HOME, Keluarga

5 Tingkat Kematangan Daging Agar Steak Buatanmu Sempurna

5 Tingkat Kematangan Daging Agar Steak Buatanmu Sempurna

MOMSMONEY.ID - Moms berencana untuk memasak steak daging sapi sendiri di rumah? Moms perlu tahu beberapa jenis tingkatan kematangan agar tekstur steak yang anda buat sesuai keinginan.

Merangkum dari Primarasa dan BBC Good Food, berikut 5 tingkat kematangan daging, selengkapnya!

Baca Juga: 3 Metode Masak Makanan Pedas Ala Meksiko yang Bikin Rasa Cabai Semakin Pedas

Rare

Rare merupakan tingkat kematangan yang paling rendah dari daging sapi.

Pada tingkat ini, daging sapi berada pada kematangan yang paling rendah, yakni hanya sekitar 20% saja. Sebanyak 80% dari dagingnya masih belum matang dan biasanya berupa daging yang masih merah di hampir keseluruhan bagiannya.

Untuk mendapatkan daging dengan tingkat kematangan rare, dibutuhkan waktu memasak hanya 1 ½  menit saja di setiap sisinya. Waktu akan tepat apabila ketebalan daging 2 cm.

Orang Indonesia kebanyakan sangat tidak menyukai daging di tingkat kematangan rare karena menganggapnya masih sangat mentah. Namun di luar negeri, cukup banyak yang menyukai daging dengan tingkat kematangan rare karena daging yang dihidangkan menjadi sangat juicy.

Baca Juga: Resep Tumis Cumi Hot Plate dengan 3 Bumbu Saus yang Gurih dan Sedap

Medium Rare

Medium rare merupakan tingkat kematangan daging yang berada sedikit di atas tingkat Rare.

Bisa dibilang tingkat Medium Rare ini jarang bisa didapatkan karena sedikit sulit. Medium rare ini berada pada tingkat kematangan di antara Rare dengan Medium.

Pada tingkatan medium rare ini, tingkat kematangan daging naik menjadi 40%. Sisanya, daging masih belum matang dan mengandung banyak air sehingga daging menjadi lembut & berwarna merah muda.

Tingkat Kematangan Medium Rare

Waktu memasak yang diperlukan yakni 2 menit pada setiap sisinya. Ingat, ketepatan waktu memasak akan sangat pas apabila daging yang dimasak setebal 2 cm.

Baca Juga: 3 Cara Alami Hilangkan Karat yang Menempel pada Pisau Dapurmu

Medium

Selanjutnya ada tingkat kematangan Medium yang berada pada 1 tingkat di atas Rare, sekaligus sedikit di atas tingkat Medium Rare.

Pada tingkat kematangan medium, daging menjadi sangat enak sehingga hampir di seluruh negara menetapkan standar kematangan paling lezat berada pada tingkat kematangan yang satu ini.

Jangan lupa, di tingkat kematangan Medium, daging yang sudah matang sebesar 60%, sementara yang belum matang hanya 40% saja.

Waktu memasak untuk mendapatkan tingkat kematangan ini adalah 2 ¼ menit di setiap sisi apabila daging tebalnya 2 cm.

Baca Juga: Kelezatan Gurami Sambal Bajak, Sajian Praktis Pelepas Rasa Lapar

Medium Well

Tingkat Medium Well merupakan tingkatan kematangan daging yang berada di antara tingkat Medium dengan Well Done.

Tingkat Kematangan daging

Tingkatan jenis ini sebesar 80% dari dagingnya telah matang. Tingkat kematangan Medium Well akan didapatkan apabila memasaknya dalam waktu

Baca Juga: Moms Harus Tahu! Ini 3 Bumbu Dasar Siap Pakai yang Harus Ada di Dapur

Well Done

Well Done merupakan tingkatan kematangan daging yang paling tinggi. Sebanyak 100 % daging yang dimasak ini matang semua, sehingga membuat daging jadi agak alot.

Teksturnya tntu saja akan keras dan suhu kematangannya berada pada 77 C.

Apabila daging tersebut tebalnya 2 cm, maka butuh waktu 4-5 menit untuk mendapatkan tingkat kematangan yang sempurna ini.

Selanjutnya: Trik Hidangkan Makanan Agar Menarik Secara Visual Seperti di Restoran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News