Keluarga

7 Tips Mengatur Freezer Agar Makanan Rapi dan Tak Ada Gumpalan Es

7 Tips Mengatur Freezer Agar Makanan Rapi dan Tak Ada Gumpalan Es

MOMSMONEY.ID - Freezer di rumahmu berantakan dengan aneka makanan serta bunga es yang menggumpal di mana-mana? Simak cara atur freezer yang berikut ini, yuk!

Freezer yang rapi dapat membuat kulkas jadi lebih enak dilihat dan mudah menemukan makanan yang dicari. Freezer yang rajin dibersihkan juga dapat mengurangi gumpalan bunga es sehingga tak memenuhi tempat.

Untuk dapat mengatur freezer dengan rapi, simak beberapa tips berikut ini dilansir dari Love Food dan One Crazy House!

Keluarkan semuanya

Tips pertama untuk mengatur freezer agar rapi adalah dengan mengeluarkan semua makanan. Setelah itu, lihat dan pisahkan bahan makanan yang perlu Anda makan segera & yang tidak.

Baca Juga: Cara Terbaik Simpan 6 Bahan Makanan Ini agar Tetap Segar dan Tak Busuk

Simpan di ziplock bag

Makanan yang Ditata dalam Freezer Kulkas

Jika Anda punya freezer berukuran kecil, Anda bisa mengakali aneka makanan agar tersimpan dengan rapi dengan cara memasukkannya ke dalam ziplock bag khusus makanan.

Dalam ziplock bag, udara dalam kemasan akan bisa ditekan sehingga tidak terlalu banyak memakan tempat. Ini akan mempermudah Anda mengatur makanan dalam freezer.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Ini Dia Tips Bersihkan Pakaian dari Berbagai Jenis Noda dan Kotoran

Simpan di chiller

Jika Anda memiliki laci (chiller) di bawah freezer, Anda bisa menyimpan beberapa makanan dengan ukuran besar ke dalamnya. Ini membantu kulkas Anda tetap rapi, tertata, dan tak terlalu padat.

Beri label

Untuk dapat mengatur freezer, jangan lupa beri label nama makanan & kedaluwarsa pada wadah dan plastik. Label kedaluwarsa akan membuat Anda mudah mengeluarkan makanan yang hampir basi dari kulkas sehingga lebih rapi dan tak memenuhi freezer.

Baca Juga: 4 Trik Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kulkas, Mudah!

Bungkus makanan dengan ketat

Membungkus makanan dengan ketat menggunakan cling wrap dapat membantu freezer jadi lebih tertata dan rapi. Ini juga menghindari makanan terkena freezer burn.

Freezer burn itu sendiri merupakan kondisi ketika makanan mengalami dehidrasi, membeku, dan jadi sekeras batu akibat tertutupi lapisan es.

Bungkuslah makanan secara ketat di wadah kedap udara dan pastikan kemasannya aman tanpa kerusakan apapun.

Baca Juga: 6 Langkah Bersihkan Dispenser Sendiri Agar Terhindar dari Bakteri

Cairkan freezer

Jika freezer Anda penuh dengan bunga es, ada baiknya dicairkan terlebih dahulu dengan menaikkan suhu lemari es. Hal ini akan membuat bunga es mencair dan tak memadati freezer sehingga makanan lebih mudah ditata dan terlihat jauh lebih rapi.

Bagi freezer jadi beberapa zona

Makanan yang Ditata dalam Freezer Kulkas

Baca Juga: Spons Cuci Piringmu Bau? Intip Cara Efektif Hilangkan Bau pada Spons Cuci Piring

Tatalah freezer menjadi beberapa zona. Ada zona atau laci khusus untuk daging, sayuran & buah, serta untuk makanan beku.

Cara ini dapat memudahkan Anda menemukan bahan makanan tanpa perlu mengeluarkan semua makanan dalam freezer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News