Keluarga

Sambut Imlek 2023, Intip 5 Fungsi Rasa dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok

Sambut Imlek 2023, Intip 5 Fungsi Rasa dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok

MOMSMONEY.ID - Tahukah Anda bahwa setiap rasa dalam makanan ternyata memiliki fungsinya tersendiri dalam pengobatan tradisional Tiongkok?

Pengobatan tradisional Tiongkok percaya bahwa ada lima rasa makanan (manis, asin, asam, dsb.) yang berhubungan dengan kesehatan organ tubuh.

Untuk tahu apa sajakah 5 fungsi rasa dalam pengobatan tradisional tiongkok, berikut Momsmoney hadirkan artikelnya yang dirangkum dari laman Dumpling Connection dan China Highlights, selengkapnya.

Baca Juga: 7 Tips Masak Chinese Food Ala Koki Agar Permudah Proses Memasak

Pedas

Resep Ayam Sechuan ala Masakan Tionghoa

Baca Juga: Masak Sahur 10 Menit, Intip Resep Tahu Mapo si Chinese Food Pedas yang Halal

Rasa pedas dalam masakan Cina ditafsirkan sebagai elemen/unsur logam. Elemen ini berkaitan erat dengan paru-paru, usus besar, hidung, dan kulit.

Masakan Cina dengan rasa pedas memiliki beberapa fungsi yang baik bagi organ tubuh, di antaranya:

  • Mengusir angin yang masuk ke dalam tubuh
  • Meningkatkan suhu tubuh saat kedinginan
  • Memperlancar sirkulasi darah

Beberapa contoh makanan yang memiliki rasa pedas dan biasa hadir pada masakan Cina seperti jahe, cabai, hingga bawang-bawangan.

Masakan Cina yang bercita rasa pedas rata-rata berasal dari daerah Sichuan dan Hunan.

Baca Juga: Resep Mala Hot Pot Berkuah Pedas Ala Sichuan, Cocok Disantap Saat Musim Hujan

Asin

Pengobatan tradisional Tiongkok percaya bahwa rasa asin dalam masakan Cina disebut sebagai elemen air yang terhubung dengan ginjal, kandung kemih, telinga, hingga tulang.

Rasa asin dalam kepercayaan Cina dipercaya dapat memperlancar seluruh aliran tubuh dari mulai darah, hingga pencernaan yang tak lancar. Contoh makanan bercita rasa asin seperti acar, rumput laut, hingga barley.

Manis

Fungsi rasa manis dalam pengobatan tradisional Tiongkok dipercaya dapat menyegarkan tubuh. Ini disebabkan karena rasa manis tergolong ke dalam elemen tanah yang mempengaruhi kesehatan limpa, perut, mulut, dan otot.

Baca Juga: 2 Resep Ayam Sechuan ala Masakan Tionghoa yang Hangatkan Tubuh di Kala Cuaca Dingin

Asam

Ayam Kuluyuk asam manis

Fungsi rasa asam dalam pengobatan tradisional Tiongkok adalah sebagai penenang bagi tubuh.

Rasa asam itu sendiri digolongkan ke dalam elemen kayu. Dipercaya, rasa asam memiliki pengaruh erat terhadap kesehatan organ hati, kandung empedu, mata, dan tendon.

Pahit

Kurang menyukai makanan pahit? Jangan salah, dalam pengobatan tradisional Tiongkok, makanan pahit juga memiliki fungsinya tersendiri, loh.

Baca Juga: Resep Udang Cabai Garam Gurih Pedas Ala Masakan Tionghoa

Fungsi rasa pahit dalam pengobatan tradisional Tiongkok adalah untuk menghilangkan rasa panas.

Rasa pahit itu sendiri tergolong ke dalam elemen api yang mempengaruhi kesehatan organ jantung, usus kecil, lidah, pembuluh darah.

Itulah 5 fungsi rasa dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Kini Anda bisa jaga kesehatan tubuh dengan menyeimbangkan aneka rasa makanan & elemen di dalamnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News