Keluarga

Punya Masa Simpan Singkat, Ini 5 Cara Menyimpan Telur Agar Dapat Bertahan Lama

Punya Masa Simpan Singkat, Ini 5 Cara Menyimpan Telur Agar Dapat Bertahan Lama

MOMSMONEY.ID - Ingin masa simpan telur dapat bertahan lama? Mari simak beberapa cara menyimpan telur yang berikut ini. Moms harus simak baik-baik!

Telur adalah salah satu jenis bahan makanan yang rentan membusuk. Apabila cara simpan salah, maka kualitas telur pun akan berubah.

Berikut ini ada berbagai cara yang bisa Moms lakukan agar telur yang dibeli jadi awet tahan lama. Melansir dari bola deli dan real simple, simak artikelnya berikut.

Baca Juga: Terbukti Secara Ilmiah, Inilah 6 Cara Mengiris Bawang Agar Mata Tak Pedih

Telur harus bersih

Ada banyak perdebatan tentang mencuci telur. Sebagian berpendapat bahwa telur akan bertahan lama jika tak dicuci. Sebagian lainnya mengatakan bahwa telur harus dicuci agar tak mengontaminasi makanan lainnya.

Sebenarnya kedua pendapat ini tak salah. Hanya saja, ada hal yang harus diperhatikan agar saat menyimpan telur, telur dapat bertahan lebih lama.

Jika Anda memilih untuk mencuci telur sebelum memasukkannya ke lemari es, Anda bisa mencucinya terlebih dahulu di bawah air mengalir. Tapi ingat, jangan lupa mengeringkan telur hingga benar-benar kering.

Telur yang dibiarkan basah setelah dicuci malah akan membuat telur lebih rentan terkontaminasi bakteri.

Baca Juga: Cegah Keborosan, 6 Makanan ini Ternyata Bisa Dibekukan Supaya Awet Tahan Lama

Simpan dalam beras

Siapa sangka, menyimpan telur dalam beras ternyata dapat membuat telur awet tahan lama.

Meski tak banyak orang tahu, namun menyimpan telur dalam beras dapat membuat telur awet hingga 6 bulan. Hal ini disebabkan karena beras memiliki suhu yang pas dan sesuai untuk menyimpan telur mentah.

Selain itu, bubuk sisa yang ada pada beras pun dapat mencegah bakteri luar masuk ke dalam cangkang telur.

Baca Juga: 7 Perbedaan Matcha dan Green Tea, dari Rasa hingga Kandungannya

Hindari simpan telur di pintu kulkas

Cara Menyimpan Telur Agar Dapat Bertahan Lama

Melansir dari All Recipes, cara efektif menyimpan telur agar tahan lama adalah dengan menghindari menyimpannya di pintu kulkas.

Pintu kulkas adalah bagian yang paling sering dibuka-tutup. Pada akhirnya, suhu jadi tak konsisten. Sementara itu, telur yang disimpan pada bagian ini akan lebih rentan membusuk apabila suhu tak stabil.

Maka dari itu, cara terbaik menyimpan telur ialah pada bagian rak tengah di chiller maupun rak bagian belakang kulkas. Suhu pada rak tengah ataupun belakang yang terdapat di chiller merupakan suhu paling dingin & konsisten.

Telur akan awet dan bertahan lama jika disimpan pada tempat tersebut.

Baca Juga: Tak Mudah Layu, Ini 5 Tips Menjaga Kesegaran Sayuran Tanpa Kulkas

Pindahkan ke kulkas sesegera mungkin

Ingin telur yang Anda beli awet tahan lama? Maka setelah Anda beli, segeralah masukkan telur ke dalam kulkas.

Telur mengandung bakteri salmonella yang harus segera didinginkan untuk menghambat pertumbuhannya.

Namun jika telur tetap berada pada suhu ruang, maka bakteri tersebut dapat bergerak bebas & bertumbuh, bahkan mengontaminasi isi telur.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Simpan Beras Supaya Bebas Kutu, Moms Wajib Tahu!

Hindari makanan berbau menyengat

Agar bertahan lama, hindari menyimpan telur berdekatan dengan makanan yang berbau menyengat seperti ikan asin atau durian.

Telur memiliki cangkang berpori. Pori-pori dalam telur ini dapat bernapas dan akan menghirup aneka bau, termasuk bau tak sedap. Akibatnya, telur akan terkontaminasi bau tersebut.

Maka cara terbaik adalah dengan memisahkan telur dari segala jenis makanan dengan bau menyengat agar baunya tak terserap oleh telur.

Itulah beberapa cara menyimpan telur agar awet tahan lama. Cara-cara di atas bisa Moms tiru agar telur tak mudah membusuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News