Keluarga

Meriah dan Penuh Makna, Intip 8 Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia

Meriah dan Penuh Makna, Intip 8 Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia

MOMSMONEY.ID - Tradisi perayaan Imlek di seluruh dunia selalu disambut dengan meriah dan megah. Pasalnya, tradisi Imlek sudah menjadi salah satu tradisi tertua di dunia.

Untuk tahu apa saja kemeriahan tradisi Perayaan Imlek di seluruh dunia, MomsMoney merangkumnya dari laman The Guardian, Time Out, dan Travel China Guide. Berikut selengkapnya:

Indonesia

Di Indonesia, tradisi perayaan Imlek dirayakan dengan menonton pertunjukan Barongsai & Liong (tarian naga) yang biasa hadir di berbagai vihara serta mal-mal besar.

Pertunjukan Barongsai biasanya hadir di kota-kota tertentu di Indonesia, seperti di Jakarta, Bandung, Singkawang, Solo, dan Semarang.

Pada saat menonton pertunjukkan barongsai, biasanya banyak anak-anak yang memberikan angpau merah kepada barongsai yang sedang menari-nari.

Baca Juga: 6 Tradisi dan Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Perayaan Imlek Tiba

Singapura

Tradisi perayaan imlek di Singapura menyelenggarakan festival jalanan bernama Chingay.

Chingay yang artinya seni kostum dan topeng merupakan parade jalan besar-besaran yang dilengkapi dengan kendaraan hias, kostum warna-warni, berbagai alat peraga yang unik, lampu-lampu hias yang menyala, serta berbagai pertunjukkan kembang api yang dimainkan di jalanan.

Hong Kong

Tradisi perayaan imlek di Hong Kong biasa disambut meriah dengan merayakan Festival Musim Semi. Pada festival ini, tersedia libur kerja selama 3-5 hari

Ada pula perayaan Malam Tahun Baru Imlek yang biasa disambut oleh seluruh anggota keluarga dengan nongkrong di pasar membeli bunga daffodil.

Pada esok harinya, barulah para manula menghadiri Pekan Raya Kuil untuk berdoa meminta kemakmuran dan kesehatan. Sementara anak muda saling memberikan angpau merah.

Pada hari kedua dan ketiga perayaan Imlek, barulah Hong Kong menghadirkan festival kembang api yang meriah.

Baca Juga: Sambut Imlek 2023, Intip 5 Fungsi Rasa dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok

China

Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia (Di China): Festival Lentera

China menghadirkan Festival Lentera Yuyuan sebagai tradisi perayaan Imlek yang digelar setiap tahun di Shanghai. Jangan salah, pertunjukan ini masuk ke dalam kelas dunia, lo.

Ada berbagai jenis, warna, bentuk, hingga ukuran lentera yang ada di festival ini. kebanyakan, lentera berbentuk ikan (melambangkan kemakmuran dan kekayaan), naga (keberuntungan), dan kelinci (shio tahun ini)

Baca Juga: 5 Makanan Pembawa Keberuntungan Saat Tahun Baru Imlek

Malaysia

Menjelang tradisi Perayaan Imlek, Malaysia menyuguhkan berbagai hiasan menarik seperti lentera merah, bunga sakura, dan jeruk mandarin yang memenuhi sepanjang ibu kota Kuala Lumpur.

Pada tradisi perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa di Malaysia juga mengikuti kompetisi kaligrafi China yang berkala hadir setiap tahun. Tak lupa, mereka juga membeli buah nanas sebagai item festival yang paling popular karena dipercaya membawa keberuntungan.

Vietnam

Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia (Di Vietnam)

Baca Juga: 4 Jenis Bra Ternyaman untuk Ibu Menyusui, Wajib Anda Miliki di Lemari!

Tradisi perayaan Imlek di Vietnam disebut juga Tet. Seiring berjalannya waktu, tradisi ini berkembang menjadi hari libur Nasional bagi seluruh warganya, sehingga banyak orang yang pulang kampung pada waktu-waktu tersebut.

Orang Vietnam memiliki tradisi khusus bernama Xong Tet. Tradisi ini mengacu pada nasib baik atau buruk yang dibawa oleh tamu pertama yang mengunjungi rumah.

Dipercaya, kepribadian dan kondisi kehidupan tamu pertama meramalkan keberuntungan tuan rumah di tahun mendatang. Jadi biasanya sebelum Tet, orang akan mengundang orang yang jujur, sopan atau kaya untuk datang berkunjung ke rumahnya.

Baca Juga: Ada Raja Ampat, Ini 6 Destinasi Wisata Terbaik 2023, Nyaman untuk Bersantai

Los Angeles

Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia

Hampir sama seperti di Indonesia, di Los Angeles, tradisi perayaan Imlek disambut dengan Golden Dragon Parade yang bersejarah.

Ada berbagai macam pakaian, kendaraan hias, hingga marching band yang dilakukan selama parade berjalan dari LA ke North Broadway. Golden Dragon Parade ini telah berusia lebih dari 100 tahun, bahkan usianya lebih tua dibanding Hollywood.

Baca Juga: Anti Drama, Ini 6 Cara Putus dengan Pacar Secara Baik-baik

Manchaster, Inggris

Ada sebuah tradisi perayaan Imlek yang disambut besar-besaran oleh salah satu komunitas Tionghoa terbesar dan tertua di Inggis. Tradisi ini berparada dari pusat kota hingga ke jalan-jalan kota menuju Chinatown.

Tahun 2021 lalu, parade ini dimeriahkan di Lapangan St. Ann dengan menghadirkan patung naga emas setinggi 50 kaki. Sementara di jalanan, orang-orang Manchaster dapat melihat tarian Singa (Barongsai), opera khas Tionghoa, boneka Buddha raksasa, hingga parade Pramuka Tionghoa.

Itulah 8 tradisi perayaan imlek di seluruh dunia yang hadir dengan perayaan megah dan meriah. Ada yang tertarik menonton festival-festival tersebut?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News