Keluarga

Kerap Berbau Tengik, Ikuti 6 Cara Cegah Nasi Basi dalam Rice Cooker

Kerap Berbau Tengik, Ikuti 6 Cara Cegah Nasi Basi dalam Rice Cooker

MOMSMONEY.ID - Nasi yang Anda buat dalam rice cooker sering kali basi walau baru beberapa jam matang? Untuk bisa menghindarinya, ada cara cegah nasi basi dalam rice cooker.

Nah, simak sederet cara cegah nasi basi dalam rice cooker yang dilansir dari Primarasa, selengkapnya:

Cuci hingga bersih

Mencuci beras adalah kegiatan rutinitas yang biasa dilakukan sebelum memasak nasi. Namun terkadang, beras yang dicuci belum benar-benar bersih.

Salah satu cara cegah nasi basi dalam rice cooker bisa dilakukan dengan mencuci beras hingga airnya jernih. Air jernih menandakan bahwa semua kotoran dan bakteri pada beras telah terbuang.

Cara ini cukup efektif untuk membuat nasi tetap awet sekaligus cegah nasi cepat basi.

Baca Juga: Rice Cookermu Rusak? Simak 4 Cara Agar Rice Cooker Awet dan Tahan Lama

Cek panci rice cooker

Salah satu penyebab nasi basi dalam rice cooker adalah karena panci rice cooker yang digunakan tak cukup tebal.

Padahal, ketebalan panci rice cooker memengaruhi nasi yang dihasilkan, karena panci yang tebal dapat mendistribusikan panas yang baik sehingga nasi matang merata.

Nah, salah satu cara cegah nasi basi dalam rice cooker adalah dengan memilih panci rice cooker yang tebal sehingga nasi akan matang merata dan panasnya menyebar ke seluruh bagian dengan baik.

Baca Juga: Resep Ikan Bakar Kecap Sambal Manokwari, Sajian Super Sedap yang Sulit Ditolak

Cek kualitas rice cooker

Siapa bilang semua rice cooker sama? Ternyata, kualitas rice cooker juga dapat memengaruhi hasil nasi yang disajikan, apakah awet ataukah nasi cepat basi.

Cara cegah nasi basi dalam rice cooker bisa dimulai dengan mengecek keseluruhan fungsi rice cooker itu sendiri.

Cek apakah ada bagian-bagian rice cooker yang sudah tak berfungsi dengan baik, seperti tombol cook & warm tidak bekerja, tutup rice cooker yang tak rapat, hingga tegangan listrik yang kurang stabil.

Kualitas rice cooker akan berpengaruh pada hasil nasi. Nasi bisa jadi tetap awet, pulen, dan wangi, atau malah jadi nasi basi karena kualitas rice cooker yang buruk.

Baca Juga: Ini 5 Langkah Tepat Awetkan Daging di dalam Kulkas

Hindari membuka rice cooker saat dimasak

Salah satu cara cegah nasi basi adalah dengan menghindari membuka rice cooker ketika nasi tengah dimasak dan belum benar-benar matang.

Apabila tutup rice cooker dibuka, maka uap air akan keluar sehingga panas dalam nasi tak akan stabil. Ini menyebabkan nasi tidak matang secara merata dan akan mempermudah nasi cepat basi.

Mengaduk nasi

Cegah nasi basi dalam rice cooker bisa dilakukan dengan mengaduknya segera setelah tombol cook berhenti menyala. Coba buka tutup rice cooker dan aduk agar semua uap keluar.

Jika nasi tak segera dibuka, maka uap nasi yang baru matang akan terperangkap dalam rice cooker. Hal ini membuat nasi jadi lebih basah sehingga tekstur nasi jadi terlalu lunak sehingga nasi cepat basi.

Baca Juga: 7 Tips Mengatur Freezer Agar Makanan Rapi dan Tak Ada Gumpalan Es

Jaga kebersihan rice cooker

Cara cegah nasi basi dalam rice cooker tentu bisa dilakukan dengan selalu menjaga kebersihannya. Mulai dari panci, bagian dalam rice cooker, bagian luarnya, hingga penutup rice cooker wajib sering dibersihkan.

Khusus untuk panci, agar lapisan anti lengketnya tak mengelupas, rendamlah panci rice cooker dalam air hangat agar nasi yang menempel akan mengelupas dengan sendirinya tanpa perlu digosokkan.

Rice Cooker

Baca Juga: 6 Langkah Bersihkan Dispenser Sendiri Agar Terhindar dari Bakteri

Untuk bagian dalam rice cooker, cukup lepaskan kabel listrik, tunggu hingga dingin, lalu bersihkan dengan lap basah. Setelah itu keringkan kembali. Untuk bagian luarnya bisa dengan membilas menggunakan tisu basah.

Pada bagian penutupnya, terdapat kantung uap air. Kantung ini wajib dibuang setiap hari karena bekas menampung uap dari nasi panas. Jika tak dibersihkan rutin, air pada kantung uap air ini akan menimbulkan bau busuk yang tak sedap sehingga membuat nasi cepat basi.

Itu dia sederet cara cegah nasi basi dalam rice cooker yang bisa Anda tiru. Jadi, jika Anda telah menemukan tanda-tanda nasi basi, segera cek seluruh elemen rice cooker dan evaluasi kebersihannya, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News