Keluarga

Tak Lagi Keliru, Begini 6 Cara Memilih Pisang yang Manis dan Berkualitas Baik

Tak Lagi Keliru, Begini 6 Cara Memilih Pisang yang Manis dan Berkualitas Baik

MOMSMONEY.ID - Memilih pisang yang manis dan berkualitas baik sebenarnya tak sulit. Cukup tajamkan segala indera, maka Anda dapat menentukan pisang manakah yang patut dipilih.

Bagi Anda yang kerap kali keliru memilih pisang yang manis alami atau secara karbitan, maka simak ulasan berikut ini, yang dilansir dari Omela.

Perhatikan bintik kecoklatan pada kulit pisang

Cara memilih pisang yang manis dan berkualitas baik dapat ditentukan melalui bintik kecoklatan pada kulit pisang.

Meski terkadang kita menghindari buah pisang yang berbintik kecoklatan karena terlihat tak indah dipandang, tapi jangan salah bintik ini menandakan pisang punya rasa manis.

Baca Juga: Bisa Jadi Racun untuk Tubuh, Inilah 5 Tips Hindari Sayur Bayam Menghitam

Pisang

Pada dasarnya, bintik kecoklatan pada kulit hitam menjadi tanda bahwa pisang tersebut matang alami dari pohonnya. Ini membuat rasa pisang jadi jauh lebih manis dan enak jika dibandingkan dengan pisang karbitan (pisang yang matang non-alami).

Jadi, pilihlah pisang yang berkulit kuning cerah dengan beberapa bintik kecoklatan di bagian kulitnya.

Baca Juga: Jangan Simpan di Pintu Kulkas, Ini Cara Tepat Simpan Susu Agar Tak Cepat Basi

Hindari bintik hitam besar

Bintik-bintik kecil pada kulit pisang menandakan buah tersebut manis alami. Namun jika Anda menemukan pisang dengan bintik besar, maka hindari memilihnya.

Terdapat 3 asumsi tentang mengapa bintik hitam besar bisa muncul pada kulit pisang:

  1. Karena benturan
  2. Karena terlalu matang
  3. Pisang hampir busuk

Sebisa mungkin hindari memilih pisang dengan bintik hitam besar di bagian kulitnya karena menandakan bahwa gizi & kualitas pisang telah menurun. Rasa pisang pun sudah tidak seenak biasanya.

Baca Juga: Punya Masa Simpan Singkat, Ini 5 Cara Menyimpan Telur Agar Dapat Bertahan Lama

Amati tekstur kulit pisang

Cara memilih pisang yang manis bisa dilihat melalui tekstur kulit pisang tersebut.

Pisang yang manis dan sudah matang biasanya punya tekstur yang halus, lembut, dan warnanya bersinar. Sementara pisang yang belum matang punya tekstur kulit yang terasa lebih padat dan kasar.

Tekstur buah pisang

Pisang

Baca Juga: Tips Menyimpan Aneka Buah dan Sayuran Agar Awet, Ada yang Tak Bisa Digabung!

Memilih pisang yang manis bisa diketahui lewat tekstur buahnya. Cobalah tekan lembut bagian kulit pisang. Ingat jangan terlalu keras!

Apabila pisang terasa empuk, maka tekstur buahnya terasa sedikit empuk. Namun jika pisang belum matang, maka tekstur buahnya masih terasa sangat keras.

Tandan pisang terlihat segar

Ciri pisang berkualitas baik salah satunya dapat diamati lewat bagian tandan. Tandan pisang haruslah terlihat segar, sebab tandan yang segar menandakan bahwa buah pisang masih fresh dan buahnya terasa manis.

Tandan pisang yang terlihat berwarna kecoklatan menandakan pisang terlalu lama disimpan & punya rasa yang tak lagi dalam performa terbaiknya.

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Bau Amis Udang, Masakan Jadi Nikmat

Cium aromanya

Aroma pisang juga dapat menentukan tingkat kematangan, rasa, hingga kualitas buah pisang itu sendiri.

Jika pisang memiliki aroma manis yang tajam khas buah pisang, maka itu menandakan buah tersebut telah matang sempurna dan siap dimakan. Pisang dengan ciri ini memiliki rasa yang manis.

Sementara jika aroma pisang tak terlalu tercium, maka pisang belum terlalu matang. Tunggulah beberapa hari sampai pisang matang secara alami.

Itulah berbagai cara memilih pisang yang manis dan berkualitas baik yang dapat Anda tiru jika sedang membeli pisang di pasar ataupun swalayan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News