Santai

Selamat Argentina Menang! Ini Daftar Lengkap Pemenang Piala Dunia Sepanjang Masa

Selamat Argentina Menang! Ini Daftar Lengkap Pemenang Piala Dunia Sepanjang Masa

MOMSMONEY.ID - Mau tahu daftar pemenang Piala Dunia sepanjang masa? Inilah daftar lengkap pemenang Piala Dunia dari tahun ke tahun.

Piala Dunia terselenggara sejak 1930 dan berlangsung 4 tahun sekali, yang diikuti oleh negara-negara tergabung di Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Final Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar, Minggu (18/12) berakhir dengan kemenangan Argentina atas Perancis lewat adu penalti dengan skor 4-2. 

Tak hanya Argentina, ada juga negara-negara lain yang tercatat sebagai pemenang Piala Dunia. Berikut daftar lengkapnya:

Baca Juga: Simak 3 Film Terbaru Netflix Tayang Minggu Ini, Ada Knives Out 2

Uruguay (1930)

Pada Piala Dunia pertama, Uruguay berhasil menjadi pemenang atas Argentina dengan skor 4-2. Uruguay juga berhasil menjadi pemenang di kandang sendiri saat Piala Dunia pertama digelar di Uruguay.

Argentina pun harus puas dengan menduduki peringkat runner up.

Italia (1934)

Pemenang Piala Dunia kedua di tahun 1934 adalah Italia. Di posisi runner up ada Republik Ceko yang kalah dengan skor tipis 2-1.

Meazza berhasil mendapatkan gelar sebagai pemain terbaik dalam pertandingan saat itu yang berlangsung di Italia.

Italia (1938)

Empat tahun kemudian, Italia juga berhasil menjadi pemenang Piala Dunia yang berlangsung di Perancis. Kali ini, Italia berhasil mengalahkan Hungaria, dengan skor akhir 4-2.

Leonidas juga didapuk menjadi top scorer dan pemain terbaik dalam Piala Dunia yang berlangsung di tahun 1938 ini.

Baca Juga: 4 Serial Terbaru Netflix Minggu Ini, dari Alice in Borderland hinga Emily in Paris

Uruguay (1950)

Uruguay akhirnya kembali menjadi juara pertama setelah mengalahkan Brasil dengan skor tipis 2-1. Brazil pun yang saat itu menjadi tuan rumah harus puas dengan posisi runner up.

Jerman Barat (1954)

Saat masih terbagi menjadi Jerman Barat dan Timur, Jerman Barat berhasil menjadi pemenang dalam gelaran Piala Dunia di tahun 1954. Saat itu Jerman Barat harus menghadapi tim Hungaria dengan skor kemenangan tipis yaitu 3-2.

Brasil (1958)

Brasil akhirnya berhasil mendapatkan kemenangan pertamanya dalam gelaran Piala Dunia di taun 1958. Menjadi tuan rumah, tak membuat tim Swedia berhasil lolos menjadi juara pertama.

Brasil yang saat itu diperkuat oleh Pele berhasil menjadi juara Piala Dunia atas Swedia dengan skor akhir 5-2.

Baca Juga: Bruno Fernandes, Harry Kane & Griezmann Jadi Pemberi Asist Terbanyak

Brasil (1962)

Kembali menjadi juara pertama setelah empat tahun sebelumnya, Brasil berhasil mengalahkan Republik Ceko dengan skor 3-1. Saat itu gelaran Piala Dunia ini berlangsung di Chili dan membawa Garrincha sebagai pemain terbaik di tahun 1962.

Inggris (1966)

Melaju ke final bersama dengan Jerman Barat, Inggris akhirnya memperoleh kemenangan pertamanya dengan skor akhir 4-2. Menariknya, tim The Three Lions berhasil memperoleh kemenangan saat menjadi tuan rumah Piala Dunia di Inggris tahun 1966.

Brasil (1970)

Meksiko yang saat itu menjadi tuan rumah menjadi saksi atas kemenangan Brasil kembali. Kali ini, Brasil berhasil mengalahkan Italia dengan skor final 4-1 yang membuat Brasil memperoleh kemenangan ketiganya dalam gelaran Piala Dunia.

Jerman Barat (1974)

Melawan Belanda, Jerman Barat kembali memperoleh kemenangan dengan skor 2-1. Dengan itu membuat Jerman Barat kembali mendapatkan kemenangan keduanya dalam gelaran Piala Dunia.

