Keluarga

Anti Gagal, Ikuti 6 Tips Masak Wagyu Agar Enak Seperti Buatan Koki

Anti Gagal, Ikuti 6 Tips Masak Wagyu Agar Enak Seperti Buatan Koki

MOMSMONEY.ID - Tak perlu jauh-jauh ke restoran steak jika Anda ingin menikmati seporsi daging berkualitas. Cukup beli wagyu dan masak sendiri dengan mengikuti sederet tips masak wagyu berikut ini.

Daging wagyu bukanlah daging biasa. Jenis daging ini berkualitas baik sehingga harganya lebih mahal dan rasanya lebih kaya.

Daging wagyu memiliki marbling atau guratan-guratan putih pada hampir seluruh bagian dagingnya. Semakin banyak marbling, semakin baik pula kualitasnya.

Baca Juga: 4 Tips Bikin Ayam Ungkep Jadi Lebih Empuk dan Enak, Intip Yuk!

Marbling itu sendiri merupakan lapisan lemak yang akan meleleh ketika dipanaskan. Marbling hadir karena sapi diberi rumput berkualitas sehingga hasil dagingnya jadi empuk.

Nah, untuk bisa memasak wagyu sebaik para koki di restoran, cukup ikuti sederet tips masak wagyu berikut ini yang dilansir dari First light farm, Lone Mountain Wagyu, dan Imperial Wagyu Beef, berikut ini.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Saus BBQ yang Murah untuk Pesta Barbekyu di Malam Tahun Baru

Pilih bagian tertentu

Tips Masak Wagyu

Tips masak wagyu yang paling ampuh dimulai dari memilih potongan yang tepat. Percaya atau tidak, potongan tertentu pada wagyu dapat menentukan hampir 50% dari hasil masakan.

Pilihlah bagian wagyu yang sudah terjamin dagingnya seperti ribeye & filet mignon. Namun jika Anda memilih bagian lain seperti bagian chuck (sampil), flank (daging sancan), shank (daging sengkel), atau punuk pun tak masalah selama cara memasaknya tepat.

Namun, memang lebih disarankan untuk memilih bagian daging yang empuk seperti ribeye, tenderloin, dan sirloin.

Baca Juga: Anti Kolesterol, 5 Cara Memasak Daging Ini Bikin Masakanmu Jadi Lebih Sehat

Jangan masak saat masih beku

Cara masak wagyu yang tepat adalah dengan tidak memasaknya saat daging masih beku. Wagyu harus dicairkan terlebih dahulu ke suhu normal sebelum memasaknya. Wagyu yang dimasak saat masih beku membuat daging bagian luar cepat kering, namun bagian dalamnya masih sangat mentah.

Diamkan wagyu di suhu normal selama 30 menit. Jika ingin lebih cepat, coba rendam wagyu yang tersegel dalam plastik rapat di dalam air selama 10 menit.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau pada Daging Kambing Saat Memasak

Pilih bumbu yang tepat

Tips masak wagyu selanjutnya bisa dengan membumbui daging dengan bumbu yang tepat.

Daging sapi Wagyu dengan kualitas terbaik paling enak dibumbui hanya dengan sedikit garam dan merica di kedua sisinya. Tapi jangan ragu untuk menggunakan bumbu steak favorit Anda jika diinginkan.

Baca Juga: Pernah Beli Daging Keras? Simak 5 Cara Bikin Daging Alot Jadi Empuk

Bikin wagyu jadi renyah

Tips Masak Wagyu

Baca Juga: 5 Jenis Potongan Terenak Pada Daging Sapi, Sudah Pernah Coba?

Ada tips masak wagyu jadi renyah dan krispi. Pertama-tama, pastikan wagyu memiliki tebal 2,5 cm. Ketebalan ini memastikan daging wagyu tetap juicy dan tak garing luar dalam.

Selanjutnya, panasi wajan dengan api besar. Olesi wajan dengan sedikit potongan wagyu hingga lemaknya keluar. Saat memasukkan wagyu utuh ke wajan, pastikan keluar bunyi mendesis sebagai tanda bahwa wajan telah panas.

Mulai masak wagyu utuh selama 6-7 menit di masing-masing sisinya untuk hasil kematangan medium. Sebagai informasi, tingkat kematangan medium dianggap lebih lezat daripada well done.

Jangan lupa bahwa garam dan minyak alami wagyu juga membantu wagyu jadi renyah dan lezat. Jadi, pastikan untuk membumbuinya dengan tepat!

Baca Juga: 4 Tips Pintar Bikin Daging Empuk dan Juicy dengan Metode Brining Daging

Bungkus dengan alumunium foil

Sebelum wagyu benar-benar matang (tingkat kematangan sesuai yang Anda inginkan) di dalam wajan, segera angkat wagyu dan bungkus dengan alumunium foil.

Diamkan wagyu yang tengah dibungkus foil selama 5 menit (untuk steak wagyu di atas teflon) & 15 menit (untuk wagyu panggang).

Membungkus wagyu dalam alumunium foil bertujuan agar sari-sari wagyu tak hilang sehingga wagyu tetap juicy dan super empuk.

Cara masak wagyu yang satu ini merupakan rahasia para chef ketika memasak daging dengan hasil yang super empuk.

Baca Juga: 4 Tips Aman Menyimpan Daging Sapi di Dalam Kulkas Agar Tetap Awet Dalam Jangka Lama

Simpan wagyu

Jika Anda masih memiliki wagyu beku, masukkan segera ke dalam freezer. Semakin sebentar waktu wagyu di luar freezer, semakin lama wagyu akan awet.

Jangan sering-sering membuka bungkusan daging wagyu jika Anda ingin wagyu awet hingga berbulan-bulan lamanya.

Tak perlu jauh-jauh ke restoran steak jika Anda ingin menikmati seporsi daging berkualitas. Cukup beli wagyu dan masak sendiri dengan mengikuti sederet tips masak wagyu di atas!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News