HOME, Bugar

Simak, Kiat Memilih Sayur dan Buah yang Masih Segar

Simak, Kiat Memilih Sayur dan Buah yang Masih Segar

MOMSMONEY.ID - Sayuran dan buah-buahan adalah makanan sehat yang kesegarannya perlu dijaga. Semakin segar sayur dan buah, maka semakin enak pula rasanya.

Sayangnya, terkadang kita tidak bisa membedakan secara jelas mana sayur dan buah-buahan yang masih segar dan mana yang sudah layu. Entah karena ketidaktahuan ataupun karena sayur tersebut dipilihkan oleh orang lain sehingga asal ambil dan tidak dicek kesegarannya.

Tentu anda tidak mau rugi dalam membeli sayur, bukan? Maka dari itu, MomsMoney akan memberikan anda kiat atau cara memilih sayuran & buah-buahan yang masih segar, selengkapnya!

Baca Juga: Ini Dia Solusi Menghindari Makanan Agar Tidak Cepat Basi

Tidak ada memar pada buah-buahan

Buah yang segar tidak memiliki memar pada bagian luar tubuhnya. Bagian memar ini nantinya yang akan menyebabkan buah cepat layu.

Bagian memar pada buah biasanya tidak hanya bisa kita lihat secara kasat mata, melainkan juga bisa kita rasakan kekenyalannya.

Dilansir dari Life Hacker, buah yang segar tentu bertekstur keras. Namun, buah yang memiliki memar biasanya bertekstur kenyal hanya dibagian tertentu atau bahkan semua bagian.

Jika anda menemukan buah yang seperti itu, jangan pernah memilihnya, karena buah tersebut sudah layu.

Pilih sayur dan buah berdasarkan warna

Perubahan warna pada tubuh sayur dan buah mengindikasikan bahwa mereka sudah tidak segar lagi. Anda bisa memilih sayuran dan buah-buahan berdasarkan warna, karena warna merupakan salah satu indikator utama yang menentukan tingkat kesegaran pada suatu makanan.

Jika anda ingin membeli sayur atau buah, pastikan untuk selalu melihat warnanya terlebih dahulu.

Tidak ada kerutan pada kulit luar buah

Saat anda sedang membeli tomat atau paprika, misalnya, yang perlu anda perhatikan adalah kerutan.

Dilansir dari Nature Fresh, kerutan mengindikasikan bahwa buah-buahan tersebut sudah tidak segar lagi. Buah yang segar tidak memiliki kerutan ataupun bintik hitam pada luar kulit.

Baca Juga: 3 Risiko yang Akan Terjadi Jika Peralatan Dapur Kurang Bersih

Bau pada buah & tekstur pada sayur

Buah yang sudah busuk memiliki bau yang berbeda dari biasanya. Untuk itu, pilihlah bau yang tidak menyengat atau sedikit aneh. Karena bau tersebut mengindikasikan bahwa buah sudah mulai busuk.

Sayangnya ini tidak berlaku untuk sayuran. Sayuran tidak menimbulkan bau apapun meski sudah layu.

Untuk dapat menentukan sayuran tersebut sudah layu atau belum, maka anda bisa menyentuhnya. Rasakan tekstur sayuran tersebut. Jika terasa licin, makan biasanya sayur tersebut sudah mulai basi.

Segar belum tentu baik

Anda wajib memerhatikan yang satu ini. Mengutip dari Healthy Ventura County, buah dan sayur yang segar belum tentu merupakan yang terbaik.

Pilihlah produk yang bisa dibeli pada musim itu juga. Jadi jika misalnya sekarang sedang musim buah mangga, belilah buah mangga. Karena pada masa itu, buah tersebut sedang banyak dihasilkan sehingga kualitasnya merupakan yang terbaik.

Jangan pernah membeli buah mangga saat musim durian. Ini bisa menjadi contoh bahwa meski buah mangga terlihat segar, namun kualitasnya belum tentu yang terbaik.

Membeli buah bukan pada musimnya selain memiliki harga yang lebih mahal, biasanya buah tersebut sudah menempuh perjalanan panjang selama berminggu-minggu saat anda membelinya. Ini yang membuat buah tersebut kualitasnya belum tentu sebaik biasanya.

Pilih sayuran yang belum dicuci

Sayuran yang masih bagus dan segar adalah sayur yang belum dicuci. Anda masih bisa melihat akarnya yang penuh dengan kotoran tanah.

Dilansir dari Maggi, sayuran yang belum dicuci terbukti jauh lebih segar dan juga lebih bisa bertahan lama dibandingkan dengan yang sudah dicuci.

Intinya, memilih buah dan sayur yang segar bisa anda lakukan dengan kejelian anda sendiri. Anda harus bisa melihat, merasakan, dan membauinya.

Kepekaan adalah kunci utama dalam memilih sayur dan buah yang segar. Jadi jika ingin membeli buah dan sayur, pastikan bahwa anda sendirilah yang membelinya, bukan orang lain.

Selanjutnya: Batas Waktu Ideal Menghindari Makanan Sebelum Basi atau Kedaluwarsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News