Keluarga

6 Tips Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron Agar Tak Mudah Berkarat

6 Tips Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron Agar Tak Mudah Berkarat

MOMSMONEY.ID - Punya peralatan masak berbahan cast iron (besi cor) di rumah? Simak sederet cara membersihkannya berikut ini.

Peralatan masak berbahan cast iron sangat rentan rusak & berkarat. Itulah sebabnya cast iron memerlukan perawatan ekstra.

Untuk itu, mari kita simak tips membersihkan peralatan masak berbahan cast iron yang dilansir dari  Times of India dan Merapi Foundry, selengkapnya.

Baca Juga: 6 Tips Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Kayu Agar Tetap Kinclong Tahan Lama

Gunakan air panas & sikat lembut

Tips membersihkan peralatan masak berbahan cast iron bisa menggunakan air panas & sikat lembut.

Setelah dipakai, penting untuk segera membersihkan peralatan masak. Cobalah mencucinya menggunakan sikat lembut / spons, air panas, dan sabun yang lembut untuk menghilangkan partikel kotoran makanan.

Hindari membersihkan peralatan masak berbahan cast iron menggunakan sabun atau deterjen yang bersifat keras.

Baca Juga: Anti Kusam, Ikuti 5 Cara Bikin Peralatan Stainless Steel Jadi Kinclong Kembali

Scrub menggunakan garam

Apabila dengan air panas biasa noda makanan yang hilang masih tetap membandel, maka tips selanjutnya membersihkan peralatan masak berbahan cast iron bisa menggunakan pasta garam.

Tambahkan 1 cup garam & beberapa tetes air hangat, lalu letakkan di atas peralatan masak berbahan cast iron. Mulailah scrub hingga noda menempel dapat menghilang.

Keringkan menyeluruh

Tips Membersihkan Peralatan Masak Berbahan Cast Iron

Baca Juga: Cegah Kerusakan, Ini 4 Cara Merawat Rice Cooker Supaya Awet Tahan Lama

Tips ketiga dalam membersihkan peralatan masak berbahan cast iron setelah mencucinya adalah mengeringkannya secara menyeluruh.

Peralatan masak berbahan cast iron atau besi cor sangat mudah berkarat jika dibiarkan terlalu lama dalam keadaan lembap dan basah.

Gunakan handuk bersih untuk mengeringkannya. Anda juga bisa mengeringkannya dengan meletakkan peralatan masak tersebut di atas kompor panas selama beberapa menit untuk menguapkan air.

Hindari cast iron atau besi cor mengering sendiri karena membutuhkan waktu yang lama sekaligus dapat mempercepat karat.

Oleskan minyak

Peralatan masak berbahan cast iron memerlukan perawatan khusus dan super ekstra daripada peralatan masak berbahan kayu ataupun stainless steel.

Agar bisa terhindar dari karat, peralatan masak berbahan cast iron harus diolesi minyak sayur.

Seamun Mullen, koki dari Institut Pendidikan Kuliner New York yang dilansir dari Merapi Foundry menyarankan untuk memasukkan cast iron yang dilumuri minyak ke dalam oven selama 1 jam.

Setelah dikeluarkan, keringkan sisa minyak menggunakan tisu, lalu simpan.

Baca Juga: Tetap Higienis, Ini 5 Cara Membersihkan Air Fryer dari Minyak dan Sisa Makanan

Simpan dengan benar

Peralatan masak berbahan cast iron bisa awet tahan lama apabila disimpan dengan benar.

Usahakan selalu menumpuk peralatan masak dengan handuk kertas ataupun kain di antara peralatan masak lainnya agar tak saling bergesekan untuk mencegah goresan.

Peralatan masak berbahan cast iron juga harus selalu disimpan dalam tempat kering & hindari menyimpannya dengan cara ditutup menggunakan penutup panci/wajan. Sebab ini akan memerangkap kelembapan & mempermudah karat menyebar.

Baca Juga: 7 Tips Cepat Keringkan Jemuran Basah Saat Musim Hujan, Anti Bau Apek!

Gosok karat yang hadir

Bagaimana jika peralatan masak berbahan cast iron yang Anda miliki sudah terlanjur berkarat? Tenang, masih ada solusi untuk membersihkannya.

Tips membersihkan peralatan masak berbahan cast iron yang sudah terkena karat bisa dengan digosok menggunakan bagian kasar spons atau menggunakan pembersih yang terbuat dari karet silicon.

Jika karat menyebar banyak, maka pilihan satu-satunya adalah dengan merendam cast iron dalam cuka & air selama 1 jam dengan perbandingan 1:1.

Jangan merendam cast iron selama seharian penuh, ya!

Itulah sederet tips membersihkan peralatan masak berbahan cast iron yang bisa Anda coba di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News