HOME, Keluarga

Sering Beli Sayur di Pasar? Berikut 5 Cara Mencuci Sayuran yang Tepat

Sering Beli Sayur di Pasar? Berikut 5 Cara Mencuci Sayuran yang Tepat

MOMSMONEY.ID - Moms suka beli sayur di pasar? Jika ya, terkadang sayuran tersebut masih bercampur dengan tanah dan berbagai kotoran lainnya.

Nah, apakah Moms sudah tahu cara mencuci sayuran yang tepat agar semua bakteri dan kotoran yang ada pada sayuran bisa hilang? Agar tidak salah mengolah sayuran, penting bagi Moms untuk tahu beberapa cara mencuci sayuran yang tepat.

Penasaran cara mencuci sayuran secara tepat tanpa perlu takut kandungan gizi dalam sayur menghilang? Melansir dari Maggi, berikut caranya!

Baca Juga: Simak, Kiat Memilih Sayur dan Buah yang Masih Segar

Sayuran Harus Segar

Sebelum tahu cara mencuci sayuran secara tepat, Moms wajib memilih sayurannya terlebih dahulu. Pilihlah sayuran yang segar-segar agar sayuran mudah dicuci.

Sayuran segar bisa dirasakan sendiri baik oleh mata maupun hidung. Sayuran segar tentunya tidak layu ataupun mengeluarkan bau busuk.

Baca Juga: Kunci Ampuh Menjaga Imunitas Tubuh Saat Pandemi

Cuci Bersih di Aliran Air

Inilah kunci dari cara mencuci sayuran yang tepat, yakni dengan mencuci sayuran di bawah aliran air mengalir. Tapi ingat, jangan dicuci menggunakan sabun, ya. Cukup dengan air mengalir saja.

Agar bisa mencuci sayuran di bawah aliran air, anda harus menempatkan sayuran di wadah berongga yang memiliki bolong agar air tidak malah mengendap dalam wadah.

Pastikan anda mencuci sayuran terlehbih dahulu sebelum memotongnya, karena ada beberapa sayuran yang kandungan nutrisinya bisa larut oleh air.

Baca Juga: 5 Tingkat Kematangan Daging Agar Steak Buatanmu Sempurna

Potong Sayuran

Cara mencuci sayuran yang tepat selanjutnya adalah dengan memotong bagian sayuran yang layu & rusak.

Pemotongan bagian layu dilakukan setelah mencuci sayuran, agar kandungan nutrisinya tidak hilang begitu saja. Pemotongan juga dilakukan agar semua bakteri hingga ulat bulu tidak ikut tercampur dalam makanan yang akan anda buat.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Ikan Laut dengan Kandungan Gizi yang Paling Tinggi

Jangan Mencuci Sayuran Apabila…

Perlu Moms ketahui, jangan pernah mencuci sayuran apabila anda ingin menyimpannya sebagai stok persediaan & bukan langsung diolah jadi masakan.

Apabila Moms mencuci sayur padahal tidak ingin dimakan langsung, maka ini bisa meningkatkan risiko bakteri & jamur yang bisa menempel pada sayuran karena tingkat kelembapannya yang tinggi.

Baca Juga: Intip Pola Makan yang Baik untuk Usia 40 Tahun-an, Yuk!

Menyimpan Sayuran

Bagi Moms yang ingin menyimpan sayuran namun bingung karena tidak boleh dicuci, MomsMoney punya caranya, nih!

Caranya adalah dengan mengelap sayuran menggunakan tisu ataupun lap yang bersih, agar sayuran tidak terlalu kotor. Moms juga bisa menyimpannya di kantong plastik.

Namun khususnya untuk sayuran berdaun yang lembab, baiknya bungkus sayuran dengan tisu yang banyak sebelum menyimpannya di kantong plastik agar tidak terlalu lembap.

Selanjutnya: Suka Memasak Sayur? Ini 3 Cara Agar Nutrisi dalam Sayuran Tidak Hilang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News