Keluarga

Makanan Terlalu Manis? Gunakan Tips Ini untuk Perbaiki Cita Rasa Masakan

Makanan Terlalu Manis? Gunakan Tips Ini untuk Perbaiki Cita Rasa Masakan

MOMSMONEY.ID - Pernah masak makanan namun hasilnya terlalu manis sehingga sulit dinikmati? Kini, Anda bisa menyeimbangkan rasa masakan yang terlalu manis dengan tips-tips berikut ini!

Melansir dari laman Times of India, Spiceography, dan The Spruce Eats, berikut aneka tips yang bisa dilakukan untuk perbaiki rasa masakan yang terlalu manis.

Seimbangkan rasa

Jika masakan buatanmu terlalu manis, perbaiki rasa makanan dnegan menyeimbangkan rasanya. Anda bisa menambahkan garam, bubuk cabai, ataupun perasan jeruk lemon untuk bisa membuat rasa manis berkurang.

Menambahkan aneka rempah juga cocok untuk mengurangi rasa makanan yang terlalu manis.

Cheese Cake Tanpa Oven

Baca Juga: 6 Tips Menetralisir Rasa Masakan yang Terlalu Pedas, Tetap Bisa Dinikmati

Encerkan

Untuk dapat perbaiki rasa makanan yang terlalu manis, Anda bisa mengencerkan rasa manis dengan menambahkan air dan meningkatkan rasio bahan lain.

Semakin banyak gula yang ditambahkan, semakin banyak tambahan rasio untuk bahan lain agar rasa jadi seimbang.

Baca Juga: Kecap Asin vs Kecap Ikan, Berikut 4 Perbedaannya

Tambahkan rasa asam

Rasa asam selalu efektif dalam memperbaiki cita rasa makanan yang kacau akibat terlalu manis. Anda bisa menambahkan aneka rasa asam seperti cuka, mustard, hingga perasan jeruk lemon.

Namun biasanya, penambahan rasa asam akan efektif untuk hidangan bertekstur pasta seperti saus spaghetti, salsa, ataupun saus cabai.

Baca Juga: Coba 7 Cara Efektif Ini Untuk Memperbaiki Rasa Masakan yang Terlalu Asin

Tambahkan rasa pahit

Pahit bisa memotong rasa manis! Jika Anda ingin menyeimbangkan rasa masakan, rasa pahit bisa jadi opsi terbaik yang bisa digunakan.

Menambahkan sedikit rasa pahit sebenarnya dapat meningkatkan rasa dan menyeimbangkan makanan yang terlalu manis. Anda bisa menambahkan kale, arugula, ataupun kokoa yang punya rasa pahit.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Saus Masakan ala Tionghoa untuk Segala Jenis Hidangan

Tambah produk susu

Aneka produk susu dapat membantu mengurangi rasa masakan yang terlalu manis. Anda bisa mencoba menambahkan keju, susu, yogurt, hingga krim kocok tanpa pemanis untuk seimbangkan rasa yang terlalu manis.

Penambahan produk susu pada makanan yang terlalu manis akan efektif digunakan dalam aneka jenis dessert.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News