Baca Juga: Hasil Perebutan Juara 3 Piala Dunia 2022 Tadi Malam, Begini Kemenangan Kroasia

Argentina (1978)

Argentina berhasil mendapatkan kemenangan pertamanya di tahun 1978. Argentina melaju ke final dengan melawan tim Oranye, Belanda. Skor akhir dari pertandingan ini yaitu 3-1 membuat Belanda harus kalah telak dari Argentina.

Italia (1982)

Digelar di Spanyol, gelaran Piala Dunia tahun 1982 ini berhasil dimenangkan kembali oleh tim Gli Azzurri alias Italia. Pertandingan final antara Jerman Barat dan Italia dimenangkan Italia dengan skor akhir 3-1.

Paolo Rossi berhasil mendapatkan gelar top scorer sekaligus pemain terbaik dalam gelaran Piala Dunia 1982.

Argentina (1986)

Kemenangan kedua Argentina juga membawa Diego Maradona sebagai pemain terbaik dalam gelaran Piala Dunia 1986 di Meksiko. Dalam kompetisi ini Jerman Barat harus puas dengan posisi runner up setelah kalah 3-2 dari Argentina.

Jerman Barat (1990)

Jerman Barat membalas kekalahan dari Piala Dunia 1986 setelah menang atas Argentina dengan skor 1-0. Walaupun diperkuat oleh Diego Maradona tak membuat Argentina berhasil mencetak satu gol pun.

Baca Juga: Berhasil Balas Kekalahan, Argentina Pernah Kalah 0-3 Saat Kroasia vs Argentina

Brasil (1994)

Setelah lama tak melaju hingga final, akhirnya di tahun 1994, Brasil berhasil menjadi pemenang Piala Dunia. Setelah imbang dengan skor 0-0, Brasil akhirnya menundukkan Italia dalam adu penalti dengan skor 3-2.

Prancis (1998)

Di tahun 1998, Zinadine Zidane dan tim berhasil membawa Prancis menuju kemenangan Piala Dunia. Prancis berhasil mengalahkan Brasil dengan skor 3-0. Ronaldo juga berhasil menyabet gelar pemain terbaik dalam kompetisi ini.

Brasil (2002)

Kiprah Brasil dalam kompetisi Piala Dunia memang tak perlu diragukan lagi. Walaupun diperkuat dengan banyak pemain handal, di tahun 2002, Brasil kembali melaju ke final dan mengalahkan Jerman dengan skor 2-0.

Kemenangan Brasil juga diikuti dengan kemenangan Ronaldo sebagai top scorer dalam laga tersebut.

Italia (2006)

Di tahun 2006, Italia berhasil lolos ke final dan mengalahkan Perancis dengan skor akhir 5-3 melalui adu penalti. Dalam Piala Dunia yang berlangsung di Jerman ini, Zinadine Zidane bahkan berhasil mendapatkan gelar pemain terbaik.

Baca Juga: Hasil Final Piala Dunia 2022, Duel Mbappe-Messi, Argentina Menang Setelah 36 Tahun

Spanyol (2010)

Berlangsung di Afrika Selatan, Piala Dunia 2010 dimenangkan oleh tim Spanyol. Casillas dan kawan-kawannya bahkan berhasil mengalahkan Belanda dengan skor telak 1-0. Diego Forlan juga didapuk sebagai pemain terbaik dalam gelaran kompetisi Piala Dunia 2010.

Jerman (2014)

Melaju ke final bersama Argentina, Jerman berhasil menjadi pemenang Piala Dunia 2014. Walaupun Argentina diperkuat oleh Lionel Messi sebagai pemain terbaik, namun Jerman berhasil mengalahkan Argentina dengan skor akhir 1-0.

Perancis (2018)

Dilangsungkan di Kroasia, Piala Dunia 2018 berhasil membawa Perancis sebagai pemenang. Perancis yan diperkuat oleh Kylian Mbappe, Paul Pogba, dan Antoine Griezmann, berhasil melaju ke final melawan Kroasia.

Perancis berhasil membawa kemenangan dengan skor 4-2.

Argentina (2022)

Berlangsung di Qatar, final Piala Dunia di tahun 2022 berhasil dimenangkan oleh Argentina atas Perancis. Dengan skor akhir yakni 4-2 melalui babak adu penalti setelah imbang dengan skor 3-3.

Lionel Messi didapuk menjadi pemain terbaik, diikuti Kylian Mbappe sebagai top scorer, Emi Martinez sebagai kiper terbaik, dan Enzo Fernandez sebagai pemain muda terbaik.

Demikian adalah daftar pemenang Piala Dunia dari masa ke masa. Setelah 36 tahun, akhirnya Argentina kembali mengangkat trofi kemenangan FIFA World Cup. Selamat atas kemenangan Argentina!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News