Keluarga

Bisa Jadi Racun untuk Tubuh, Inilah 5 Tips Hindari Sayur Bayam Menghitam

Bisa Jadi Racun untuk Tubuh, Inilah 5 Tips Hindari Sayur Bayam Menghitam

MOMSMONEY.ID - Sayur bayam dapat menjadi racun bagi tubuh jika dibiarkan dimasak terus menerus hingga menghitam. Berikut tips hindari sayur bayam menghitam.

Sayur bayam punya kandungan zat besi yang sangat tinggi. Sayur yang identik dengan tokoh kartun Popeye ini pun tergolong jenis sayuran yang digemari semua kalangan masyarakat karena rasanya yang menyegarkan.

Tetapi ada hal yang wajib diwaspadai ketika mengonsumsi sayur bayam, yaitu senyawa reaksinya.

Baca Juga: 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Sudah Layu Jadi Segar Kembali

Melansir dari Sajian Sedap, kandungan zat besi pada sayur bayam dapat bereaksi dengan udara dan berubah menjadi oksidan (senyawa beracun) bagi tubuh.

Bayam yang juga mengandung Nitrit berpotensi berubah menjadi Nitrat yang juga beracun, apabila dimasak terus menerus.

Tanda perubahan reaksi kimia beracun ini bisa diwaspadai dengan berubahnya warna sayur bayam jadi menghitam. Lantas, apa saja tips hindari sayur bayam menghitam? Simak yang berikut ini!

Baca Juga: Punya Masa Simpan Singkat, Ini 5 Cara Menyimpan Telur Agar Dapat Bertahan Lama

Cuci bayam hingga bersih

Sayur Bayam

Tips hindari sayur bayam jadi menghitam pertama-tama harus dimulai dari mencucinya terlebih dahulu.

Semua jenis sayur dan buah, termasuk bayam harus dicuci di bawah aliran air mengalir. Cucilah hingga bersih agar terhindari dari segala jenis hal yang berbahaya seperti pestisida ataupun bakteri yang menempel.

Akan lebih baik lagi dicuci menggunakan sabun pencuci khusus untuk sayuran & buah yang mengandung 100% organik, karena tahapan yang satu ini akan memengaruhi tahapan memasak yang sangat sebentar.

Baca Juga: Tak Mudah Layu, Ini 5 Tips Menjaga Kesegaran Sayuran Tanpa Kulkas

Masak sayur dan bumbunya berbarengan

Ada begitu banyak cara memasak sayur. Namun agar aman dikonsumsi, akan lebih baik jika Anda memasukkan bayam dengan aneka bumbu secara bersamaan ke dalam panci panas.

Masak sebentar saja

Mau hindari sayur bayam menghitam? Cukup masak sebentar saja. Melansir dari Tribunnews, disarankan memasak sayur bayam selama 1 menit saja.

Memasak bayam selama 1 menit cukup untuk membuat sayur bayam jadi matang, sekaligus membuat seluruh gizi & vitaminnya terjaga utuh.

Jika Anda memasak bayar selama lebih dari 4 menit, justru dikhawatirkan akan membuat sayur bayam kehilangan sebagian kandungan asam folat yang berguna bagi tubuh.

Karena itulah, meski dimasak selama 1 menit, penting untuk kita mencuci bayam sebersih mungkin agar parasit & bakteri hilang meski dimasak sangat singkat.

Baca Juga: Bikin Awet, Ini 6 Faktor yang Pengaruhi Masa Simpan Buah dan Sayur di Dalam Kulkas

Jangan dipanaskan ulang

Pemanasan berulang kali menyebabkan sayur bayam jadi menghitam. Selain itu, seluruh kandungan gizi yang ada pada bayam juga bisa rusak, sehingga akan sia-sia mengonsumsinya.

Cukup masak sekali dan biarkan bayam mendingin dengan sendirinya. Bayam terasa lebih nikmat jika dikonsumsi dalam keadaan dingin. Namun jika ingin menyantap sayur bayam dalam kondisi panas, santaplah langsung setelah membuatnya. Jangan berpikiran untuk memanaskannya dua kali.

Baca Juga: Tips Menyimpan Aneka Buah dan Sayuran Agar Awet, Ada yang Tak Bisa Digabung!

Masak bayam dalam porsi sekali makan

Bayam

Agar bayam tak dipanaskan berulang kali dan menyebabkan sayur bayam jadi menghitam, maka masaklah bayam hanya dengan porsi sekali makan.

Hindari memasak sayur bayam dalam porsi jumbo jika Anda tak segera memakannya. Sebab jika sayur bayam yang telah matang dibiarkan begitu saja, maka sayur bayam pasti akan berubah menghitam.

Itu dia sederet tips hindari sayur bayam menghitam yang bisa Moms lakukan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News