Mudah Diaplikasikan, Ini 6 Cara Memilih Ikan Segar Berdasarkan Ciri-cirinya

Reporter: Raissa Yulianti
Rabu, 19 Oktober 2022 | 09:55 WIB
Mudah Diaplikasikan, Ini 6 Cara Memilih Ikan Segar Berdasarkan Ciri-cirinya

ILUSTRASI. Cara Memilih Ikan Segar Berdasarkan Ciri-cirinya. Dok/Life Hacker.


MOMSMONEY.ID - Memilih ikan segar bukanlah hal yang sulit. Cukup perhatikan baik-baik dari segi fisik, aroma, hingga teksturnya. Namun, bagi Moms yang belum mengetahuinya, bisa simak artikel yang satu ini.

Merangkum dari laman Times of India, Food NDTV, dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pamekasan, berikut artikel cara memilih ikan segar berdasarkan ciri-cirinya:

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Bau Lumpur Pada Ikan Air Tawar

Mata

Memeriksa mata ikan adalah salah satu cara terbaik untuk dapat mengetahui apakah ikan segar atau tidak.

Ikan segar memiliki mata yang menonjol, lembab, jernih, dan berkilau. Sementara jika ikan sudah tidak segar lagi, maka matanya cenderung berwarna keruh dan tenggelam.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau pada Daging Kambing Saat Memasak

Aroma ikan

Ikan Segar

Aroma ikan segar punya perbedaan yang jelas dengan ikan yang sudah tak lagi segar. Ikan segar memiliki aroma amis yang lembut dan tidak terlalu menyengat.

Sementara jika ikan punya aroma amis yang menyengat, cenderung berbau asam, dan aroma ini tak hilang meski sudah dicuci dan dimasak, maka sebisa mungkin hindari. Ini menunjukkan bahwa ikan sudah tak segar.

Baca Juga: 3 Tips Maksimalkan Rasa Daging Ayam ala Chef Christopher Kimball

Tekstur ikan

Untuk memilih ikan segar, Anda perlu mengetahui teksturnya terlebih dahulu. Ikan segar cenderung bertekstur kenyal baik di luar maupun bagian dalam ikan.

Jika ditekan, daging ikan segar akan memantul kembali dan tidak lembek. Ikan yang sudah tak segar biasanya cenderung lembek ketika ditekan

Jangan lupa untuk selalu menekan kulit luar ikan dan bagian perutnya agar Anda dapat mengetahui kualitas ikan dari tingkat kekenyalannya.

Baca Juga: 3 Cara Tepat Menyimpan Ikan Segar dalam Freezer Agar Bertahan Lama

Warna

Secara fisik, ikan segar memiliki sisik yang utuh dan kencang. Warnanya pun mengkilap dan tidak terkesan kusam. Hindari ikan yang sisiknya mudah terlepas, tidak ada lendir, serta tampilannya kusam.

Ikan segar

Baca Juga: 5 Cara Ketahui Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak, Ayam Jadi Matang Sempurna

Insang

Insang pada ikan segar cenderung berwarna merah muda cerah atau kemerahan, sedikit basah, lendir yang jernih dan tak ada warna kecoklatan. Hindari ikan dengan insang yang kering, berwarna pucat, dan berbau menyengat.

Cek dalam air

Mengecek ikan dalam air menjadi cara terakhir untuk mengukur apakah ikan segar dan masih layak dikonsumsi ataupun tidak.

Baca Juga: Tips Rahasia Bikin Tepung Panir Awet Menempel dan Tidak Rontok Saat Digoreng

Melansir dari Maggi, ikan segar jika di rendam dalam sebaskom air maka akan tenggelam. Sementara ikan yang sudah lama dan mulai membusuk cenderung akan terapung.

Itulah beberapa cara memilih ikan segar berdasarkan ciri-cirinya. Moms bisa mengaplikasikan cara-cara ini sebelum membeli ikan di pasar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti

Terbaru
TERPOPULER