Santai

Mengenang Ratu Elizabeth II Semasa Hidup, Ini Istana & Kastil Tempat Tinggalnya

Mengenang Ratu Elizabeth II Semasa Hidup, Ini Istana & Kastil Tempat Tinggalnya

MOMSMONEY.ID - Ratu Elizabeth II adalah pemimpin Inggris terlama yang bertahta selama 96 tahun. Tentu, dengan masa kepemimpinannya yang panjang, Ratu Elizabeth II punya beberapa istana dan kastil yang jadi tempat tinggalnya.

Ratu Elizabeth II sebenarnya bukan pemilik tahta jika diturut dari sejarah bagaimana ayahnya menjadi Raja Inggris. Sebetulnya, tahta Kerajaan Inggris bukan untuk ayahnya, melainkan pamannya.

Namun, nasib berubah, sang paman memilih menikah dengan wanita berdarah Amerika Serikat dan telah menikah dua kali, yang saat itu ditentang oleh kerajaan. 

Akhirnya, sang paman hanya naik tahta selama satu tahun tanpa penobatan. Kemudian, digantikan oleh King George VI, ayah Ratu Elizabeth II.

Penobatan ini membuat hidup dari Ratu Elizabeth II berubah dari seorang anak yang tinggal di London’s Mayfair hingga properti milik kerajaan. 

Baca Juga: Ini Fakta Soal St George Chapel, Tempat Ratu Elizabeth II Dimakamkan

Melansir Architectural Digest, Ratu Elizabeth II adalah penguasa monarki pertama yang dilahirkan di rumah pribadi. Dia bahkan tumbuh dengan masa anak-anak yang normal jauh dari sorotan keluarga kerajaan, sampai ayahnya menjadi raja di tahun 1936. 

Berikut rumah, istana dan kastil yang pernah ditinggali oleh Ratu Elizabeth II

17 Bruton Street
17 Bruton Street

Ratu Elizabeth II lahir pada 21 April 1926 di rumah milik nenek dari ibunya. Kedua orang tua Ratu Elizabeth Alexandra Mary Windsor pindah ke rumah tersebut beberapa minggu sebelum dia lahir. 

Baca Juga: Yuk Intip Rumah Masa Kecil Ratu Elizabeth II

White Lodge
White Lodge

Setelah kedua orang tua Ratu Elizabeth II menikah, mereka tinggal di White Lodge, Richmond, Inggris. Meski Ratu Elizabeth II lahir di London, rumah ini tertulis sebagai rumah orang tua Ratu Elizabeth II di akta kelahirannya.

Pada tahun 1927, King George VI meninggalkan rumah ini dan kini menjadi sekolah balet Royal Ballet Schools’s. 

145 Piccadilly

145 Piccadilly

Pada tahun 1926, setelah Ratu Elizabeth II lahir, mereka semua pindah ke rumah georgia di 14 Piccadilly.

Rumah ini digambarkan sebagai rumah dengan aula masuk, aula tangga utama, tangga sekunder dengan lift, ruang tamu, ruang makan, perpustakaan belakar, dan sekitar 25 kamar tidur. 

Di sini, Ratu Elizabeth II dan adiknya Princess Margaret sering bermain di Hamilton Garden yang terletak di belakang tempat tinggal mereka.

Kemudian keluarga Ratu Elizabeth II pindah pada 1936 dan rumah ini rusak parah pada tahun 1940 karena bom yang jatuh pada Perang Dunia II. 

Baca Juga: Begini Kedekatan Kate Middleton dengan Mendiang Ratu Elizabeth II

The Royal Lodge

The Royal Lodge

Saat tinggal di 145 Piccadilly, keluarga ini biasanya menghabiskan akhir pekan di Royal Lodg di Windsor Great Park. Sebuah bangunan yang dibuat oleh arsitek John Nash dan Jeffrry Wyattville.

Keluarga ini juga masih sering mengunjungi bangunan tersebut, meski sudah pindah ke Buckingham Palace. 

Y Bwthyn Bach

Y Bwthyn Bach

Lokasinya terletak di halaman Royal Lodge. Y Bwthyn Bach adalah rumah bermain yang diberikan kepada Ratu ElizabethII oleh penduduk Wales pada saat sang Ratu berusia 6 tahun. 

