HOME, Keluarga

Mengecat Kamar Sendiri, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Mengecat Kamar Sendiri, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

MOMSMONEY.ID - Mengecat kamar sendiri selalu terdengar seru ya, Moms. Rasanya seperti ada kepuasan tertentu jika berhasil mengecat kamar dengan warna dan desain yang kita inginkan.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengecat kamar sendiri, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, Moms. Jangan sampai pilihan Moms untuk mengecat kamar sendiri malah akan menyusahkan diri sendiri.

Dilansir dari Seattle Times dan Imhoff Painting, MomsMoney sudah merangkum beberapa kelebihan dan kekurangan jika mengecat kamar sendiri.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lampu Tidur Aesthetic dari Informa, Cek di Sini!

Kelebihan

Kontrol penuh. Mungkin ini bagian yang paling membuat Moms ingin mengecat kamar sendiri, ya. Tidak heran, Moms bisa melakukan kontrol penuh pada pengecatan kamar jika melakukannya sendiri.

Mulai dari warna cat, desain, dan teknik pengecatannya bisa dikreasikan sesuka hati Moms. Apalagi, dengan banyaknya tutorial mengecat kamar yang bisa ditonton di YouTube, rasanya mengecat kamar dengan warna dan desain sendiri terasa lebih mudah.

Biaya yang lebih murah. Jika menyewa tukang cat profesional, Moms harus mengeluarkan biaya-biaya tertentu yang bakal menguras pengeluaran.

Lain halnya dengan mengecat kamar sendiri, di mana Moms hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli cat dan peralatan cat lainnya. Biaya yang dikeluarkan akan lebih rendah daripada menyewa profesional.

Bisa menjadi kegiatan seru. Mengecat kamar atau ruangan bersama pasangan atau anak-anak bisa menjadi kegiatan bonding yang menyenangkan lo, Moms.

Moms bisa membagi tugas pengecatan pada pasangan dan anak-anak Moms, sehingga beban kerja Moms tidak terlalu berat. Selain itu, bagi anak Moms yang suka melukis, kegiatan mengecat ini bisa menjadi sarana kreativitas mereka.

Baca Juga: Miliki Kamar Aesthetic Ala-Ala Korea dengan Dekorasi Ini

Kekurangan

Kualitas hasil akhir cat. Namanya juga bukan profesional, terkadang hasil akhir cat bisa berbeda dengan ekspektasi.

Misalnya, warna cat yang tidak rata atau cat yang tidak menempel dengan sempurna karena tembok tidak dibersihkan dengan benar.

Waktu yang dihabiskan. Mengecat kamar sendiri berarti Moms harus meluangkan waktu khusus untuk mengecat di sela-sela kesibukan Moms yang lain. Hal ini bisa berimbas pada waktu pengecatan yang bisa memakan waktu sampai berhari-hari.

Jika Moms termasuk orang yang sibuk, bisa jadi komitmen untuk mengecat kamar secara rutin bisa sangat melelahkan, lo. Waktu pengecatan harus diperhitungkan baik-baik supaya proyek pengecatan tidak terbengkalai.

Baca Juga: Jenuh PPKM di rumah? Yuk Makeover Ruangan Aja!

Skill pengecatan tidak seperti profesional. Terkadang, saat mengecat, Moms dihadapkan dengan lokasi pengecatan yang tidak lazim. Misalnya, tembok yang tertutup stopkontak, ada lekukan dan bolongan di tembok, dan masih banyak lagi.

Atau, mungkin tembok kamar yang ingin dicat terlalu tinggi dan sulit untuk dicapai, bahkan dengan tangga. Hal ini tentu memerlukan keahlian khusus dari profesional.

Melalui Seattle Times, Perry Nesselroad dari ImageWorks Painting menyebutkan bahwa hal yang perlu dipertimbangkan adalah memilih mana yang lebih menguntungkan, menghabiskan waktu untuk mengecat atau menghabiskan biaya untuk menyewa tukang cat profesional. Semuanya perlu pertimbangan yang matang supaya biaya dan tenaga yang dikeluarkan tidak sia-sia.

Nah, itu tadi beberapa poin soal kelebihan dan kekurangan jika ingin mengecat kamar sendiri. Sebenarnya, baik mengecat sendiri atau menyewa profesional sama-sama punya kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Apapun keputusannya, pilihlah opsi yang menurut Moms paling baik.

Selanjutnya: 3 Film yang Paling Banyak Ditonton di Netflix, Sudah Nonton?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News