Keluarga

Hindari Sakit Perut, 7 Makanan ini Tak Boleh Dikonsumsi Bareng Kopi dan Teh

Hindari Sakit Perut, 7 Makanan ini Tak Boleh Dikonsumsi Bareng Kopi dan Teh

MOMSMONEY.ID - Para penggemar teh dan kopi, apakah Anda tahu bahwa ada jenis makanan tertentu yang tak boleh dikonsumsi bareng kopi dan teh?

Jenis-jenis makanan berikut ini akan membuat perut jadi bergejolak serta membuat gizi baik terserap secara sia-sia karena meminum teh dan kopi.

Shilpa Arora, ahli nutrisi dan kesehatan makrobiotik yang berbasis di Delhi, India, seperti dikutip dari Food NDTV, mengatakan, teh dan kopi tak cocok dikonsumsi bareng makanan utama, karena akan memperlambat metabolisme dan penyerapan nutrisi makanan.

Lantas, apa sajakah jenis-jenis makanan lainnya yang tak boleh dikonsumsi bareng teh dan kopi? Untuk temukan jawabannya, simak artikel berikut, yang dilansir dari Food NDTV, Times of India, wine is.com, selengkapnya:

Baca Juga: 5 Tips Aman Menyimpan ASI dalam Kulkas Tanpa Kontaminasi Bakteri

Jus lemon

Jus lemon adalah salah satu jenis makanan yang tak boleh dikonsumsi bareng kopi ataupun teh.

Sayangnya, ada sebagian orang yang mencampurkan jus lemon ke dalam teh hitam sebagai obat penurun berat badan. Namun, para ahli menyarankan, agar tak mengikuti resep diet yang satu ini, sebab lemon sangat asam.

Teh memiliki sifat asam yang jika dicampurkan dengan jus lemon, maka kadar asamnya akan bertambah sehingga menyebabkan perut kembung hingga naiknya asam lambung.

Kacang dan biji-bijian

Kacang dan biji-bijian merupakan makanan penghasil zat besi yang baik untuk tubuh. Sayangnya, jika kacang dan biji-bijian ini dikonsumsi bareng kopi atau teh, maka zat besi tersebut tak akan terserap dengan baik.

Soalnya, teh mengandung tannin dan oksalat yang mengikat zat besi sehingga mencegahnya terserap oleh tubuh.

Baca Juga: Para Pencari Cuan, Ikuti 6 Cara Hindari Stres Saat Bekerja biar Lebih Produktif

Sayuran hijau

Bayam

Sayuran hijau, terutama sayuran berdaun seperti bayam, sawi, pakcoi, hingga kubis juga tergolong ke dalam jenis makanan yang tak boleh dikonsumsi bareng teh atau kopi.

Sama seperti kacang-kacangan, sayuran hijau juga kaya akan zat besi yang jika dikonsumsi bareng kopi atau teh, maka zat besi tersebut tak akan terserap oleh tubuh.

Baca Juga: Sering Lesu? Ini 5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Lebih Tinggi dari Daging

Daging merah dan unggas

Daging merah (sapi atau kambing) hingga daging unggas seperti ayam merupakan jenis-jenis makanan yang tak cocok dikonsumsi bareng teh ataupun kopi.

Pada dasarnya, makanan kaya akan zat besi dan protein seperti daging yang jika dikonsumsi berbarengan dengan teh atau kopi, maka akan menghapus gizi masing-masing makanan.

Teh sebagai antioksidan akan hilang fungsinya, sementara gizi dalam daging juga tak akan bisa terserap oleh tubuh.

Pernyataan tersebut didukung oleh penelitian terbaru dari Penn State University, yang dilansir dari wine is.com, bahwa tak disarankan minum teh dan kopi meski dilakukan setelah makan daging.

Makanan/minuman berbahan kunyit

Hindari menyantap makan/minuman yang terbuat dari bahan kunyit jika dikonsumsi bareng kopi atau teh.

Kafein dan zat-zat lainnya yang terkandung dalam teh dan kopi jika dikonsumsi bareng kunyit akan membuat sistem pencernaan rusak karena naiknya asam lambung.

Baca Juga: Kurang Kalsium? Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi dari Susu

Yogurt

Yogurt tawar

Yogurt dan sederet makanan dingin lainnya tergoong ke dalam jenis makanan yang sebaiknya tak dikonsumsi bareng kopi ataupun teh, terutama dalam suhu panas.

Kopi dan teh panas jika dikonsumsi bareng dengan yogurt yang dingin akan menyebabkan perubahan suhu pada perncernaan yang terjadi secara cepat sehingga akan menyebabkan perut bergejolak. Ada baiknya beri jeda selama 1-2 jam setelahnya.

Baca Juga: 4 Jenis Bra Ternyaman untuk Ibu Menyusui, Wajib Anda Miliki di Lemari!

Salad buah

Teh dan kopi dengan suhu panas sebaiknya tak dikonsumsi berbarengan dengan salad buah & jenis buah-buahan lainnya.

"Buah kaya akan nutrisi. Minum teh atau kopi bareng buah akan membuat perut menjadi asam. Jadi, hindari buah-buahan jika Anda sedang minum minuman panas, terutama teh atau kopi," jelas Shilpa Arora.

Itulah sederet makanan yang tak boleh dikonsumsi bareng kopi dan teh untuk mencegah terjadinya asam lambung yang membuat perut bergejolak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News