Baca Juga: Resmi Jadi Raja Inggris 2023, Yuk Mengenal Lebih Dekat Raja Charles III

Birkhall

Rumah ini terletak di dekat Istana Balmoral sebagai rumah singgah untuk liburan Ratu Elizabeth II dan orang tuanya. Ratu Elizabeth II dan Prince Philip diketahui juga menggunakan rumah ini saat musim panas bersama anak mereka yang masih muda. 

Buckingham Palace

Ratu Elizabeth II pindah ke Istana Buckingham pada tahun 1936 saat ayahnya menjadi raja. Bangunan ini didirikan tahun 1703 yang didanai oleh King George III untuk Queen Charlotte pada 1761. Ini menjadi istana resmi kerajaan pada tahun 1837 saat Ratu Victoria naik tahta. 

Istana Buckingham memiliki 775 ruangan termasuk 19 kabin, 52 kamar tidur, 188 ruang tidur staff, 78 kamar mandi, dan 92 kantor. Ratu Elizabeth II menjadikan Buckingham Palace sebagai tempat tinggal utama sejak naik tahta hingga tahun 2020 sebelum pindah ke Kastil Windsor. 

Clarence House

Setelah menikah dengan Prince Philip, Duke of Edinburgh pada 1947, mereka berdua tinggal di Clarence House. Bangunan ini dirancang oleh arsitek John Nash.

Di sinilah lahir anak Ratu Elizabeth II yaitu Princess Anne. Bangunan ini sekarang menjadi tempat tinggal Raja Charles III, anak dari mendiang Ratu Elizabeth II. 

Villa Guardamangia

Villa ini terletak di Malta. Ratu Elizabeth II dan Prince Philip pernah tinggal di sini pada tahun 1949-1951, saat Prince Philip bertugas di Angkatan Laut Kerajaan Inggris. 

Baca Juga: Fakta Mengenai Adelaide Cottage, Rumah Pangeran William dan Kate Middleton

Windlesham Moor

Ratu Elizabeth II dan Prince Philip pernah menyewa rumah ini antara tahun 1947-1949. Berdasarkan Country Living, rumah ini memiliki lima kamar tidur, ruang tamu yang sangat luas, ruang belajar, ruang bermain dan kamar bayi. 

Sandringham

Pada saat Natal, keluarga Ratu Elizabeth II akan menghabiskan waktu di sini. Sandringham terletak di Norfolk, yang dibeli oleh Raja Edward VII yang kemudian direnovasi dengan bantuan arsitek A.J Humbert dan Robert William Edis. 

Windsor Castle

Kastil ini digunakan Ratu Elizabeth II untuk liburan paskah dan di awal Juni. Kemudian, Ratu tinggal di kastil ini sejak tahun 2020.

Kastil ini dibangun pada abad ke-11 dan merupakan kastil terbesar di dunia. Salah satu ciri khas kastil ini adalah ada ikon gothic yang ditambahkan oleh Raja George IV dan arsitek Jeffy Wyatville serta adanya ruang Waterloo.

Di halaman kastil ini lah Ratu Elizabeth II dimakamkan di Kapel Memorial Raja George VI. 

Hillsborough Castle
Hillsborough Castle

Terletak di barat laut County Down, kastil ini merupakan tempat tinggal Ratu Elizabeth II di Ireland Utara. Kastil ini bangun pada abad ke-18 dan dijual ke Pemerintah Inggris pada tahun 1922.

Baca Juga: Begini Rencana Prosesi Penobatan Raja Charles III, bakal Ada Reuni One Direction?

Palace of Holyroodhouse

Ini merupakan istana tempat tinggal Ratu Elizabeth II di Skotlandia. Istana ini awalnya adalah sebuah biara yang didirikan pada tahun 1128 yang juga merupakan rumah Ratu Skootlandia bernama Maria.

Ratu Elizabeth II akan menghabiskan waktu selama satu pekandi istana ini setiap musim panas pada akhir Juni hingga awal Juli. 

Kastil Balmoral

Balmoral Castle
Kastil ini terletak di Aberdeenshire, Skotlandia. Kastil ini biasanya digunakan Ratu Elizaeth II saat musim panas Juli hingga awal Oktober.

Kastil seluas 50.000 hektare ini dibeli oleh Prince Albert pada 1852. Dia menghancurkan bangunan aslinya setelah bangunan baru jadi di tahun 1856.

Ratu Elizabeth II meninggal di kastil ini pada 8 September 2022. 

Demikian daftar rumah, istana dan kastil yang pernah menjadi tempat tinggal Ratu Elizabeth II semasa hidupnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News