong, dan food NDTV, berikut artikelnya.

Baca Juga: 6 Cara Memperbaiki Rasa Masakan yang Terlalu Pedas, Biar Bisa Disantap Oleh Anak!

Minum susu

Seseorang minum susu

Cara menghilangkan sakit perut akibat konsumsi makanan pedas bisa dilakukan dengan minum susu dingin.

Susu dikenal karena kemampuannya untuk mendinginkan mulut & perut setelah konsumsi makanan pedas. Ini disebabkan karena protein dalam susu memiliki kemampuan untuk memecah capsaicin, yakni sejenis bahan kimia yang terkandung dalam cabai yang membuat lidah merasakan sensasi pedas.

Menurut sebuah studi September 2019 lewat Physiology & Behavior yang dilansir dari Live Strong, segelas susu dapat membantu menenangkan perut setelah makan makanan pedas, kata Dr. Knotts.

Lebih lanjut lagi, Rita Knotts, MD, seorang ahli gastroenterologi esofagus dari NYU Langone Health mengatakan untuk meminum susu tanpa lemak.

"Kandungan lemak yang lebih tinggi (susu utuh atau susu dengan kandungan lemak tinggi) dapat memperburuk refluks," katanya.

Baca Juga: 4 Minuman yang Efektif Redakan Rasa Pedas di Mulut dan Perut

Nasi & roti

Nasi & roti tak akan menghilangkan kandungan capcaisin dalam mulut. Namun, cara menghilangkan sakit perut akibat konsumsi makanan pedas dapat juga dilakukan oleh nasi & roti, loh.

Kedua jenis karbohidrat ini berfungsi seperti kain pel kasar yang menyerap molekul capcaisin dan menghentikan rasa panas di mulut & perut.

Tetapi, Anda tetap disarankan untuk tetap minum setelah makan nasi & roti ini.

Baca Juga: Makanan Terlalu Manis? Gunakan Tips Ini untuk Perbaiki Cita Rasa Masakan

Pisang

Makanan Pedas

Jika Anda sedang mengonsumsi makanan pedas sementara minuman sudah habis, maka cara menghilangkan sakit perut akibat konsumsi makanan pedas adalah memakan pisang.

Pisang itu sendiri merupakan obat alami penghilang refluks asam karena dapat meredakan gejolak & sensasi terbakar di mulut & perut.

Refluks asam lambung juga bisa diredakan dengan mengonsumsi pisang secara teratur, sebab pisang mengandung antasida dalam jumlah tinggi.

Baca Juga: 6 Tips Menetralisir Rasa Masakan yang Terlalu Pedas, Tetap Bisa Dinikmati

Kunyah permen karet

Seseorang menguyah dan membuat balon permen karet

Baca Juga: 6 Tips Tetap Sehat Setelah Mengonsumsi Gorengan, Tetap Bisa Makan Sepuasnya!

Cara menghilangkan sakit perut akibat makanan pedas bisa dilakukan dengan mengunyah permen karet.

Sebuah penelitian dari Journal of Dental Research edisi November 2005 menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan dapat mengurangi sakit perut pada orang yang sering mengalami refluks asam, terutama setelah konsumsi makanan pedas.

Alasannya? Mengunyah permen karet meningkatkan produksi air liur Anda.

"Air liur mengandung bikarbonat yang membantu menetralkan asam lambung. Peningkatan frekuensi menelan memungkinkan bagian bawah kerongkongan untuk membersihkan isi refluks lebih cepat," kata Dr. Skearns, seorang ahli gastroenterologi di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Baca Juga: Ini 6 Varian Ayam Korea yang Super Lezat, Pernah Coba?

Air lemon hangat

Meski lemon mengandung asam yang berisiko semakin membuat perut jadi sakit, namun air lemon juga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan sakit perut akibat konsumsi makanan pedas yang cukup efektif, loh.

Caraya, sediakan segelas air panas, lalu tambahkan 1 sdm jus lemon asli dan konsumsi saat perut kosong.

Minuman ini juga dapat dikonsumsi saat pagi hari sebelum makan apapun. ini cukup efektif membantu meredakan refluks asam di perut yang disebabkan oleh makan makanan pedas yang berlebihan tadi malam.

Itu dia beberapa cara menghilangkan sakit perut akibat konsumsi makanan pedas. Segera pergi berobat apabila cara-cara di atas belum juga meredakan gejala sakit perut anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News