Keluarga

7 Tips Masak Chinese Food Ala Koki Agar Permudah Proses Memasak

7 Tips Masak Chinese Food Ala Koki Agar Permudah Proses Memasak

MOMSMONEY.ID - Moms senang memasak aneka hidangan Chinese Food di rumah? Momsmoney hadirkan aneka tips masak Chinese food ala koki agar permudah proses memasak.

Chinese Food dikenal dengan porsinya yang banyak. Untuk dapat memasak masakan Tionghoa dalam porsi yang sedikit, Moms bisa memasaknya sendiri di rumah.

Agar memasak Chinese food jadi lebih mudah, berikut ini MomsMoney telah hadirkan 7 tips permudah memasak Chinese Food di rumah.

Apa saja tips-tipsnya? Melansir dari Chinese Recipes for All dan Which, berikut selengkapnya!

Baca Juga: 6 Cara Mudah Mengentalkan Kuah dan Saus yang Terlalu Encer

Selalu persiapkan tepung jagung

Tips masak Chinese food ala koki yang berguna untuk Anda adalah dengan selalu mempersiapkan stok tepung jagung di rumah.

Tepung jagung merupakan salah satu bahan paling penting dalam masakan Tionghoa. Tepung jagung memastikan semua saus pada masakan Tionghoa jadi kental, mengkilap, dan lebih kaya akan rasa.

Masakan ditumis

Tumis Kentang Terong Paprika Saus Tiram

Tips masak Chinese food ala koki selanjutnya yakni dengan membiasakan makanan dimasak pada suhu yang sangat tinggi dalam waktu yang sebentar (ditumis). Untuk itu, pastikan masakan yang sedang Moms masak tidak gosong apalagi lengket pada wajan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Istilah Yakiniku dan Teriyaki Pada Makanan Jepang

Marinasi daging

Agar permudah proses memasak, tips masak Chinese food ala koki yang pertama adalah selalu memarinasi daging apapun jenisnya. Ini karena hampir rata-rata Chinese food memiliki bahan dasar daging, baik daging ayam ataupun sapi.

Daging, baik daging ikan maupun daging merah perlu dimarinasi menggunakan campuran kecap asin, minyak wijen, dan tepung jagung. Marinasi daging selama 15-20 menit sebelum dimasak agar daging dapat melunak dan bumbunya meresap.

Bahan kering menambah rasa

Tips masak Chinese food ala koki yakni selalu mengutamakan bahan-bahan kering sebagai kaldu penambah rasa.

Bahan-bahan kering ini seperti jamur, udang, kerang, hingga rempah-rempah kering. Bahan-bahan ini merupakan rasa alami yang super lezat untuk menghindari penggunaan MSG.

Baca Juga: 5 Teknik Dasar Memasak ala Prancis yang Bisa Moms Tiru di Rumah

Tambahkan gula

Chinese food terkenal akan masakannya yang rata-rata bercita rasa manis. Untuk itu, tips masak Chinese food ala koki adalah dengan selalu menambahkan gula untuk campuran bumbu tertentu.

Hampir seluruh masakan Tionghoa menggunakan kecap asin sebagai penyedap. Karena kecap asin merupakan bahan fermentasi yang punya rasa asam & asin yang alami, maka kecap asin cocok ditambah dengan gula pada rasio 1:8 gula dan kecap asin.

Persentasi ini akan membuat rasa umami pada Chinese food lebih menonjol.

Baca Juga: Sering Kita Konsumsi, 6 Makanan Ini Ternyata Bisa Sebabkan Racun untuk Tubuh

Pastikan semua bahan segar

Resep Ayam Sechuan ala Masakan Tionghoa

Dalam memasak Chinese food, semua bahan masakan haruslah segar dan baru, mulai dari sayuran, hingga daging-dagingan. Memakai bahan-bahan yang sudah tak segar membuat hasil masakan jadi tak sedap dirasa.

Baca Juga: Jadi Inspirasi, Ini 6 Ide Model Rambut untuk Natal yang Bikin Anda Tampil Cantik

Simpan bahan dengan baik

Saat Moms mulai mengenal Chinese food, Moms akan menyadari bahwa rata-rata masakan Tionghoa memiliki bahan yang sama. Jadi untuk itu, simpan bahan yang bisa bertahan lama pada lemari/laci dapur.

Tips masak Chinese food yang satu ini akan membuat anda lebih berhemat sehingga dapat menekan biaya pengeluaran.

Itu dia beberapa tips masak Chinese food ala koki yang bisa moms tiru di rumah. Jadi jika moms sedang hobi memasak aneka masakan Tionghoa, jangan lupa terapkan tips-tips di atas, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News