Keluarga

5 Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Udang

5 Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Udang

MOMSMONEY.ID -  Pernah mengolah masakan udang, namun hasil masakanmu berbau amis? Anda wajib menyimak cara dan tips menghilangkan bau amis pada udang.

Melansir dari laman Leaf, bau amis pada udang merupakan salah satu tanda degradasi protein, namun itu tidak selalu terjadi.

Jika masa kedaluwarsa udang masih panjang namun bau amis masih menempel, maka biasanya itu berasal dari asam amino cair yang secara alami dikeluarkan makanan laut saat dikemas dalam kemasan. Asam amino ini mirip dengan cairan berwarna merah muda dalam kemasan steak.

Tenang saja, asam amino cair ini tak berbahaya bagi tubuh. Asam amino inilah salah satu penyebab udang berbau amis.

Untuk dapat menghilangkan bau amis pada udang, MomsMoney telah merangkum beberapa tips berikut ini. melansir laman SuperIndo, Leaf dan Our Everyday Life!

Cek kondisi udang

Sebelum membeli udang, ada baiknya untuk mengecek kondisi udang terlebih dahulu untuk dapat meminimalisir bau amis pada udang.

Pertama-tama, pilih udang yang warnanya terlihat segar (tidak pucat). Selanjutnya, Anda bisa menekan tubuh udang. Jika tubuh udang masih keras, maka udang masih segar. Terakhir, cek kondisi kepala udang. Pilihlah udang dengan kondisi utuh, dari mulai ekor hingga kepala.

Hindari udang yang lembek dan sudah tak utuh lagi untuk mencegah bau amis yang semakin menyengat sebagai salah satu tanda udang tak segar lagi.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Kupas dan bersihkan kotoran

Bau amis pada udang bisa disebabkan oleh kotoran udang yang tak dibersihkan.

Terkadang, kotoran yang berada pada bagian punggung udang bisa luput dari perhatian. Kotoran inilah yang menyebabkan masakan udang masih berbau amis. Untuk mencegahnya, bersihkan kotoran udang serta kupas kulitnya hingga benar-benar bersih.

Tips paling mudah untuk mengeluarkan kotoran udang yang berbentuk seperti tali hitam memanjang adalah dengan mengupasnya menggunakan tusuk gigi.

Baca Juga: Suka Makanan Laut? Intip 4 Cara Efektif Hilangkan Bau Amis saat Masak Seafood

Udang

Bilas di bawah air mengalir

Untuk dapat menghilangkan bau amis pada udang, bersihkan udang di bawang air mengalir yang dingin selama beberapa menit. Dengan membersihkannya secara benar, bau amis pada udang bisa berkurang.

Baca Juga: Moms Perlu Tahu, Ini Lama Waktu Ideal Menyimpan Ikan di dalam Kulkas

Beri perasan jeruk nipis

Setelah membilas udang di bawah air mengalir, tips menghilangkan bau amis pada udang bisa juga dilakukan dengan memberi perasan jeruk nipis.

Namun ingat, air perasan jeruk nipis hanya diperlukan sedikit saja untuk meredakan bau amis. Terlalu banyak malah akan merusak rasa alami udang.

Baca Juga: 3 Cara Tepat Menyimpan Ikan Segar dalam Freezer Agar Bertahan Lama

Kentang

Kentang merupakan penyerap rasa dan bau yang alami. Kentang dapat menghilangkan bau amis pada udang. Caranya, cukup bersihkan kentang, lalu potong-potong hingga berbentuk dadu.

Kentang yang telah dipotong bisa dimasukkan bersama udang mentah saat sedang dicuci di bawah air mengalir. Diamkan selama beberapa saat agar bau amis pada udang perlahan menghilang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News