Keluarga

Punya Peralatan Masak Berbahan Kayu? Simak 6 Tips Membersihkannya

Punya Peralatan Masak Berbahan Kayu? Simak 6 Tips Membersihkannya

MOMSMONEY.ID - Tips membersihkan peralatan masak berbahan kayu, salah satu jenis bahan yang sangat sulit dibersihkan.

Peralatan masak berbahan kayu merupakan salah satu jenis bahan yang sangat sulit dibersihkan. Sebab, kayu dapat menyerap warna hingga bau bekas masakan.

Talenan, sendok, hingga mangkuk berbahan kayu memiliki risiko yang dapat mengancam kesehatan jika tak dibersihkan dengan benar.

Untuk mencegah terjadinya hal yang tak diinginkan, Momsmoney telah merangkum beberapa tips membersihkan peralatan masak berbahan kayu, yang dirangkum dari Times of India dan The Gingered Whisk, berikut ini.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana Simpan Beras Supaya Bebas Kutu, Moms Wajib Tahu!

Cuci segera

Tips membersihkan peralatan masak berbahan kayu adalah dengan mencucinya segera setelah dipakai. Dengan membersihkannya sesegera mungkin, maka itu akan mencegah kotoran masuk dan meresap ke dalam celah kayu.

Bersihkan dengan benar, bilas, lalu keringkan hingga benar-benar kering untuk memperpanjang masa pakai peralatan masak kayu tersebut.

Jangan cuci di dishwasher

Alat pencuci piring otomatis dishwasher

Membersihkan peralatan masak berbahan kayu tidak disarankan jika Anda menggunakan dishwasher.

Menumpuk cucian piring, termasuk peralatan masak kayu dalam dishwasher membuat berbagai kotoran dalam air meresap ke dalam peralatan kayu. Ini menimbulkan risiko kesehatan dan dapat mempercepat kerusakan peralatan masak.

Baca Juga: 6 Tips Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron Agar Tak Mudah Berkarat

Hindari air panas

Hindari membersihkan peralatan masak kayu menggunakan air panas. Air panas hingga detergen akan menyebabkan peralatan masak kayu jadi melengkung, retak, hingga pecah dalam waktu yang singkat.

Garam

Setelah mencuci peralatan masak dengan cairan pencuci piring, tuangkan garam kasar secukupnya ke atas peralatan masak. Gosok dengan potongan lemon sampai garamnya larut.

Setelah selesai, bilas peralatan masak kayu dengan air dingin dan biarkan hingga kering.

Baca Juga: 7 Tips Cepat Keringkan Jemuran Basah Saat Musim Hujan, Anti Bau Apek!

Baking soda

Baking Soda

Cara lain yang mudah untuk membersihkan peralatan masak dari kayu adalah dengan memercikkan soda kue ke area yang ternoda dan percikkan air lemon.

Selanjutnya, gunakan kain bersih untuk menggosok area tersebut, lalu bilas dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Kemudian, gosokkan sedikit minyak ke peralatan masak kayu untuk meningkatkan kilau dan memperpanjang masa pemakaian.

Baca Juga: Butuh Tontonan Ringan Saat Healing? Tonton 6 Rekomendasinya Ini di Netflix

Amplas

Bersihkan peralatan masak berbahan kayu dengan mengikisnya menggunakan amplas.

Menurut para ahli, pengamplasan dapat menghilangkan lapisan atas yang penuh dengan noda dan bakteri. Ini akan memberikan hasil akhir yang halus dan kayu akan terlihat seperti baru.

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Bau Amis Udang, Masakan Jadi Nikmat

Rawat dengan mineral oil

Setelah membersihkan peralatan masak berbahan kayu, Anda dapat menjaga keindahan dan bentuk dari peralatan masak kayu agar tetap bersinar dan dalam kondisi terbaiknya.

Maka dari itu, gosok sebulan sekali menggunakan mineral oil. Mineral oil adalah minyak alami yang aman untuk makanan. Minyak ini cepat diserap kayu dan membantu ketahanan peralatan masak kayu sehingga ar tak mudah merusaknya.

Adapun Beeswax sebagai opsi lain selain mineral oil untuk membersihkan peralatan masak kayu.

Namun ingat, jangan gunakan minyak zaitun dan kanola karena dapat membuat peralatan masak kayu jadi berbau tengik.

Itulah sederet tips membersihkan peralatan masak berbahan kayu. Kini, peralatan masak kayu Anda dapat awet tahan lama, kinclong, dan yang terpenting aman dari bakteri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News