Keluarga

Aman dan Matang Sempurna, Ikuti 6 Tips Mengolah Daging Pakai Cast Iron Skillet

Aman dan Matang Sempurna, Ikuti 6 Tips Mengolah Daging Pakai Cast Iron Skillet

MOMSMONEY.ID - Tertarik ingin masak steak ala restoran bintang lima? Simak sederet tips mengolah daging berikut ini yang menggunakan alat masak cast iron skillet.

Cast iron skillet merupakan alat masak yang memang salah satu fungsi utamanya untuk memasak daging, terutama steak.

Cast iron terbuat dari besi cor yang dibentuk menjadi aneka peralatan masak, mulai dari wajan, dutch oven, hingga hotplate.

Baca Juga: Mengenal Alat Masak Cast Iron yang Bebas dari Bahan Berbahaya dan Cara Perawatannya

Keunggulan cast iron dibanding alat masak lainnya adalah bebas bahan berbahaya seperti PTFE, PFOA, dan bebas bahan racun, serta lebih tahan lama, anti lengket, dan merupakan penghantar panas yang baik. Sangat cocok dan direkomendasikan untuk memasak daging.

Nah, berikut ini tips mengolah daging pakai cast iron skillet yang bisa Anda tiru di rumah. Melansir dari Skitchen, selengkapnya.

Pilih bagian daging yang empuk

Tips mengolah daging supaya empuk ketika dimasak pada cast iron skillet pertama-tama bisa dengan memilih bagian daging yang tepat.

Pilihlah bagian daging yang terkenal memiliki tingkat keempukan yang baik, seperti bagian ribeye, T-bone, tenderloin, sirloin, hingga fillet mignon. Gunakan juga daging dengan kualitas super yang kesegarannya masih terjaga.

Baca Juga: 6 Tips Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron Agar Tak Mudah Berkarat

Perhatikan waktu memasak

Mengolah daging di atas cast iron skillet bisa berhasil apabila Anda memperhatikan waktu memasaknya.

Apabila Anda akan memasak daging super lunak seperti ayam/ikan, maka Anda hanya membutuhkan waktu yang sangat sebentar untuk memasaknya.

Sebab, cast iron skillet berbahan dasar besi cor sehingga dapat menghantarkan panas dengan baik, membuat daging bisa cepat matang.

Sementara apabila Anda akan memasak daging merah seperti sapi ataupun kambing yang punya banyak serat, maka masaklah dengan waktu sedikit lebih lama.

Panaskan alat masak

Supaya empuk, tips mengolah daging yang tepat menggunakan cast iron skillet bisa dengan memanaskan alat masaknya terlebih dahulu.

Pastikan cast iron skillet telah cukup panas untuk bisa memanggang daging. Apabila cast iron skillet telah cukup panas, maka ketika daging diletakkan ke atasnya, daging akan berbunyi mendesis.

Alat masak yang satu ini disebut dapat menghantarkan panas dengan baik sehingga membuat daging matang secara merata.

Baca Juga: 7 Cara Menghemat Pemakaian Minyak Goreng Tanpa Bahayakan Kesehatan Keluarga

Bumbui secukupnya

Masak daging pakai cast iron skillet

Daging adalah salah satu jenis makanan yang sebenarnya sudah pasti enak meski tanpa tambahan apapun. Namun daging akan tambah istimewa apabila diberi bumbu yang tepat.

Ada berbagai jenis bumbu yang cocok dipadukan bersama daging, mulai dari garam, blackpepper, rosemary, hingga daun basil sebagai penambah aroma.

Tapi ingat, jangan telalu banyak memasukkan bumbu-bumbu tersebut supaya rasa alami dari daging masih dapat Anda rasakan.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Kentang Goreng Jadi Renyah dan Krispi Seperti Buatan Restoran

Biarkan daging matang sebelum dibalik

Tips mengolah daging supaya empuk maka harus dibiarkan matang tahap demi tahap.

Cast iron skillet membuat waktu memasak daging jadi terbilang cukup singkat karena dapat menghantarkan panas secara merata. Meski begitu, jangan membolak-balikkan daging sesuka hati.

Masaklah daging hingga matang (atau pada tingkat kematangan sesuai keinginanmu) di setiap sisinya satu per satu. Balikkan daging hanya jika bagian tadi telah matang merata.

Baca Juga: Punya Peralatan Masak Berbahan Kayu? Simak 6 Tips Membersihkannya

Daging harus “diistirahatkan”

Tips mengolah daging supaya empuk setelah matang di atas cast iron skillet adalah dengan mendiamkannya sejenak.

Teknik masak yang bernama “teknik resting” ini membuat daging yang telah matang sempurna didiamkan terlebih dahulu tanpa melakukan apapun selama beberapa menit.

Diamkan daging ini sebelum dipotong ataupun disajikan. Maka panas daging akan meresap sampai ke dalam dan membuat daging jadi lebih empuk dan bumbunya terasa lebih gurih.

Itulah berbagai tips mengolah daging pakai cast iron skillet agar daging olahanmu dapat matang sempurna dan bumbunya meresap seperti buatan chef di restoran bintang lima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News