Keluarga

Jangan Simpan di Pintu Kulkas, Ini Cara Tepat Simpan Susu Agar Tak Cepat Basi

Jangan Simpan di Pintu Kulkas, Ini Cara Tepat Simpan Susu Agar Tak Cepat Basi

MOMSMONEY.ID - Susu yang berukuran jumbo dan tak dihabiskan segera akan lebih rentan basi. Penyebabnya mulai dari cara simpan susu yang keliru hingga adanya kontaminasi bakteri.

Agar susu tak cepat basi, Anda wajib mengetahui beberapa cara tepat simpan susu di dalam kulkas. Merangkum dari laman listonic, mashed, real simple, sahabat nestle, dan superindo, intip artikel berikut ini, yuk!

Baca Juga: Promo Burger King 1-31 Januari 2023, Kupon Januari Serba Diskon Mulai Rp 5.000

Beli paling terakhir

Agar susu tak cepat basi dan menambah lama masa penyimpanan, maka belilah susu paling terakhir saat sedang berbelanja.

Dengan cara ini, susu jadi lebih sebentar terpapar suhu udara hangat sehingga bakteri yang berbahaya tak tumbuh dengan cepat.

Setelah beres berbelanja, segeralah tempatkan susu ke dalam lemari pendingin bersuhu 2 derajat Celcius agar susu cair tak cepat basi.

Ketahui umur simpan susu

Agar susu tak cepat basi, Anda harus mengetahui umur simpan susu.

Disetiap kenaikan 5 Celcius, maka umur simpan susu berkurang 50%. Ini lah yang menyebabkan susu jadi cepat basi. Maka jika ingin susu tetap awet, simpanlah susu dalam suhu sedingin mungkin.

Baca Juga: Promo Pizza Hut 9-31 Januari 2023, KEJUtan Baru Cheese Overload Pizza Diskon 20%

Jangan simpan pada pintu kulkas

Cara tepat simpan susu agar tak mudah basi adalah dengan tidak menyimpannya di pintu kulkas.

Kebanyakan masyarakat menyimpan susu pada pintu kulkas untuk mempermudah mengambilnya. Sayangnya ketika pintu kulkas dibuka, suhu susu akan menurun ke suhu ruangan.

Semakin sering pintu kulkas dibuka, semakin sering susu terpapar suhu ruang. Akibatnya, masa simpan susu jadi berkurang banyak.

Susu yang terlalu sering terpapar suhu ruang akan mempermudah bakteri jahat berkembang biak di dalamnya. Ini menyebabkan susu jadi cepat basi.

Baca Juga: 6 Tips Ambil Foto Makanan yang Cantik Menggunakan Teknik Food Photography

Menyimpan susu cair di dalam kulkas

Baca Juga: 5 Trik Bikin Aroma dan Rasa Rempah-Rempah Jadi Lebih Wangi dan Keluar

Simpan di chiller

Tips tepat simpan susu di kulkas haruslah ditempatkan pada chiller. Chiller atau rak kulkas (tepat berada di bawah freezer) merupakan salah satu tempat yang suhunya paling stabil.

Agar susu tak cepat basi dan dapat bertahan lama, simpan susu di dalam chiller pada bagian paling belakang, karena tempat ini merupakan titik paling dingin dalam kulkas.

Apabila segel susu telah dibuka

Apabila segel pada kemasan susu telah dibuka, maka ada baiknya susu diminum pada hari yang sama. Jika susu tak habis, maka simpanlah susu dalam keadaan tertutup rapat di dalam kulkas. Namun, masa simpan susu yang segelnya telah dibuka hanya memiliki batas selama 3 hari saja.

Baca Juga: 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Sudah Layu Jadi Segar Kembali

Simpan di kemasan aslinya

Susu, baik itu susu maupun susu bubuk, tak akan cepat basi dan tetap terjaga kehigienisannya apabila disimpan di kemasan aslinya. Ini karena kemasan aslinya sudah didesain semaksimal mungkin untuk menjaga ketahanan susu dari segala macam bakteri dan kebocoran.

Apabila Anda sering konsumsi susu, cobalah sederet cara tepat simpan susu di atas agar susu tak cepat basi dan dapat bertahan lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News