Keluarga

Sering Lesu? Ini 5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Lebih Tinggi dari Daging

Sering Lesu? Ini 5 Makanan yang Mengandung Zat Besi Lebih Tinggi dari Daging

MOMSMONEY.ID - Daging merah merupakan salah satu sumber zat besi terbaik yang hadir pada makanan. Sayangnya, ada banyak orang yang tak bisa mengonsumsi daging merah setiap hari. Tapi tenang, ternyata ada, lo, beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging.

Zat besi itu sendiri sangat penting untuk tubuh. Zat besi berguna untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi membuat tubuh mudah lemas, lesu, hingga sebabkan rambut rontok dan kuku mudah patah.

Idealnya, wanita harus mengonsumsi 18 mg zat besi per hari, sementara pria butuh 8 mg saja.

Baca Juga: Waspadai Gejalanya, Ini 5 Tanda Aneh pada Tubuh Saat Kekurangan Zat Besi

Daging sapi yang masih segar

Pada umumnya, masyarakat bisa memperoleh zat besi dari daging merah, salah satunya daging sapi.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), dalam 100 gram daging sapi, terkandung 2,6 mg zat besi. Ini menjadikan daging sapi sebagai salah satu makanan yang mengandung zat besi tinggi.

Sayangnya, tak semua masyarakat mampu mengonsumsi daging sapi. Nah, untuk mengatasinya, diperlukan opsi lain diet sehat makanan-makanan yang mengandung zat besi tinggi, selain daging sapi.

Untuk tahu apa saja makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging, MomsMoney telah merangkumnya dari laman Prevention dan eating well, berikut:

Baca Juga: Kurang Kalsium? Ini 5 Makanan yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi dari Susu

Tiram

Tiram

Makanan laut juga bisa jadi pengganti daging merah yang baik untuk tubuh, salah satunya tiram.

Tiram mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging merah. Dengan hanya memakan 4 tiram berukuran besar, Anda bisa mendapatkan 7,8 mg zat besi. Anda juga akan mendapatkan 5 mg zinc yang sulit didapat, yakni mineral penting untuk kekebalan tubuh.

Baca Juga: Bikin Kembali Ceria, Ini 6 Minuman Mood Booster untuk Atasi Stres dan Perasaan Sedih

Tahu

Menurut USDA, dalam setiap 100 gram tahu mengandung 5,4 mg zat besi yang membuat tahu menjadi salah satu makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging.

Tahu juga mengandung 18 gram protein serba guna. Tahu termasuk makanan yang murah dan mudah didapat. Anda bisa mengolah tahu menjadi aneka jenis masakan.

Bayam

Bayam dikenal sebagai makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging. Untuk ½ cup (ukuran 12,5 gram) bayam yang dimasak, mengandung 3 mg zat besi. Selain itu, bayam juga mengandung kalsium, potassium, folat, vitamin A, C, dan K.

Baca Juga: Waspadai Gempa di Cianjur & Jember, Ini 8 Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi

Nasi putih

Nasi putih

Rutin makan nasi putih sebagai makanan pokok sehari-hari? Tenang, Anda tak perlu takut kekurangan zat besi. Ini karena nasi putih merupakan makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging.

Dalam 1/3 cangkir nasi putih mengandung 3 mg zat besi. Menyajikan nasi putih bersama makanan lainnya seperti buncis dan kacang mampu memenuhi kebutuhan harian zat besi pada tubuh Anda hanya dalam 1 kali makan.

Baca Juga: Promo Burger King Kupon Desember Diskon 50% Berlaku hingga 31 Desember 2022

Kacang merah

Dalam 1 cup/cangkir (25 gram) kacang merah, terkandung 5 mg zat besi di dalamnya. Ini membuat kacang merah termasuk ke dalam makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging.

Selain itu, kacang merah juga mengandung 13 gram serat pengisi usus dan 15 gram protein nabati yang baik untuk membantu mengontrol berat badan berlebih.

Itu dia beberapa jenis makanan yang mengandung zat besi lebih tinggi daripada daging. Jadi jika jarang mengonsumsi daging merah, Anda tetap bisa mendapat asupan zat besi dari beberapa makanan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News