Keluarga

5 Trik Bikin Aroma dan Rasa Rempah-Rempah Jadi Lebih Wangi dan Keluar

5 Trik Bikin Aroma dan Rasa Rempah-Rempah Jadi Lebih Wangi dan Keluar

MOMSMONEY.ID - Ingin maksimalkan rasa rempah-rempah agar aroma dan rasanya jadi lebih keluar? Moms bisa mencoba beberapa cara berikut ini.

Ada begitu banyak jenis rempah yang ada di Indonesia ini. Berbeda jenis rempah, berbeda pula cara memasaknya. Ini karena beberapa rempah masih ada yang mentah sehingga agar aromanya bisa keluar secara maksimal, harus dilakukan beberapa trik.

Beberapa trik bikin aroma dan rasa rempah-rempah lebih terasa telah MomsMoney rangkum dari laman Palmia dan Kitchen of Indonesia, berikut ini!

Baca Juga: Tips Menata dan Memperindah Makanan ala Chef dalam Teknik Food Plating

Sangrai

Kemiri

Metode sangrai atau menggoreng tanpa menggunakan minyak bisa jadi salah satu cara untuk bikin aroma dan rasa rempah semakin keluar. Moms bisa menyangrai rempah menggunakan api tanpa minyak atau bisa juga menyangrai menggunakan pasir sangrai.

Rempah mentah seperti kemiri dan ketumbar sangat cocok dimasak menggunakan metode sangrai karena kedua rempah tersebut tak mampu mengeluarkan aroma dan rasa secara maksimal jika masih mentah.

Baca Juga: Rekomendasi 4 Saus Masakan ala Tionghoa untuk Segala Jenis Hidangan

Geprek

Metode geprek atau ditumbuk cocok untuk mengeluarkan aroma dan rasa rempah seperti serai, lengkuas, hingga jahe. Rempah ini cukup digeprek pelan-pelan hingga keluar sedikit cairan dan bau sebelum dicampurkan pada masakan.

Menyobek

Daun pandan

Metode menyobek rempah berdaun juga bisa jadi pilihan untuk memaksimalkan rasa dan aroma masakan jadi lebih terasa. Rempah seperti daun jeruk, daun pandan, hingga daun salam terasa lebih segar jika disobekkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam masakan.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Varian Keju Meleleh, Cocok Dijadikan Isian Berbagai Makanan

Mengiris

Mengiris rempah sering dilakukan untuk maksimalkan aroma dan rasa rempah itu sendiri ke dalam masakan. Rempah seperti seledri, bawang putih, hingga daun bawang yang diiris akan membuat rasa masakan lebih gurih dan sedap.

Khusus untuk daun bawang dan seledri, aroma kedua rempah ini juga bisa tetap keluar dengan cara diikat atau disimpulkan.

Baca Juga: Suka Makanan Laut? Intip 4 Cara Efektif Hilangkan Bau Amis saat Masak Seafood

Melarutkan

Berbeda dengan jenis rempah lainnya, rempah seperti asam jawa sangat mudah menyatu, sehingga jika asam jawa dimasukkan langsung ke dalam masakan, maka masakan akan terasa sangat asam.

Untuk itu, larutkan asam jawa secukupnya saja. Setelah itu, barulah Moms bisa memasukkan larutan tersebut ke dalam masakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News