Keluarga

6 Cara Bikin Sayuran Jadi Makanan yang Lezat Tanpa Rasa Pahit dan Hambar

6 Cara Bikin Sayuran Jadi Makanan yang Lezat Tanpa Rasa Pahit dan Hambar

MOMSMONEY.ID - Banyak orang terutama anak-anak yang tak suka sayuran. Sebab, sayur punya rasa yang hambar dan sedikit pahit. Tapi, kini sayuran bisa jadi makanan yang lezat, lo.

MomsMoney merangkum beberapa tips penting yang bikin sayuran jadi masakan yang super lezat. Cara-cara ini bisa Anda terapkan terutama jika Anda memiliki anak yang susah makan sayur.

Merangkum dari laman One Green Planet dan Country Living, berikut 6 tips bikin sayuran jadi masakan yang lezat dan anti hambar, selengkapnya:

Baca Juga: Tips Efektif Hilangkan Ulat Brokoli Agar Tidak Termakan Saat Dimasak

Hilangkan rasa pahit sayuran

SAYURAN

Tips bikin sayuran jadi mudah disukai adalah dengan menghilangkan rasa pahit yang biasa terkandung dalam sayuran. Cara ini bernama teknik blanching.

Blanching adalah teknik memasak sayuran ke dalam air mendidih selama 2-3 menit, lalu angkat dan rendam sayuran tadi ke dalam air es untuk menghentikan proses memasak.

Proses blanching dapat menghilangkan rasa pahit, menjaga kesegaran, serta mempertahankan warna dan tekstur dari sayuran. Ini adalah cara terbaik menjaga sayuran yang telah matang agar tetap renyah, tak lembek, dan rasanya lezat.

Beli sayuran sesuai musim

Hal yang paling penting dilakukan adalah membeli sayuran yang tepat sesuai musimnya. Ini akan membantu anda lebih mudah menemukan sayuran yang segar, lebih enak, lebih bergizi, dan beraroma.

Sayuran yang dibeli sesuai musimnya juga rata-rata punya ukuran yang lebih besar namun dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga: Sulit Dimakan Karena Rasanya Pahit, Ini 5 Cara Bikin Pare Jadi Tidak Pahit

Bungkus semua sayuran dalam satu gigitan

Agar makan sayur jadi terasa lezat, Anda bisa mencoba menyatukan aneka jenis sayuran ke dalam 1 sendok sekaligus.

Cara ini sebenarnya mirip dengan cara makan orang Korea yang terbiasa membungkus daging sapi bersama daun perilla, potongan wortel, potongan timun, dan lobak dalam satu kali gigitan penuh.

Cobalah tiru cara makan ini. Menyatukan banyak jenis sayuran dalam 1 gigitan malah akan membuat rasa sayuran jadi semakin lezat.

Tambahkan bumbu aromatik

Tak lagi hambar, kini sayuran bisa diolah jadi berbagai macam makanan lezat yang mudah disukai. Caranya mudah, hanya dengan menambahkan bumbu rempah yang aromatik ke dalam masakan sayuranmu.

Anda bisa menambahkan bawang merah, bawang putih, daun mint, paprika, bubuk cabai, perasan lemon, ataupun parutan jahe agar rasa sayuran jadi lezat dan tak hambar.

Baca Juga: Lengkuas dan Jahe: Persamaan, Perbedaan, Serta Bahan Pengganti sebagai Bumbu Masakan

Buat saus sendiri

Stick Wortel Krispi

Salah satu cara menikmati sayuran adalah dengan membuat aneka jenis saus sebagai cocolan.

Anda bisa membuat stik wortel dari wortel rebus yang dipotong-potong memanjang dengan celupan saus keju dan saus lemon madu agar lebih enak dimakan.

Anda juga bisa membuat keripik bayam dengan menambahkan saus asam manis agar rasa sayuran ini lebih dapat dinikmati semua kalangan.

Baca Juga: 4 Kunci Utama Perbedaan Lada Hitam dan Lada Putih Sebagai Bumbu Masakan

Masak dengan berbagai cara

Agar dapat menyajikan sayuran dengan rasa lezat dan tak hambar, Anda bisa mencoba memasak sayuran dengan berbagai cara.

Cobalah memasak 1 jenis sayuran dengan beragam teknik memasak, mulai dari merebus, menumis, memanggang, mengukus, hingga menggoreng menggunakan air fryer.

Dengan cara ini, Anda bisa menyajikan aneka ragam masakan sayuran dengan rasa yang berbeda-beda meski asalnya dari 1 jenis sayuran yang sama. Ini akan membuat pengalaman makan sayuranmu jadi berharga.

Itulah sederet cara bikin sayuran jadi makanan yang disukai banyak orang, terutama anak-anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News