Keluarga

Ingin Kulkas Tetap Awet? Ikuti 7 Cara Merawat Kulkas Supaya Tak Mudah Rusak

Ingin Kulkas Tetap Awet? Ikuti 7 Cara Merawat Kulkas Supaya Tak Mudah Rusak

MOMSMONEY.ID - Kulkasmu seringkali rusak tanpa sebab atau kurang dingin? Mungkin ada beberapa kesalahan yang secara tak sengaja Anda lakukan. Untuk menghindarinya, simak cara merawat kulkas supaya tidak mudah rusak.

Kulkas merupakan barang elektronik yang perlu dirawat. Apabila merawat kulkas dilakukan secara asal-asalan, maka kulkas akan mudah rusak dan tidak dingin lagi.

Selain menghindarkan kulkas jadi sarang bakteri, menjaga kulas tetap bersih juga bisa membuat kulkas tetap awet dan tidak boros energi. Berikut cara merawat kulkas dilansir dari laman Selka!

Isi kulkas dengan makanan secukupnya

Cara merawat kulkas yang paling mudah adalah dengan mengisinya dengan makanan secukupnya saja.

Makanan yang disimpan dalam kulkas harus diisi secukupnya. Jangan pernah mengisi makanan secara berlebihan. Terlalu banyak menyimpan makanan dalam kulkas akan menyebabkan adanya kontaminasi bakteri.

Selain itu, hindari menyimpan botol minuman terlalu banyak dalam kulkas. Karena hal tersebut bisa menyebabkan kulkas rusak akibat beban terlalu berat serta pintu kulkas yang jadi tak bisa menutup rapat.

Baca Juga: 6 Tas Chanel Paling Ikonik Sepanjang Masa, Makin Mirip dengan Jennie Blackpink!

Tutup rapat kulkas

Cara merawat kulkas supaya tidak mudah rusak adalah dengan menutupnya rapat-rapat.

Anda mungkin pernah asal menutup kulkas. Anda baru menyadari bahwa kulkas tak menutup rapat di kemudian waktu. Jangan salah, kulkas yang tak ditutup dengan rapat dapat rusak secara perlahan, loh.

Kulkas memang harus tertutup rapat. Selain menghemat listrik, langkah ini juga dilakukan agar makanan dan minuman bisa lebih dingin.

Bila pintu kulkas tertutup rapat, maka kotoran yang tertiup angin tidak akan masuk ke dalam kulkas, sehingga tidak mencemari makanan di dalam kulkas.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Cara Mengelola Waktu Bagi Wanita Karir yang Berumah Tangga

Rutin bersihkan bagian Freezer

Menggunakan kulkas

Baca Juga: 7 Tips Mengatur Freezer Agar Makanan Rapi dan Tak Ada Gumpalan Es

Cara merawat kulkas supaya tidak mudah rusak adalah dengan rutin membersihkan bunga es yang menumpuk begitu banyak pada freezer.Hal ini ditujukan supaya suhu kulkas tetap terjaga.

Hindari mengikis bunga es di freezer menggunakan pisau. Hal ini bisa menyebabkan rusaknya bagian pelapis freezer pada kulkas. Selain itu, mengikis menggunakan pisau bisa menimbulkan kulkas bocor dan cepat rusak.

Jika ingin mengikis bunga es, ada baiknya seluruh makanan beku diamankan terlebih dahulu ke kulkas lain. Setelah itu, naikkan suhu kulkas secara perlahan agar bunga es dapat mencair secara alami. Ini akan membuat bunga es cepat menghilang tanpa harus merusak permukaan freezer pada kulkas.

Baca Juga: Ladies, Ini 6 Desain Nail Art yang Akan Populer Pada 2023

Rutin bersihkan kulkas

Cara merawat kulkas supaya tidak mudah rusak adalah dengan rutim melakukan pembersihan total.

Anda mesti membersihkan kulkas paling tidak 2 minggu sekali agar meminimalisir berkembang biaknya bakteri serta bau tak sedap.

Bersihkan kulkas dengan menggunakan sabun yang mengandung anti septik atau pembersih lemak. Sabun anti septik memmiliki fungsi sebagai penghilang bau, bakteri, hingga dapat dgunakan untuk menghilangkan karat yang menempel pada bagian-bagian kulkas.

Gunakan juga bahan-bahan alami penghilang bau seperti vanilla ataupun kopi untuk menetralisir bau di dalam kulkas.

Baca Juga: Moms, Ikuti 5 Cara Menentukan Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak

Bersihkan kondesor

Cara merawat kulkas supaya tidak mudah rusak adalah dengan membersihkan bagian kondesor kulkas.

Bersihkan kondesor yang posisinya ada di belakang kulkas dengan teratur dari debu dan kotoran. Debu & kotoran ini bisa menyebabkan karang dan menghalangi pembuangan hawa panas dari kulkas bila tidak dibersihkan secara teratur.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Beri jarak antara kulkas dengan dinding

Perlu Moms ketahui bahwa dengan menjaga jarak antara kulkas dengan dinding juga jadi salah satu cara merawat kulkas supaya tidak mudah rusak.

Berilah jarak antara kulkas dengan dinding dengan jarak ideal minimal 15-20 cm.

Jarak tersebut digunakan untuk pembuangan hawa panas dari kondesor. Pastikan untuk selalu menjaga jarak kulkas agar hawa panas dapat keluar dengan baik.

Baca Juga: 6 Cara Tepat Menyimpan Susu Cair di dalam Kulkas Agar Tak Cepat Basi

Hindari menyimpan makanan dan minuman yang masih panas

Daging dan Buah yang Terpisah di dalam Kulkas

Baca Juga: Mudah Diaplikasikan, Ini 6 Cara Memilih Ikan Segar Berdasarkan Ciri-cirinya

Supaya kulkas tak mudah rusak, Moms harus meminimalisir cara kerja kulkas secara berlebihan. Meminimalisir cara kerja kulkas adalah salah satu cara merawat kulkas supaya tidak mudah rusak.

Cara ini bisa dilakukan dengan menghindari makanan dan minuman yang masih panas di dalam kulkas.

Menyimpan makanan dan minuman yang masih panas di dalam kulkas akan menyebabkan kulkas bekerja ekstra. Aliran listrik akan bekerja maksimal sehingga listrik menjadi boros.

Baca Juga: 5 Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Udang

Terlalu sering menyimpan makanan dan minuman yang masih panas di dalam kulkas juga akan membuat kulkas cepat rusak.

Untuk menghindari itu, tunggulah makanan & minuman panas hingga suhu normal. Setelah itu, barulah anda bisa memasukkannya ke dalam kulkas.

Itu dia cara-cara merawat kulkas supaya tidak mudah rusak. Ada baiknya untuk selalu memperhatikan dan merawat barang-barang elektronik yang anda miliki agar awet dalam jangka waktu yang panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News