Keluarga

Mudah Diterapkan, Ikuti 7 Tips Agar Anak Mau Makan Ikan Tanpa Banyak Menolak

Mudah Diterapkan, Ikuti 7 Tips Agar Anak Mau Makan Ikan Tanpa Banyak Menolak

MOMSMONEY.ID - Tak hanya sayuran, ikan juga jadi salah satu jenis makanan yang paling sering ditolak oleh sebagian anak yang suka pilih-pilih makanan. Tapi kini, Moms bisa mengikuti sederet tips agar anak mau makan ikan.

Ada berbagai alasan mengapa anak-anak kurang suka ikan, mulai dari baunya yang amis, hingga rasanya yang terbilang tak familiar di lidah anak-anak. Padahal, ikan punya kandungan gizi dan mineral yang baik untuk pertumbuhan anak, terutama otaknya.

Agar anak tak lagi menolak makan ikan, MomsMoney telah menyiapkan berbagai tips agar anak mau makan ikan. Melansir dari Elmamia, Yogya Online, dan the Nourished Child, berikut artikelnya.

Baca Juga: 6 Cara Bikin Sayuran Jadi Makanan yang Lezat Tanpa Rasa Pahit dan Hambar

Kenalkan nama-nama ikan lewat permainan

Tips agar anak mau makan ikan bisa dilakukan dengan memainkan game. Game tersebut berupa nama-nama ikan.

Kenalkan berbagai jenis ikan seperti salmon, udang, tuna, hingga jenis-jenis ikan air tawar. Kenalkan juga gambar, ciri-ciri, dan manfaat makan ikan.

Ini adalah tahap awal bagaimana anak mengenal berbagai jenis ikan agar lebih mudah mau makan ikan.

Baca Juga: Jangan Simpan di Pintu Kulkas, Ini Cara Tepat Simpan Susu Agar Tak Cepat Basi

Sajikan secara konsisten

Jika Anak menolak makan ikan, tips pertama yang wajib dilakukan Moms agar akan mau makan ikan adalah dengan menyajikannya terus menerus.

Sajikan ikan setiap minggunya dan biarkan anak familiar dengan bau dan rasa dari hidangan ikan. Orang tua juga perlu mencontohkan anak memakan ikan hingga timbul rasa penasaran. Setelah itu, barulah anak biasanya mau memakan ikan.

Baca Juga: Tips Efektif Hilangkan Ulat Brokoli Agar Tidak Termakan Saat Dimasak

Pilih jenis ikan yang tepat

Tips Agar Anak Mau Makan Ikan

Agar anak mau makan ikan, ketahuilah jenis ikan apakah yang lebih disukai oleh anak.

Beberapa jenis ikan punya rasa yang berbeda-beda. Misalnya, ikan salmon, teri, dan sarden punya rasa yang lebih kuat dan khas. Sementara jenis ikan putih seperti ikan todak, tilapia, dan haddock punya rasa yang lebih netral. Coba juga sajikan berbagai jenis ikan air tawar.

Sajikan berbagai jenis ikan dengan rasa berbeda-beda agar anak tahu dan dapat memilih jenis ikan kesukaannya. Akan lebih baik jika anak menyukai semua jenis ikan tanpa pilih-pilih.

Baca Juga: Moms, Ikuti 5 Cara Menentukan Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak

Hindari sajikan ikan berduri

Tips agar anak mau makan ikan adalah dengan tidak menyajikan ikan yang masih ada duri di bagian dalam daging.

Anak-anak cenderung langsung memakan ikan tanpa memilah bagian duri. Ini berisiko tinggi membuat duri jadi tertelan. Jika duri tertelan, anak-anak bisa saja trauma hingga tak mau lagi memakannya.

Agar menghindari itu terjadi, usahakan Moms membuang semua bagian duri ikan sebelum menyajikannya kepada sang anak, ya.

Baca Juga: Kerap Berbau Tengik, Ikuti 6 Cara Cegah Nasi Basi dalam Rice Cooker

Hilangkan bau amis ikan

Bau amis pada ikan bisa sangat mengganggu. Oleh sebab itu, salah satu tips agar anak mau makan ikan haruslah dengan menghilangkan bau amisnya terlebih dahulu.

Sebelum memasaknya, pastikan ikan telah dicuci bersih, dikerat, dan dilumuri garam & perasan jeruk nipis. Moms juga bisa mengolahnya dengan berbagai bumbu rempah agar bau amis ikan dapat tertutup.

Baca Juga: Cumi Buatanmu Alot? Ini 4 Cara Masak Cumi Supaya Empuk dan Tak Susah Dikunyah

Olah jadi sajian yang menggugah selera

Ikan tak hanya bisa digoreng saja. Ikan juga dapat dibakar jadi hidangan ikan bakar kecap, diambil dagingnya untuk dijadikan nugget, hingga jadi steak ikan yang super lembut.

Agar anak mau makan ikan, jangan lupa menyajikannya di atas piring berwarna-warni, atau bisa juga dengan mengolahnya menjadi sajian bento dengan bentuk lucu-lucu.

Baca Juga: Anti Gagal, Ikuti 6 Tips Masak Wagyu Agar Enak Seperti Buatan Koki

Beri contoh teladan

Jika Moms ingin anak jadi suka makan ikan, Moms juga perlu menjadi teladannya.

Salah satu tips terpenting agar anak mau makan ikan adalah dengan mencontohkannya. Setiap kali moms makan ikan, makanlah di depan anak Anda. Anak-anak biasanya cenderung penasaran dengan apa yang dimakan oleh orangtuanya.

Itulah sederet tips agar anak mau makan ikan. Jadi jika Moms punya anak yang sulit makan ikan, Moms bisa coba cara-cara di atas, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News