Keluarga

Bikin Awet, Ini 6 Faktor yang Pengaruhi Masa Simpan Buah dan Sayur di Dalam Kulkas

Bikin Awet, Ini 6 Faktor yang Pengaruhi Masa Simpan Buah dan Sayur di Dalam Kulkas

MOMSMONEY.ID - Ada faktor yang memengaruhi masa simpan buah dan sayur. Untuk Anda yang tak mau buah dan sayur tiba-tiba menjadi layu hingga membusuk, simak artikel ini.

Masa simpan buah dan sayur bergantung pada beberapa faktor yang krusial. Faktor-faktor ini dapat menjaga keawetan aneka produk segar yang baru Anda beli.

Apa sajakah faktor yang pengaruhi masa simpan buah dan sayur? Merangkum dari laman Today dan CB Refrigeration, berikut:

Baca Juga: 4 Tips Cegah Oksidasi pada Buah Apel, Kini Tak Ada Lagi Warna Kecoklatan!

Suhu

Suhu tentu menjadi faktor yang memengaruhi masa simpan buah dan sayur paling penting dan utama bagi kehidupan pasca-panen. Suhu dapat memengaruhi reaksi biologis buah dan sayur.

Itulah sebabnya, apabila produk buah dan sayur disimpan dengan baik di lingkungan dingin, maka faktor-faktor lainnya tak terlalu berpengaruh banyak dalam kerusakan produk, seperti respirasi dan aktivitas mikroorganisme yang melambat.

Baca Juga: Si Kecil Pilih-pilih Makan? Ikuti 7 Cara Mudah Bikin Anak Mau Makan Sayuran

Kelembapan

Daging dan Buah yang Terpisah di dalam Kulkas

Baca Juga: Tak Lagi Hambar dan Pahit, Ini 6 Tips Bikin Sayuran Jadi Masakan Lezat dan Disukai

Kelembapan jadi salah satu faktor yang pengaruhi masa simpan buah dan sayur.

Produk segar dapat berupa buah dan sayur memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Begitu buah dan sayur dipanen dari akarnya, maka mulai kehilangan kandungan air di dalamnya karena proses respirasi.

Meski buah dan sayur disimpan di dalam kulkas, suhu kulkas yang kering dan dingin tersebut tidak bekerja secara optimal untuk sebagian besar produk segar.

Menyimpannya dalam kulkas hanya untuk mencegah buah dan sayur kehilangan kelembapan atau kandungan air lebih banyak daripada sebelumnya. Ini untuk mencegah buah dan sayur jadi keriput:

Baca Juga: 4 Alasan Rasa Makanan di Restoran Terasa Lebih Lezat Dibandingkan Masakan Rumah

Respirasi

Respirasi adalah proses tumbuhan menghirup oksigen dari udara di sekitarnya, memecah karbohidrat yang tersimpan dan melepaskan panas, air, dan karbon dioksida.

Respirasi ini turut menjadi salah satu faktor yang pengaruhi masa simpan buah dan sayur. Hal ini disebabkan karena produk masih tetap hidup setelah dipanen, sehingga masih bernapas.

Semakin hangat suhunya, semakin cepat pernapasan ini terjadi. Setiap jenis produk (buah dan sayur) memiliki laju respirasi dan suhu penyimpanan yang optimal untuk menurunkan laju tersebut.

Semakin lambat laju respirasinya, semakin tahan lama produk akan awet.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran, Ikuti 3 Tips Mengolah Sayuran Hijau yang Layu Agar Kembali Segar

Oksigen

Faktor yang memengaruhi masa simpan buah dan sayur ialah oksigen.

Semakin banyak oksigen di sekitar buah dan sayur, semakin cepat laju respirasi. Saat Anda menempatkan buah dan sayur dalam wadah kedap udara, maka anda sedang membatasi jumlah oksigen yang tersedia untuk produk "bernafas".

Jadi, untuk meminimalkan proses respirasi terjadi, buatlah buah dan sayur berinteraksi seminimal mungkin dengan oksigen.

Gas etilen

Pisang

Gas etilen merupakan senyawa yang dihasilkan oleh buah dan sayur dan dapat mempercepat proses pematangan terjadi lebih cepat. Hal ini membuat gas etilen menjadi faktor yang pengaruhi masa simpan buah dan sayur.

Pengaruh gas etilen pada buah mengakibatkan perubahan tekstur (pelembutan) dan warna pada buah. Inilah yang mempercepat buah menjadi busuk.

Baca Juga: Kelelahan? Konsumsi 4 Makanan yang Bantu Percepat Pulihkan Energi yang Hilang

Paparan cahaya

Paparan cahaya juga merupakan faktor yang pengaruhi masa simpan buah dan sayur. Cahaya dapat mengaktifkan pori-pori tumbuhan, sehingga memungkinkan gas dapat keluar-masuk dengan mudah ke dalam tumbuhan.

Paparan cahaya pada buah dan sayur yang baru dipanen dapat meningkatkan respirasi dan fotosintesis sehingga membuat buah dan sayur dapat cepat membusuk.

Bahkan pada kulkas sekalipun, cahaya dalam kulkas akan dimatikan secara otomatis untuk menjaga keutuhan produk-produk ini.

Baca Juga: 3 Tips Memasak Sayuran Tanpa Menghilangkan Nutrisinya

Jadi, berhati-hatilah pada buah dan sayur yang telah terlalu lama terpapar sinar matahari.

Itulah aneka faktor yang pengaruhi masa simpan buah dan sayur. Kini, Moms bisa lebih menghemat biaya dengan mengetahui faktor apa saja yang dapat menunda buah dan sayur agar tak cepat layu hingga membusuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News