Keluarga

Kurang Kalsium? Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi dari Susu

Kurang Kalsium? Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi dari Susu

MOMSMONEY.ID - Apakah Anda berpikir bahwa susu merupakan satu-satunya sumber kalsium yang tinggi untuk tubuh? Anda salah! Ternyata, ada beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium lebih tinggi daripada susu, lo.

Ada beberapa orang yang ternyata tak menyukai rasa susu. Ada pula beberapa orang yang intoleran terhadap laktosa sehingga menyebabkan mereka tak bisa mengonsumsi susu sapi. Akibatnya, mereka teranam kekurangan kalsium.

Kalsium sangat penting bagi kesehatan tulang dan gigi. Kekurangan kalsium dapat menyebabkan berbagai hal buruk seperti pengeroposan tulang, kram otot, hingga sebabkan depresi.

Baca Juga: Hindari Osteoporosis, Ini 5 Kebiasaan Makan yang Mempercepat Pengeroposan Tulang

Lansia osteopororsis akibat kekurangan kalsium

Tapi tenang saja, ternyata ada beberapa makanan yang mengandung kalsium lebih tinggi daripada susu. Makanan-makanan ini tetap bisa penuhi kebutuhan kalsium harianmu meski Anda tak mengonsumsi segelas susu.

Simak beberapa jenis makanan yang mengandung kalsium lebih tinggi dari susu yang patut Anda ketahui, yuk. Melansir dari Eat This dan Eating Well, berikut selengkapnya:

Baca Juga: Moms Wajib Simak! Ini 5 Cara Efektif Atur Pola Makan di Usia 40 Tahun ke atas

Tofu

Tofu adalah salah satu makanan yang mengandung kalsium lebih tinggi daripada susu. Ini karena pada proses pembuatannya, diperlukan tambahan kalsium sulfat, yakni bahan yang digunakan untuk memadatkan susu kedelai guna untuk membuat tofu.

Penambahan jumlah kalsium sulfat ini meningkatkan jumlah kalsium pada tofu sehingga kandungan kalsiumnya lebih tinggi daripada susu.

Bayam

Smoothies bayam

Bayam juga merupakan makanan yang mengandung kalsium lebih tinggi daripada susu. Satu cangkir bayam matang mengandung 250 mg kalsium.

Jika Anda mengonsumsi ¼ cangkir bayam lagi, maka porsi kalsium yang Anda terima dalam 1 hari lebih banyak daripada segelas susu.

Baca Juga: Jarang Minum Air? Ini Daftar 8 Makanan yang Dapat Menghidrasi Tubuh

Keju mozzarella

Satu porsi keju mozzarella berukuran 1,5 ons mozzarella mengandung kalsium lebih tinggi daripada susu sapi berukuran 1 gelas.

Selain kalsium, keju mozzarella segar mengandung probiotik yang membantu mendukung sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.

Almond utuh

Kacang almond

Kacang almond utuh adalah salah satu sumber kalsium terkaya. Dalam 1 cangkir almond berukuran 143 gram, terdapat kalsium sebanyak 385 mg atau setara dengan memenuhi 30% kebutuhan kalsium dalam tubuh setiap harinya.

Camilan bergizi ini mengandung kalsium lebih tinggi daripada susu sapi berukuran 1 gelas. Kacang almond utuh adalah pilihan bagus untuk ditambahkan ke dalam berbagai makanan, seperti smoothie dan salad.

Baca Juga: Pusing Setelah Makan Daging? Ini Cara Perbaiki Pola Makan Akibat Kolesterol

Ikan sarden

Bandeng Sarden

Ikan sarden kalengan (yang masih memiliki tulang di dalamnya, bukan fillet tanpa tulang) ukuran 3,75 ons mengandung 351 mg kalsium. Ikan sarden kalengan menjadi makanan yang mengandung kalsium lebih tinggi daripada susu.

Baca Juga: Moms, Ikuti 5 Cara Menentukan Tingkat Kematangan Ayam Saat Dimasak

Sarden kaya akan asam lemak omega-3, serta merupakan sumber vitamin D, zat besi, magnesium, vitamin B12 dan E. Sarden semakin kaya akan gizi karena tulang-tulang lunak pada sarden kalengan menawarkan tambahan kalsium di dalamnya.

Penuhi kebutuhan gizi harianmu dengan mengonsumsi beberapa makanan yang mengandung kalsium lebih tinggi daripada susu, seperti makanan-makanan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News