HOME, Bugar

Kunci Ampuh Menjaga Imunitas Tubuh Saat Pandemi

Kunci Ampuh Menjaga Imunitas Tubuh Saat Pandemi

MOMSMONEY.ID - Menjaga imunitas tubuh adalah hal wajib yang perlu dilakukan di masa Pandemi Covid-19 ini. Imun yang lemah akan membuat tubuh mudah diserang berbagai virus berbahaya.

Imun berguna dan bahkan sangat vital keberadaannya karena merupakan garda terdepan dari kesehatan tubuh.

Untuk itu, MomsMoney memberikan beberapa tips untuk kamu mengenai cara-cara menjaga imun tubuh saat pandemi agar tidak mudah terserang penyakit. Ini dia selengkapnya kami rangkum dari health Harvard edu, healthline, houstonmethodist, symptoms webmd, dan everydayhealth berikut ini!

Baca Juga: Bolehkah Mendinginkan Makanan Panas Langsung Ke Dalam Lemas Es? Simak Faktanya

Makan makanan sehat

Pastikan bahwa kamu benar-benar mencukupi segala kebutuhan dasar tubuh, seperti 4 sehat 5 sempurna.

Mengutip dari houstonmethodist, tubuhmu perlu memenuhi kebutuhan secara lengkap seperti mengonsumsi sayur, buah-buahan, lemak baik, protein tanpa lemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Jangan lupakan, beberapa vitamin ini mampu membuat imunitas tubuh semakin meningkat, di antaranya seperti:

  • Vitamin C
  • Vitamin B6
  • Vitamin E

Tidak perlu sulit, kamu bisa mendapatkan kandungan vitamin tersebut hanya dari makanan sehat seperti tuna, salmon, buah-buahan berwarna merah dan oranye, sayuran hijau, kacang almond, selain kacang, biji bunga matahari, bayam, dan sederet makanan sehat lainnya.

Berolahraga

Jika sudah memakan makanan sehat, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah melakukan olahraga.

Kombinasi antara makanan sehat dengan olahraga akan memunculkan imun tubuh yang jauh lebih kuat dibandingkan hanya memakan makanan sehat saja.

Mengutip dari sumber healthline, penelitian menunjukan bahwa hanya dengan melakukan satu sesi olahraga ringan saja, kamu sudah bisa meningkatkan efektivitas vaksin bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Hal tersebut mengindikasikan bahwa olahraga adalah salah satu hal utama yang wajib dilakukan untuk menambah imunitas tubuh.

Lihat Moms, satu sesi olahraga ringan saja sudah membawa efek yang baik bagi tubuh. Apalagi jika Moms berolahraga rutin setiap hari. Dijamin tubuh Moms akan sehat, bugar, dan tentunya tidak akan mudah terserang penyakit!

Baca Juga: Pulihkan Kesehatan Mental dengan Terapi Musik, Yuk!

Jangan Stres

Hal yang satu ini kerap kali diabaikan banyak orang.

Mengutip dari symptoms webmd, stress yang berkepanjangan akan menimbulkan masalah akibat menurunnya imunitas tubuh.

Hal tersebut sejalan dengan ulasan yang diterbitkan Current Opinion in Psychology pada Oktober 2015 lalu yang MomsMoney kutip melalui everydayhealth bahwa stress berkepanjangan dapat menimbulkan tingginya kadar hormon steroid kortisol sampai ke tahap kronis.

Kortisol memang baik bagi tubuh. Namun, ketika hormon kortisol sangat tinggi, maka efeknya akan menurunkan sistem imun sehingga imun tidak akan bekerja dengan baik. Dengan begitu, baik bakteri maupun virus akan mudah menyerang sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu, mari kurangi stress dengan bermeditasi ataupun melakukan mindfulness, agar sistem imun kembali kuat.

Tidur yang Cukup

Fakta yang dikutip melalui webmd menunjukan bahwa tidur yang kurang akan menyebabkan tubuh rentan terserang penyakit, khususnya flu/pilek.

Healthline juga turut menyampaikan penelitian mengenai kasus 164 orang dewasa yang sehat dan tidur kurang dari 6 jam sehari akan lebih mudah terserang flu dibanding orang dewasa sehat yang tidur lebih dari 6 jam sehari.

Hal ini menunjukan bahwa jika Moms kurang tidur, maka Moms akan mudah terserang penyakit.

Meski Moms harus mengurus anak ataupun pekerjaan, namun setidaknya sediakan waktu yang cukup untuk tidur.

Suplemen Penambah Imun Tubuh

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan, maka jangan lupakan hal yang satu ini.

Kamu bisa mengonsumsi suplemen penambah daya imun tubuh sebagai bentuk pencegahan terhadap berbagai macam penyakit.

Dengan mengonsumsi suplemen, maka kebutuhan dasar tubuhmu akan vitamin & mineral yang belum terpenuhi dalam makanan, bisa tercukupi.

Berjemur

Sinar matahari sangat baik untuk tubuh. Berjemur di pagi hari antara pukul 07.00-10.00 adalah waktu terbaik bagi tubuh untuk mendapatkan sinar yang cukup.

Sinar matahari juga berguna karena dapat menghasilkan vitamin D yang tentunya menyehatkan tulang.

Dalam kesehatan mental, sinar matahari juga berguna untuk mengurangi rasa kecemasan, stress, hingga depresi.

Perlu diketahui, kita tidak bisa memprediksi sampai kapan Pandemi Covid-19 ini akan berlangsung. Untuk itu mari mencegah berbagai macam penyakit dengan cara menjaga imunitas tubuh. Cara-caranya pun tidak sulit, bukan?

Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Selanjutnya: Simak, Kiat Memilih Sayur dan Buah yang Masih Segar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News