Keluarga

Tips Menyimpan Aneka Buah dan Sayuran Agar Awet, Ada yang Tak Bisa Digabung!

Tips Menyimpan Aneka Buah dan Sayuran Agar Awet, Ada yang Tak Bisa Digabung!

MOMSMONEY.ID - Ingin aneka buah dan sayur yang Anda siapkan sebagai cadangan makanan dapat awet? Ikuti sederet tips menyimpan aneka buah dan sayuran agar tahan lama.

Buah dan sayur tergolong ke dalam jenis makanan yang rentan membusuk. Salah sedikit, maka kualitasnya akan menurun. Maka, perlu trik khusus agar buah dan sayur tetap awet.

Berikut ini, tips menyimpan aneka jenis buah dan sayur dengan cara yang simpel, dilansir dari real simple.

Apel

Tips menyimpan buah apel agar awet tahan lama adalah dengan menjauhkannya dari sinar matahari langsung.

Apel, terutama yang masih utuh, akan awet lama jika disimpan dalam laci lemari es dengan membungkusnya dalam tisu basah, lalu dimasukkan ke dalam kantung plastik berlubang. Cara ini akan membuat apel tahan hingga 6 minggu.

Apel juga tak boleh disimpan bersebelahan dengan buah atau sayur lainnya yang mengandung gas etilen, seperti bawang. Sebab gas etilen akan membuat apel jadi lebih cepat matang.

Baca Juga: Punya Peralatan Masak Berbahan Kayu? Simak 6 Tips Membersihkannya

Alpukat

Alpukat

Tips terbaik menyimpan buah alpukat mentah adalah dengan meletakkannya di atas meja, jauh dari makanan lainnya. Meski terbilang simple, namun cara ini dapat membuat alpukat bertahan selama 4-5 hari.

Jika alpukat utuh yang Anda beli sudah matang, maka masukkan ke dalam lemari es. Jangan lupa simpan dalam wadah kedap udara

Namun jika alpukat sudah dibelah, bekukan buahnya sekaligus. caranya, buang biji dan kulitnya, kemudian ambil daging buah alpukat dan beri perasan jeruk nipis hingga rata, lalu masukkan ke dalam bungkus plastik. Jauhkan alpukat dari kontak udara.

Baca Juga: Tak Mudah Layu, Ini 5 Tips Menjaga Kesegaran Sayuran Tanpa Kulkas

Pisang

Jika tak ingin dimakan langsung, tips terbaik menyimpan pisang supaya awet tahan lama adalah dengan membeli pisang saat masih mentah atau berwarna kehijauan.

Jauhkan pisang dari panas matahari langsung, serta aneka benda/makanan yang menimbulkan panas.

Jauhkan juga pisang dari jenis buah dan sayur yang mengandung gas etilen.

Wortel

wortel

Baca Juga: Tips Pintar Pilih Sayur dan Buah yang Masih Segar, Sudah Tahu Belum?

Agar awet, tips menyimpan wortel bisa dilakukan dengan cara membungkusnya dengan tisu kering, masukkan ke dalam kantung khusus, lalu masukkan ke dalam chiller pada kulkas.

Hindari mencuci atau mengupasnya jika Anda tak ingin segera memasak wortel.

Bawang

Bawang harus disimpan di dalam tempat yang sejuk, kering, dan gelap. Contoh terbaik menyimpannya ada di rak dapur atau bahkan garasi.

Hindari tempat dingin seperti kulkas danfreezer. Hindari juga tempat panas seperti dekat kompor atau tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Baca Juga: Punya Masa Simpan Singkat, Ini 5 Cara Menyimpan Telur Agar Dapat Bertahan Lama

Jahe

Untuk membantu jahe yang Anda beli tetap segar tahan lama, maka simpanlah jahe pada toples kedap udara, kemudian simpan ke dalam crisper drawer.

Crisper drawer merupakan rak pada bagian paling bawah kulkas yang gunanya untuk menyimpan sayuran.

Crisper Drawer kulkas

Stroberi

Tips simpan stroberi agar bisa bertahan lama yakni dengan menempatkan buah ini di tempat yang kering dan bersih.

Ingat, stroberi tak boleh dicuci ataupun basah. Stroberi yang basah akan cepat membusuk. Cucilah stroberi hanya jika Anda akan memakannya langsung.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Simpan Beras Supaya Bebas Kutu, Moms Wajib Tahu!

Tomat

Tomat

Tips simpan tomat yang telah matang sempurna jika tak ingin memakannya langsung adalah dengan memasukkannya ke dalam kulkas. Meski telah matang, tomat akan tetap awet dan dapat bertahan hingga seminggu penuh, selama disimpan dalam lemari es.

Ada cara lain agar tomat matang tetap segar dan tak membusuk sama sekali. Caranya adalah dengan membilasnya di bawah aliran air, lalu keringkan. Buang batangnya, kemudian masukkan buah tomat dalam plastic bag. Masukkan ke dalam freezer.

Itulah berbagai tips menyimpan aneka buah dan sayur agar awet tahan lama tanpa membusuk sama sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News