Keluarga

Para Pencari Cuan, Ikuti 6 Cara Hindari Stres Saat Bekerja biar Lebih Produktif

Para Pencari Cuan, Ikuti 6 Cara Hindari Stres Saat Bekerja biar Lebih Produktif

MOMSMONEY.ID - Pening dan sulit berkonsentrasi akibat stres bekerja? Coba beberapa cara hindari stres saat bekerja berikut ini.

Tak semua orang beruntung berada di tempat kerja yang bahagia dan bebas stres. Beberapa pekerja harus merasakan lingkungan kerja yang buruk, rekan kerja yang jealous, atasan yang toxic, hingga beban kerja berlebihan.

Itu semua menimbulkan stres bekerja. Meskipun begitu, Anda harus mencari cara untuk kembali meningkatkan semangat bekerja.

Oleh karena itu, Momsmoney telah merangkum 6 cara hindari stres saat bekerja, dilansir dari Times of India dan Time.com, berikut selengkapnya:

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Rasa Ngantuk Saat Sedang Bekerja, Patut Ditiru Pekerja Kantoran

Pastikan tak kurang tidur

Cara hindari stres saat bekerja dapat dilakukan dengan memastikan jadwal tidur Anda. Kurang tidur bisa menyebabkan Anda jadi rewel, sensitif, dan tak fokus berkonsentrasi sehingga membuat situasi di tempat bekerjamu jadi lebih sulit.

Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik yang lebih baik. Tidur nyenyak dan cukup membuat pikiran jadi segar. Anda tidak dapat bekerja dengan baik apabila jadwal tidurmu kurang.

Ambil waktu sejenak

Peregangan Tubuh

Baca Juga: 4 Alasan Cepat Mengantuk Setelah Makan dan Cara Mencegahnya

Mengambil waktu istirahat sejenak merupakan salah satu cara hindari stres saat bekerja.

Cobalah untuk beristirahat secara teratur selama 10-15 menit selama jam kerja Anda. Meski waktunya singkat, bisa membuat pikiran jadi terasa segar kembali sehingga dapat kembali berkonsentrasi bekerja. Anda tak lagi merasa kewalahan akibat tugas yang terlalu menumpuk.

Cobalah gunakan waktu yang singkat ini untuk sekadar meregangkan badan, minum kopi, atau bercengkrama bersama kolega agar terhindar dari stres bekerja.

Temukan lingkar sosialmu

Stres bekerja dapat diakibatkan dari kurangnya waktu beristirahat. Saat bekerja terlalu keras, maka Anda harus coba mengambil waktu bersantai juga. Ini bisa jadi salah satu cara hindari stres saat bekerja.

Coba temukan lingkar sosialmu yang memungkinkan Anda dapat benar-benar menikmati waktu senggang. Lingkar sosialmu dapat berupa teman sekantor dan teman di luar kantor.

Carilah teman sekantor yang dapat diandalkan dan asyik untuk berbagi beban kerja, serta teman diluar kantor yang mampu menjernihkan pikiran dan sepenuhnya meninggalkan pekerjaan.

Baca Juga: Moms Wajib Simak! Ini 5 Cara Efektif Atur Pola Makan di Usia 40 Tahun ke atas

Rayakan setiap pencapaian

Rayakan setiap pencapaianmu, besar ataupun kecil, sebagai salah satu cara hindari stres saat bekerja.

Hampir di semua pekerjaan, para pekerja dituntut untuk bekerja serba cepat sehingga lama kelamaan menimbulkan rasa stres. Sayangnya, kadang kita lupa untuk berhenti dan merayakan setiap pencapaian kecil.

Cara termudah hindari stres saat bekerja bisa dilakukan dengan menetapkan beberapa tujuan yang dirasa dapat dicapai. Apresiasi setiap pencapaian kecil tersebut dan lakukan ini setiap hari agar Anda terhindar dari stres.

Cara Hindari Stres Saat Bekerja

Baca Juga: 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi daripada Susu

Apresiasi rekan kerja

Salah satu cara hindari stres saat bekerja adalah dengan mencoba untuk mengapresiasi setiap pencapaian yang dilakukan oleh rekan sekantor.

Sama pentingnya dengan mengenali diri sendiri, berbagi cinta dan memberi semangat kepada rekan kerja akan sangat membantu mereka yang telah bekerja sama kerasnya dengan Anda.

Bahkan, senyuman saja dapat membantu mengurangi beban satu sama lain. Anda dan rekan kerja memiliki tujuan bekerja yang sama, jadi membantu satu sama lain melewati masa-masa sulit jauh lebih menyenangkan daripada mengomel tentang beban kerja di kantor.

Baca Juga: Bikin Kembali Ceria, Ini 6 Minuman Mood Booster untuk Atasi Stres dan Perasaan Sedih

Dengarkan musik

Seseorang mendengarkan musik menggunakan headphone

Mendengarkan musik menjadi salah satu cara hindari stres saat bekerja. Coba untuk mendengarkan jenis musik yang menenangkan yang mampu membuat pikiran jadi fokus dan berkonsentrasi.

Mendengarkan musik secara teratur saat sedang bekerja dapat membuat Anda jadi lebih produktif, bebas stres, dan lebih bahagia.

Secara ilmial, musik memang dapat menurunkan tingkat stres dalam tubuh, sehingga banyak direkomendasikan oleh para terapis.

Bagi Anda para pekerja yang tengah merasa stres akibat kerja berlebihan, Anda bisa mencoba beberapa cara hindari stres saat bekerja seperti di atas agar pikiran jadi lebih rileks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News