Wajib Tahu, Ini 5 Cara Mengelola Waktu Bagi Wanita Karir yang Berumah Tangga

Reporter: Raissa Yulianti
Kamis, 01 Desember 2022 | 16:12 WIB
Wajib Tahu, Ini 5 Cara Mengelola Waktu Bagi Wanita Karir yang Berumah Tangga

ILUSTRASI. Ada beberapa cara mengelola waktu bagi wanita karir yang berumah tangga agar tak stres membagi jadwal kerja dan jadwal mengurus anak (dok/Secure teens)


MOMSMONEY.ID - Apakah Anda seorang wanita karir yang baru memulai kehidupan berumah tangga? Jika ya, pas sekali karena MomsMoney akan hadirkan beberapa cara mengelola waktu bagi wanita karir yang berumah tangga.

Sebagai wanita karir, tentu berat untuk memutuskan berhenti atau tetap lanjut bekerja ketika sudah mulai berumah tangga, terlebih jika perekonomian keluarga tak terlalu baik. Tapi jangan salah, wanita karir pun tetap bisa menjalankan kehidupan normalnya sebagai ibu rumah tangga jika tahu beberapa cara berikut ini.

Ada beberapa cara mengelola waktu bagi wanita karir yang berumah tangga. Cara-cara ini wajib dikuasai jika Anda akan memulai peran ganda sebagai wanita karir sekaligus ibu rumah tangga. apa sajakah itu? Melansir dari Teh Sariwangi, berikut artikelnya!

Baca Juga: Patut Disimak, Ini 7 Nasihat Pernikahan dari Mereka yang Telah Bercerai

Terorganisir

Cara mengelola waktu bagi wanita karir yang berumah tangga adalah dengan selalu membiasakan diri untuk terorganisir.

Coba mulai unduh aplikasi di HP dan catatlah jadwal sehari-harimu, dari mulai yang rutin dilakukan (seperti jadwal bangun tidur, berangkat ke kantor, mengantarkan anak ke sekolah) sampai dengan ke jadwal yang penting seperti meeting ataupun mengambil rapot anak.

Dengan mencatat kegiatanmu sehari-hari, Anda jadi lebih mudah mengelola waktu untuk urusan pekerjaan dan urusan keluarga.

Baca Juga: Jadi Ibu Baru, 9 Tips Ini Berguna untuk Anda dan Patut Dipraktikkan

Buatlah prioritas

Cara Mengelola Waktu Bagi Wanita Karir yang Berumah Tangga

Setelah mencatat seluruh jadwal sehari-harimu, maka kini kita beralih ke prioritas. Cara mengelola waktu bagi wanita karir yang berumah tangga bisa dimulai dengan membuat prioritas.

Prioritaskan sesuatu yang paling mendesak ke jadwal paling awal atau nomor 1. Sebagai pengingat, Moms bisa tulis pada sticky notes berwarna-warni dan tempelkan di tempat-tempat strategis yang mudah dilihat.

Dengan begini, Anda jadi lebih mudah melihat jadwal apa yang harus dilakukan pertama kali agar tak bingung dan bentrok.

Baca Juga: 5 Tanda Moms Butuh Me Time Akibat Stres Mengurus Rumah dan Anak

Tidur lebih awal, bangun lebih pagi

Cara mengelola waktu bagi wanita karir yang berumah tangga bisa dilakukan dengan mengelola jadwal tidur yang lebih awal.

Bagi wanita karir, membereskan seluruh kegiatan di rumah sebelum pergi kerja membuat beban pikiran sedikit berkurang. Untuk bisa melakukan hal tersebut, Anda perlu tidur lebih awal agar bisa bangun lebih pagi.

Dengan bangun lebih pagi, sekitar 1,5 jam lebih awal daripada anak/suami, maka Moms bisa menyiapkan berbagai hal mulai dari menyiapkan makanan, membereskan rumah, hingga bermeditasi menenangkan diri sebelum memulai hari.

Baca Juga: Destinasi Wisata Terbaik 2023: 6 Tempat Paling Nyaman untuk Bersantai, Ada Indonesia

Kurangi media sosial

twitter

Media sosial memang menyenangkan, namun bermain media sosial juga dapat membuang-buang waktu. Cara mengelola waktu bagi wanita karir yang berumah tangga adalah mulai mengurangi kegiatan media sosial.

Cara ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mendetoks tubuh dari berbagai hal negatif sekaligus menghemat waktu dan mengalihkan waktu bermain media sosial dengan lebih bermanfaat seperti beristirahat, tidur, ataupun menenangkan diri.

Eits, siapa bilang wanita karir sekaligus ibu rumah tangga tidak bisa bersenang-senang dengan bermain media sosial? Tetap boleh, asalkan tahu mana yang diprioritaskan agar tak mengganggu jadwal lainnya.

Baca Juga: Susah Hamil? Ternyata Ini 5 Jenis Makanan yang Menghambat Kesuburan

Jika tak sanggup, mintalah bantuan

Memasak bersama

Baca Juga: 7 Makanan Korea Utara Paling Menarik yang Wajib Dicoba, Sudah Tahu Belum?

Jika berbagai cara mengelola waktu bagi wanita karir yang berumah tangga di atas belum ampuh, maka cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminta bantuan.

Mintalah bantuan kepada suami untuk sekedar bantuan hal-hal kecil seperti menyapu, mencuci piring, hingga mencuci baju agar beban tak selalu ada di pundak ibu rumah tangga. Ini karena dalam pernikahan, semua urusan rumah tangga seharusnya dibagi menjadi dua, bukan hanya dibebankan kepada 1 pihak saja.

Jika masih belum cukup, cobalah dekatkan diri kepada mertua dan sesekali meminta pertolongan kepadanya untuk menjaga anak selagi Anda sedang bekerja di kantor.

Baca Juga: Jadi Liburan Impian, Ini Daftar 30 Destinasi Wisata Terbaik 2023 Versi Lonely Planet

Tak perlu gengsi untuk meminta bantuan jika Anda sudah benar-benar tak sanggup. Jangan sampai Anda malah jadi stres sendiri karena memikirkan beban kerja dan beban di rumah yang sama-sama tak beres.

Itulah beberapa cara mengelola waktu bagi wanita karir yang berumah tangga. Semoga cara-cara di atas dapat Anda aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga tak mengganggu jadwal Anda sebagai wanita karir sekaligus ibu rumah tangga yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER
TOPIK TERPOPULER