Keluarga

Cegah Keborosan, 6 Makanan ini Ternyata Bisa Dibekukan Supaya Awet Tahan Lama

Cegah Keborosan, 6 Makanan ini Ternyata Bisa Dibekukan Supaya Awet Tahan Lama

MOMSMONEY.ID - Ingin pengeluaran lebih hemat? Mulai sekarang, mari coba bekukan aneka makanan berikut ini.

Ada beberapa jenis makanan yang tak disangka ternyata bisa dibekukan. Meski terdengar cukup aneh dilakukan, namun cara ini dapat membuat makanan tersebut jadi lebih awet tahan lama.

Apa saja makanan yang dimaksud? Melansir dari Realsimple dan Treehugger, selengkapnya.

Baca Juga: Punya Masa Simpan Lama, Ini 7 Cara Menyimpan Jamur Agar Tetap Segar dan Tak Berlendir

Jamur

Aneka jamur

Jamur adalah makanan yang bisa dibekukan dalam freezer. Pembekuan ini dapat memperlambat pembusukan.

Jamur mengandung 80%-90% air, itulah sebabnya jamur cenderung mudah lembek, berlendir, dan membusuk. Jadi, bekukan jamur dalam keadaan mentah agar awet dan bertahan lama.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Simpan Beras Supaya Bebas Kutu, Moms Wajib Tahu!

Jahe

Jahe juga dapat dibekukan dalam lemari es. Namun, tentu caranya tak sembarangan. Hal ini disebabkan jahe dapat mudah mengering hingga berjamur jika disimpan di lemari es dalam jangka waktu lama.

Maka dari itu, cara termudahnya dengan mencuci jahe, lalu dikeringkan & dipotong seukuran ibu jari sebelum akhirnya jahe dibekukan dalam kantong zip-lock agar awet dan bertahan lama.

Cabai

Jalapeno

Alex Guzman, koki dan pemilik Archer & Goat di New York City, mengatakan cabai yang dibekukan ternyata bisa membuat rasa pedasnya jadi berkurang sehingga dapat lebih enak ketika disantap.

Cabai jenis apapun dapat dibekukan, baik dalam keadaan utuh maupun yang sudah diiris. Cabai beku dapat awet dalam freezer hingga 1 tahun.

Baca Juga: Tak Mudah Layu, Ini 5 Tips Menjaga Kesegaran Sayuran Tanpa Kulkas

Herba segar

Agar tak boros, cobalah untuk mulai membekukan herba segar yang Anda miliki. Herba seperti daun mint hingga basil dapat bertahan lama jika dicabut batangnya.

Jangan lupa untuk bekukan herba dengan cara menyimpannya dalam cetakan es batu. Isi cetakan dengan air, lalu bekukan air berisi herba tadi di freezer.

Herba beku ini akan sangat cocok digunakan untuk membuat aneka hidangan seperti sup dan makanan berkuah lainnya.

Kue panggang

Resep Red Velvet Cupcake

Kue yang dipanggang seperti brownies, cookies, muffins, hingga cupcakes adalah sederet jenis makanan yang dapat dibekukan agar awet.

Caranya, masukkan kue-kue ini ke dalam resealable bag, kemudian mulai bekukan dalam lemari es.

Baca Juga: Terbukti Secara Ilmiah, Inilah 6 Cara Mengiris Bawang Agar Mata Tak Pedih

Roti

Roti adalah makanan yang masa simpannya terbilang sangat singkat, yakni bertahan 1-2 hari saja. Jika dipaksakan dimakan, maka akan membahayakan tubuh. Namun jika dibuang, maka akan boros pengeluaran.

Untuk dapat menghemat budget makan, Anda bisa mengakalinya dengan memasukkan roti ke dalam freezer.

Caranya, bungkus roti ke dalam toples tertutup, kemudian masukkan dalam freezer. Melansir dari Kompas, Anda bisa memasukkan roti ke dalam microwave apabila ingin kembali menyantap roti tersebut.

Itulah sederet makanan yang tak disangka dapat dibekukan. Apabila Anda berencana untuk menghemat pengeluaran, Anda bisa mencoba cara-cara di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News