HOME, Keluarga

5 Rekomendasi Ikan Laut dengan Kandungan Gizi yang Paling Tinggi

5 Rekomendasi Ikan Laut dengan Kandungan Gizi yang Paling Tinggi

MOMSMONEY.ID - Ikan merupakan makanan yang disukai oleh hampir seluruh orang di dunia. Ada 2 jenis ikan yang bisa dikelompokkan, yakni ikan laut dan ikan tawar. Namun yang akan MomsMoney bahas kali ini adalah ikan laut yang kandungan gizinya paling tinggi.

Ikan laut dikenal kaya akan Omega-3. Kandungan Omega-3 ini bermanfaat untuk perkembangan otak anak, kesehatan jantung bagi para orang tua, serta untuk kekebalan tubuh.

Sekarang Moms penasaran kan ikan laut mana sajakah yang mengandung gizi, protein, serta Omega-3 yang paling tinggi? Simak rekomendasi dari MomsMoney berikut ini, yuk!

Merangkum dari Very Well Fit, Healthline, dan Fish for Thought, berikut 5 rekomendasi ikan laut dengan kandungan gizi paling tinggi!

Baca Juga: Resep Manisnya Waffle Ice Cream Saus Coklat

Berbagai jenis ikan

Baca Juga: Trik Hidangkan Makanan Agar Menarik Secara Visual Seperti di Restoran

Ikan Sarden

Ikan sarden merupakan jenis oily fish atau ikan yang memiliki daging yang mengandung minyak. Jenis ikan ini biasanya mengandung gizi serta protein yang sangat tinggi.

Ikan sarden cukup mudah ditemukan sebagai makanan kalengan.

Tidak perlu khawatir, ikan sarden kalengan tetap mengandung gizi & vitamin yang tak berkurang sedikitpun. Sebab dalam kemasan kalengannya, ikan sarden masih utuh bersama tulangnya yang rangu.

Ikan sarden ini memiliki kandungan protein sebesar 19,8 gram per 100 gramnya. Sarden juga termasuk ke dalam tiga teratas sebagai sumber omega-3.

Per 100 gramnya, sarden mengandung 2.660 mg Omega-3, loh!

Baca Juga: 3 Metode Masak Makanan Pedas Ala Meksiko yang Bikin Rasa Cabai Semakin Pedas

Ikan Cod

Ikan Cod merupakan ikan dengan kandungan gizi serta Omega-3 yang cukup tinggi, yakni sebesar 342 mg per 100 gram ikan.

Selain itu, ikan cod juga nyatanya merupakan penghasil sumber gizi lainnya seperti fosfor, niasin, dan vitamin B12 yang berfungsi sebagai pembentukan sel & jaringan dalam tubuh.

Sayangnya, karena ikan cod bukan berasal dari Indonesia, maka cukup sulit untuk mendapatkannya kecuali di impor. Namun ikan cod ini umumnya memang dikonsumsi dalam bentuk suplemen minyak hati ikan cod yang sangat tinggi protein.

Baca Juga: Resep Tumis Cumi Hot Plate dengan 3 Bumbu Saus yang Gurih dan Sedap

Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan gizi yang juga sangat tinggi nih, Moms! Berat proteinnya mencapai 20,4 gram per 100 gram salmon.

Salmon juga menghasilkan omega-3 sebanyak 2.380 gram per 100 gram fillet ikan salmon. Kandungan gizi lainnya pun tak kalah hebat ternyata! Ikan salmon juga mengandung vitamin A, vitamin D, serta kalsium yang tinggi.

Ikan Makarel

Ikan makarel merupakan jenis ikan laut yang tinggi protein serta kandungan Omega-3.

Menurut data USDA, ikan makarel ini mengandung beberapa vitamin dan gizi seperti magnesium, zat besi, kalsium, vitamin B6, B12, C, dan D.

Dengan tingginya kandungan ikan makarel, penelitian membuktikan bahwa makarel mampu membantu para orang tua dan lansia dalam memperlambat terjadinya Alzheimer pada kasus Alzheimer ringan.

Baca Juga: 3 Cara Alami Hilangkan Karat yang Menempel pada Pisau Dapurmu

Udang

udang

Baca Juga: Jenis 4 Pisau Ini Paling Baik untuk Mengolah Buah dan Sayur

Kali ini bukan ikan melainkan udang. Udang mengandung begitu tinggi protein. Tapi Moms jangan salah ya, udang yang dimaksud adalah udang yang berukuran besar, yakni Prawn, bukan Shrimp.

Udang merupakan sumber vitamin dan Omega-3 yang tinggi. Proteinnya mencapai 17,6 gram per 100 gramnya. Udang juga bagus untuk kesehatan jantung karena kandungan Omega-3nya yang tinggi.

Selanjutnya: Resep Bruschetta Tuna, Kudapan Mungil yang Lezat Asal Italia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News